Cara Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Ditekan

>Halo Sohib EditorOnline, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara mengatasi layar HP yang tidak bisa ditekan. Masalah ini sering terjadi pada HP kita, terutama saat kita sedang membutuhkannya dengan cepat. Jangan khawatir, kita akan membantu kamu untuk memperbaiki masalah ini dengan mudah. Mari kita lihat lebih lanjut.

1. Periksa Layar Kamu

Langkah pertama dalam mengatasi layar HP yang tidak bisa ditekan adalah dengan memeriksa layar HP kita. Ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat goresan atau kerusakan pada layar. Jika terdapat goresan atau kerusakan pada layar, maka itu mungkin menjadi penyebab layar yang tidak bisa ditekan.

Periksa layar dengan cermat dan pastikan tidak ada goresan atau kerusakan. Jika terdapat kerusakan, perlu untuk membawa HP ke tempat reparasi untuk diperbaiki. Namun, jika semua tampak normal, kita dapat mencoba solusi lainnya.

2. Bersihkan Layar Kamu

Ketika layar HP kita kotor, itu dapat menyebabkan layar menjadi tidak responsif terhadap sentuhan. Oleh karena itu, langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah membersihkan layar HP kita. Untuk membersihkan layar, gunakan kain microfiber bersih, kering, dan halus. Jangan menggunakan air atau cairan pembersih yang dapat merusak layar.

Bersihkan layar dengan lembut, tanpa menekan terlalu keras. Pastikan semua debu, kotoran, dan sidik jari terhapus dengan benar.

3. Bersihkan Casing HP Kamu

Selain membersihkan layar, perlu juga membersihkan casing HP dari debu, kotoran dan minyak. Hal ini akan membantu memperbaiki masalah layar yang tidak bisa ditekan dengan efektif. Bersihkan casing dengan menggunakan kain lembut dan kering.

Jika kamu merasa masih ada debu yang tersisa, kamu dapat menggunakan kuas yang lembut untuk membersihkan celah antara tombol dan casing. Pastikan untuk mengambil semua debu dan kotoran yang mungkin ada di sana.

4. Restart HP Kamu

Jika proses pembersihan tidak berhasil, kita dapat mencoba me-restart HP kita. Ini akan membantu mengembalikan fungsi layar yang tidak bisa ditekan. Setiap elektronik butuh istirahat, termasuk HP kita. Restart HP dengan benar dan tunggu beberapa saat hingga HP kembali normal.

Setelah HP berhasil restart, coba untuk memeriksa layar apakah sudah dapat ditekan atau tidak. Jika masih tidak dapat ditekan, maka kita dapat mencoba solusi di bawah ini.

5. Periksa Aplikasi yang Terinstall

Beberapa aplikasi yang terinstal pada HP kita dapat menyebabkan layar tidak bisa ditekan. Hal ini biasanya terjadi ketika aplikasi tersebut tidak kompatibel dengan HP kita atau terdapat bug pada aplikasi tersebut.

Kita perlu memeriksa aplikasi mana yang baru saja terinstal atau yang baru saja diperbarui. Jika semua aplikasi terlihat baik-baik saja, kita dapat mencoba mematikan HP kita selama beberapa menit dan kemudian menghidupkannya kembali.

TRENDING 🔥  Cara Bungkus Kado Baju: Tips Simpel dan Praktis untuk Hari Spesialmu

FAQ

Tanya Jawab
Apa penyebab layar HP tidak bisa ditekan? Penyebab utama layar HP yang tidak bisa ditekan adalah karena kerusakan layar, perangkat lunak yang rusak, atau koneksi yang buruk.
Bagaimana cara memperbaiki layar HP yang tidak bisa ditekan? Cara memperbaiki layar HP yang tidak bisa ditekan adalah dengan memeriksa layar, membersihkan layar, membersihkan casing, me-restart HP, membuka aplikasi yang terinstall, dan melakukan factory reset.
Apakah harus membawa HP ke tempat reparasi jika layar tidak dapat ditekan? Jika setelah mencoba semua solusi di atas layar masih tidak dapat ditekan, maka dianjurkan untuk membawa HP ke tempat reparasi untuk diperbaiki.

Demikianlah beberapa cara mengatasi layar HP yang tidak bisa ditekan. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam memperbaiki masalah pada HP kamu. Ingat, sebelum membawa HP ke tempat reparasi, coba terlebih dahulu solusi yang telah disebutkan di atas.

Cara Mengatasi Layar HP yang Tidak Bisa Ditekan