Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kuning

>Halo Sohib EditorOnline! Bagi kamu yang punya baju putih kesayangan tapi sudah kuning, jangan khawatir. Ada beberapa cara yang bisa kamu coba untuk memutihkan baju putihmu kembali. Yuk, simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

1. Menggunakan Air Jeruk Nipis

Jeruk nipis terkenal memiliki sifat pemutih alami yang efektif untuk memutihkan baju. Caranya sangat mudah, cukup siapkan air jeruk nipis dan air putih secukupnya. Kemudian masukkan baju kuningmu ke dalam campuran air jeruk nipis dan air putih selama beberapa menit.

Setelah itu, gosok baju dengan lembut menggunakan sikat gigi bekas yang sudah dibersihkan. Setelah itu, bilas baju dengan air bersih dan jemur di bawah sinar matahari sampai kering.

Perlu diingat, kamu harus hati-hati saat menggunakan jeruk nipis karena bisa merusak serat bahan pada baju jika terlalu lama terendam. Lakukan dengan waktu yang cukup dan hati-hati.

2. Mencuci dengan Air Panas

Jika jeruk nipis terlalu berisiko bagi bahan baju putihmu, kamu bisa mencoba cara yang lebih aman yaitu mencuci dengan air panas. Cuci baju putihmu pada suhu air panas yang diatur sekitar 60-90 derajat celcius dan tambahkan deterjen pemutih agar hasilnya lebih maksimal.

Selain itu, sebelum mencuci, rendam baju putihmu selama beberapa menit dengan larutan air dan cuka putih. Larutan ini dapat membantu membunuh bakteri dan jamur pada baju putihmu, sehingga dapat memutihkan kembali.

Setelah mencuci, bilas baju dengan air bersih dan jemur di bawah sinar matahari. Dengan begitu, baju putihmu akan menjadi lebih cerah dan bersih.

3. Menggunakan Pasta Gigi

Belum banyak yang tahu, bahwa pasta gigi ternyata dapat digunakan untuk memutihkan baju yang kuning. Cukup oleskan pasta gigi pada noda kuning yang membandel dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian, gosok dengan sikat gigi bekas yang sudah dibersihkan dan bilas menggunakan air dingin.

Setelah itu, bilas baju dengan air bersih dan jemur di tempat yang terkena sinar matahari sampai kering. Baju putihmu akan tampak lebih cerah dan bersih.

4. Mencuci dengan Air Lemon

Sama seperti jeruk nipis, buah lemon juga terkenal sebagai bahan pemutih alami. Kamu bisa mencoba mencuci baju putihmu dengan menggunakan air lemon.

Campurkan air lemon dengan air putih dan rendam baju putihmu selama beberapa menit. Kemudian, gosok baju dengan lembut menggunakan sikat gigi bekas yang sudah dibersihkan dan bilas menggunakan air dingin. Jangan lupa, jemur baju di bawah sinar matahari sampai kering.

Dengan cara ini, baju putihmu akan terlihat cerah dan bersih kembali.

5. Menggunakan Garam

Garam tidak hanya digunakan untuk bumbu masakan, tetapi juga bisa digunakan untuk memutihkan baju. Caranya sangat mudah, cukup rendam baju putihmu ke dalam air garam selama beberapa menit.

Setelah itu, bilas baju dengan air bersih dan jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Dengan begitu, noda kuning pada baju putihmu akan hilang dan baju akan menjadi lebih cerah dan bersih.

TRENDING 🔥  Cara Agar Sertifikat Prakerja Cepat Muncul di Dashboard

6. Pemutih Pakaian

Jika kamu ingin hasil yang lebih maksimal, kamu bisa mencoba menggunakan pemutih pakaian yang sudah tersedia di pasaran. Pastikan kamu memilih produk yang sesuai dengan bahan baju putihmu.

Cuci baju putihmu dengan pemutih pakaian sesuai dengan petunjuk di kemasan, kemudian bilas dengan air bersih dan jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Dengan begitu, noda kuning pada baju putihmu akan hilang dan baju akan menjadi lebih cerah dan bersih.

7. Membersihkan Mesin Cuci

Seringkali, noda kuning pada baju putih disebabkan oleh endapan kotoran pada mesin cuci. Oleh karena itu, pastikan kamu membersihkan mesin cucimu secara berkala.

Caranya sangat mudah, cukup masukkan cuka putih ke dalam mesin cuci dan jalankan program mencuci selama satu siklus penuh. Dengan cara ini, kotoran pada mesin cuci akan hilang dan noda kuning pada baju putihmu pun akan berkurang.

Frequently Asked Questions

Pertanyaan Jawaban
1. Apa penyebab baju putih menjadi kuning? Baju putih dapat menjadi kuning akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama, keringat, atau bahan pakaian yang tidak cocok dengan jenis deterjen yang digunakan.
2. Apa yang harus dilakukan jika baju putih sudah kuning? Kamu dapat mencoba beberapa cara yang sudah dijelaskan di atas untuk memutihkan kembali baju putihmu.
3. Apakah semua bahan pakaian dapat dihilangkan noda kuningnya? Tergantung pada bahan pakaian itu sendiri. Namun, kebanyakan bahan pakaian dapat dihilangkan noda kuningnya.
4. Apa yang harus dilakukan untuk mencegah baju putih menjadi kuning? Hindari paparan sinar matahari langsung yang terlalu lama, hindari mencampurkan pakaian warna gelap bersama pakaian putih, dan gunakan deterjen yang sesuai dengan jenis bahan pakaianmu.
5. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk memutihkan kembali baju putih yang sudah kuning? Tergantung pada metode yang digunakan dan seberapa parah noda kuning pada baju tersebut. Namun, rata-rata membutuhkan waktu sekitar 30-60 menit.

Cara Memutihkan Baju Putih yang Sudah Kuning