Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter

>Hello Sohib EditorOnline, are you having trouble starting your car? Don’t worry, you’re not alone. Many car owners experience this problem from time to time. Fortunately, there are several easy ways to fix it. In this article, we will guide you through the steps to help you get your car started smoothly.

1. Cek Baterai

Baterai yang melemah atau rusak seringkali menjadi penyebab utama mobil tidak bisa distarter. Cek tegangan baterai dengan menggunakan multimeter. Jika tegangan di bawah 12 volt, kemungkinan besar baterai perlu diganti.

Jika baterai masih dalam kondisi baik, cek kabel-kabel yang terhubung ke baterai. Pastikan kabel berada pada posisi yang aman dan terhubung dengan baik.

Problem Solution
Baterai mati atau melemah Charge atau ganti baterai
Kabel baterai longgar Perbaiki atau ganti kabel

2. Cek Kunci Kontak

Kunci kontak yang tidak berfungsi dengan baik seringkali menjadi masalah yang membuat mobil tidak bisa distarter. Periksa apakah kunci kontak berada pada posisi yang benar dan terhubung dengan baik.

Jika kunci kontak terlihat aus atau tidak berfungsi dengan baik, coba ganti kunci kontak dengan yang baru.

3. Cek Sistem Pengapian

Sistem pengapian yang bermasalah juga bisa menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. Cek sistem pengapian dengan menggunakan alat yang tepat atau bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk diperiksa secara menyeluruh.

Beberapa masalah pada sistem pengapian seperti koil yang rusak, busi yang kotor, atau kabel busi yang aus seringkali menjadi penyebab mobil tidak bisa distarter. Pastikan untuk memperbaiki atau mengganti bagian yang bermasalah segera setelah ditemukan.

Question Answer
Apakah busi harus diganti secara teratur? Ya, sebaiknya busi diganti setiap 20.000 km atau lebih sering jika diperlukan.
Bagaimana cara membersihkan kabel busi? Gosok kabel busi dengan sikat kecil atau kain bersih yang dibasahi dengan bahan pembersih khusus (electrical cleaner).

4. Cek Starter

Jika semua bagian di atas sudah diperiksa dan tidak ada yang bermasalah, kemungkinan besar starter mobil yang bermasalah. Periksa starter dengan menggunakan alat yang tepat atau bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk diperiksa secara menyeluruh.

Jika starter rusak atau aus, sebaiknya diganti dengan yang baru. Perbaikan starter umumnya tidak terlalu sulit, tetapi jika Anda tidak yakin, sebaiknya bawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk diperbaiki.

5. Tips Tambahan

Selain tips-tips di atas, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika hendak menghidupkan mobil agar tidak terjadi masalah:

  • Periksa apakah gigi persneling sudah dalam posisi netral atau parkir.
  • Periksa apakah rem tangan sudah dilepas.
  • Periksa apakah bahan bakar cukup.
  • Periksa apakah lampu indikator sudah mati setelah dihidupkan.
TRENDING 🔥  Cara Jual Uang Koin 1000 Kelapa Sawit

Conclusion

Dalam artikel ini, kami telah membahas beberapa cara untuk mengatasi masalah mobil yang tidak bisa distarter. Selalu periksa baterai, kunci kontak, sistem pengapian, dan starter ketika mobil Anda mengalami masalah. Jangan lupa untuk melakukan perawatan rutin pada mobil Anda untuk mencegah masalah di masa depan.

Cara Mengatasi Mobil Tidak Bisa Distarter