Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Kemendikbud untuk Siswa

>

Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Kemendikbud untuk Siswa

Hello Sohib EditorOnline, welcome to our article about how to obtain free internet quota for students from the Ministry of Education and Culture (Kemendikbud).

Apa itu Kuota Gratis dari Kemendikbud?

Kuota gratis dari Kemendikbud adalah program pemerintah yang memberikan akses internet gratis untuk siswa sekolah di seluruh Indonesia. Program ini bertujuan untuk mendukung proses belajar dari rumah selama pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung.

Program kuota gratis ini diberikan setiap bulannya selama 3 bulan berturut-turut dan bisa digunakan untuk mengakses internet di berbagai macam platform seperti e-learning, video conference, dan lain-lain.

Siapa yang Berhak Mendapatkan Kuota Gratis dari Kemendikbud?

Siswa sekolah yang berada di jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, maupun SMK yang terdaftar di Kemendikbud bisa mengajukan permohonan untuk mendapatkan kuota gratis. Namun, program ini hanya diberikan kepada siswa yang berada di wilayah yang terdampak pandemi Covid-19 dan tidak bisa mengikuti pembelajaran secara tatap muka di sekolah.

Untuk mendapatkan kuota gratis ini, siswa harus terlebih dahulu melakukan registrasi dan verifikasi data pada sistem online Kemendikbud. Setelah data terverifikasi, siswa akan mendapatkan kuota gratis melalui operator seluler yang sudah bekerja sama dengan Kemendikbud.

Bagaimana Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Kemendikbud?

Untuk mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud, siswa harus melakukan beberapa langkah berikut:

Langkah-langkah Mendapatkan Kuota Gratis dari Kemendikbud

1. Cek Kelayakan Mendapatkan Kuota Gratis

Sebelum mengajukan permohonan mendapatkan kuota gratis, pastikan terlebih dahulu bahwa siswa berada di wilayah yang terdampak pandemi Covid-19 dan tidak bisa mengikuti pembelajaran secara tatap muka di sekolah.

Siswa harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Kemendikbud untuk mendapatkan kuota gratis. Persyaratan tersebut meliputi:

Persyaratan Keterangan
Terdaftar di Sekolah Siswa harus terdaftar di sekolah yang terdaftar di Kemendikbud
Wilayah Terdampak Covid-19 Siswa harus berada di wilayah yang terdampak pandemi Covid-19
Tidak Bisa Mengikuti Pembelajaran Tatap Muka Siswa tidak bisa mengikuti pembelajaran secara tatap muka di sekolah

2. Registrasi pada Sistem Online Kemendikbud

Setelah memenuhi persyaratan, siswa harus melakukan registrasi pada sistem online Kemendikbud. Sistem online ini sudah disediakan oleh Kemendikbud dan bisa diakses melalui laman resmi Kemendikbud.

TRENDING 🔥  Cara Menggunakan Zenly

Pada saat registrasi, siswa harus mengisi data diri yang lengkap dan benar. Beberapa data yang harus diisi meliputi:

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Siapa yang Berhak Mendapatkan Kuota Gratis dari Kemendikbud?

Kuota gratis dari Kemendikbud diberikan kepada siswa sekolah yang berada di jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, maupun SMK yang terdaftar di Kemendikbud dan berada di wilayah yang terdampak pandemi Covid-19 serta tidak bisa mengikuti pembelajaran secara tatap muka di sekolah.

2. Berapa Lama Waktu Pendaftaran Kuota Gratis dari Kemendikbud Dibuka?

Waktu pendaftaran kuota gratis dari Kemendikbud dibuka setiap bulan dan akan diumumkan melalui laman resmi kemendikbud.

Kesimpulan

Demikianlah informasi tentang cara mendapatkan kuota gratis dari Kemendikbud untuk siswa sekolah. Dengan kuota gratis ini, siswa bisa mengakses internet dengan lebih mudah dan membantu proses belajar dari rumah selama pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung. Pastikan selalu memperhatikan syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan Kemendikbud untuk mendapatkan kuota gratis ini.

Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Kemendikbud untuk Siswa