Cara Mengatasi Anak Demam Tanpa Obat

>Hello Sohib EditorOnline, jika anak Anda mendapatkan demam, biasanya yang pertama kali terpikirkan adalah memberikan obat untuk menurunkan suhu tubuhnya. Namun, sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi demam pada anak tanpa perlu menggunakan obat-obatan. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan:

1. Mandi Air Hangat

Mandi air hangat dapat membantu menurunkan suhu tubuh anak Anda. Anda bisa menambahkan sedikit cuka atau baking soda ke dalam air mandi untuk hasil yang lebih efektif. Pastikan suhu air tidak terlalu panas atau dingin agar tidak membuat anak Anda tidak nyaman.

Namun, pastikan juga tidak memandikan anak dengan terlalu lama karena hal ini dapat membuat suhu tubuh anak meningkat kembali. Idealnya, mandi air hangat tidak lebih dari 10-15 menit.

Sebelum mandi, pastikan juga anak Anda cukup minum air putih dan istirahat yang cukup agar tubuhnya tidak kelelahan.

2. Kompres Dingin

Mengompres dahi atau tubuh bagian atas dengan handuk basah yang telah dicelupkan ke dalam air dingin dapat membantu menurunkan suhu tubuh anak Anda. Lakukan ini secara berkala sekitar 20 menit dan pastikan air dalam wadah kompres tidak terlalu dingin.

Anda bisa mengganti kompres dengan yang baru ketika sudah tidak dingin lagi. Namun, hindari penggunaan kompres dengan air es karena hal ini dapat memberikan efek samping yang tidak diinginkan pada tubuh anak.

3. Beri Air Putih Secara Teratur

Dehidrasi dapat memperburuk kondisi anak yang sedang mengalami demam. Oleh karena itu, pastikan anak Anda cukup minum air putih agar tubuhnya tetap terhidrasi. Anda bisa memberikan air putih secara berkala, setidaknya setiap jam untuk menghindari dehidrasi.

Anda juga bisa memberikan jus atau minuman elektrolit pediasure untuk membantu mengembalikan elektrolit yang hilang pada tubuh anak. Namun, pastikan tidak memberikan minuman yang mengandung kafein atau gula berlebihan karena hal ini dapat membuat kondisi anak lebih buruk.

4. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup juga sangat penting untuk membantu tubuh anak mengatasi demam. Pastikan anak Anda cukup tidur dan tidak terlalu banyak beraktivitas agar tubuhnya tidak kelelahan. Anda bisa membacakan buku atau menonton film bersama anak untuk menjaga kebersamaan dan membantu anak merasa nyaman.

5. Hindari Perlengkapan yang Terlalu Tebal

Memberikan anak perlengkapan yang terlalu tebal seperti selimut atau pakaian yang tebal dapat membuat suhu tubuh anak meningkat lebih cepat. Pastikan anak Anda menggunakan perlengkapan yang sesuai dengan suhu lingkungan dan tidak terlalu tebal.

6. Buat Udara Ruangan Lebih Sejuk

Jika anak Anda merasa tidak nyaman dengan suhu ruangan yang terlalu panas, buatlah ruangan menjadi lebih sejuk dengan menggunakan AC atau kipas angin. Namun, pastikan suhu ruangan tidak terlalu dingin karena hal ini dapat membuat anak tidak nyaman.

TRENDING 🔥  Cara Bikin BPJS Kesehatan

7. Memberikan Makanan yang Sehat

Memberikan anak makanan yang sehat dan bergizi juga dapat membantu tubuh anak mengatasi demam. Anda bisa memberikan makanan ringan seperti buah-buahan atau camilan sehat seperti kerupuk ubi atau kacang tanah. Jangan lupa untuk memastikan makanan yang diberikan tidak terlalu pedas atau berlemak.

8. Sterilkan Mainan dan Perlengkapan Anak

Membuang kuman dan bakteri dari mainan dan perlengkapan anak sangat penting untuk mencegah demam. Pastikan mainan dan perlengkapan yang digunakan anak selalu bersih dan steril agar kuman dan bakteri tidak menempel pada tubuh anak.

Anda bisa mencuci mainan dengan air sabun dan mengeringkannya dengan baik sebelum diberikan kembali kepada anak. Pastikan juga tangan Anda bersih sebelum dan sesudah memegang mainan atau perlengkapan anak.

9. Jangan Memberikan Obat Demam Tanpa Konsultasi Dokter

Terakhir, hindari memberikan obat demam tanpa konsultasi dokter terlebih dahulu. Jika demam anak tiba-tiba meningkat dengan cepat atau disertai gejala lain seperti muntah atau diare, segera cari bantuan medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

FAQ

Apa yang harus dilakukan jika demam anak tidak kunjung turun?

Jika demam anak tidak kunjung turun setelah melakukan beberapa cara alami di atas, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Anda juga bisa memberikan obat demam jika dokter merekomendasikannya.

Apakah memberikan obat demam berbahaya?

Memberikan obat demam pada anak sebenarnya relatif aman jika dilakukan sesuai dosis. Namun, terlalu sering memberikan obat demam tanpa konsultasi dokter dapat memberikan efek samping yang tidak diinginkan pada tubuh anak.

Kapan sebaiknya mencari pertolongan medis untuk anak yang demam?

Anda sebaiknya mencari pertolongan medis jika demam anak tiba-tiba meningkat dengan cepat, disertai gejala lain seperti muntah atau diare, atau jika demam anak tidak kunjung turun setelah melakukan beberapa cara alami di atas.

Cara Mengatasi Demam Pada Anak Keuntungan
Mandi Air Hangat Menurunkan suhu tubuh anak
Kompres Dingin Menurunkan suhu tubuh anak
Beri Air Putih Secara Teratur Mencegah dehidrasi
Istirahat yang Cukup Membantu tubuh anak untuk mengatasi demam
Hindari Perlengkapan yang Terlalu Tebal Mencegah suhu tubuh anak meningkat lebih cepat
Buat Udara Ruangan Lebih Sejuk Meningkatkan kenyamanan anak
Memberikan Makanan yang Sehat Meningkatkan daya tahan tubuh anak
Sterilkan Mainan dan Perlengkapan Anak Mencegah kuman dan bakteri menempel pada tubuh anak
Jangan Memberikan Obat Demam Tanpa Konsultasi Dokter Meningkatkan keamanan dan efektivitas penanganan demam pada anak

Cara Mengatasi Anak Demam Tanpa Obat