Cara Menggiring Bola Basket yang Benar Adalah

>Hello Sohib EditorOnline, jika kamu ingin menjadi pemain basket yang handal, kamu harus memiliki keterampilan yang baik dalam menggiring bola. Artinya, kamu harus dapat mengendalikan bola basket dengan baik. Ada beberapa teknik dasar yang harus kamu kuasai agar dapat menggiring bola basket dengan benar. Berikut adalah langkah-langkah mudah yang bisa kamu ikuti.

1. Kenali Bola Basket

Sebelum mulai menggiring bola, kamu harus mengenal bola basket terlebih dahulu. Bola basket terbuat dari bahan karet dan memiliki lingkar sekitar 75-78 cm dan berat 567-650 gram.

Ukuran bola basket yang standar ini akan membuatmu nyaman memegang bola saat menggiring. Cobalah untuk terbiasa memegang bola basket dengan baik dan benar.

2. Belajar Teknik Dasar Menggiring Bola

Teknik dasar menggiring bola basket adalah teknik yang harus kamu kuasai jika ingin menjadi pemain basket yang handal. Ada beberapa teknik dasar yang harus kamu pelajari, di antaranya:

a. Teknik Dribble

Teknik dribble adalah teknik menggiring bola dengan menghentakkan bola ke tanah secara bergantian dengan tangan kanan dan tangan kiri secara bergantian. Dalam teknik dribble, kamu harus bisa mengatur kecepatan dan ritme menggiring bola sesuai dengan kebutuhan.

Jangan terlalu cepat atau terlalu lambat dalam menggiring bola. Cobalah untuk menggiring bola dengan irama yang tepat.

b. Teknik Crossover

Teknik crossover adalah teknik menggiring bola dengan cara memindahkan bola dari tangan yang satu ke tangan yang lainnya dengan cara melintasi bola di depan badan. Teknik ini umumnya digunakan untuk menghindari lawan yang ingin merebut bola.

Cobalah berlatih teknik crossover dengan hati-hati dan perlahan. Mulailah dengan kecepatan yang lambat dan perlahan-lahan tingkatkan kecepatan Anda seiring dengan kemampuan Anda.

c. Teknik Spin

Teknik spin adalah teknik untuk menggiring bola dengan tetap menghadap ke arah ring basket. Caranya, kamu harus menggiring bola ke arah samping dan kemudian memutar badan ke arah bola.

Kamu bisa mencoba teknik spin ini sebagai trik kejutan bagi lawanmu untuk membuat mereka bingung dan kewalahan.

3. Perhatikan Postur Tubuh

Postur tubuh sangat penting dalam menggiring bola basket. Pastikan tubuhmu selalu tegak dan rileks ketika menggiring bola. Jangan membungkukkan tubuh atau memiringkan kepala saat menggiring bola.

Kenakan sepatu basket yang nyaman dan pastikan kamu dapat bergerak dengan bebas dan fleksibel.

4. Perkuat Otot-Anot

Untuk mengendalikan bola basket dengan baik, kamu harus memiliki kekuatan dan kelincahan yang cukup. Perkuat otot-otot tangan dan kaki kamu dengan berolahraga secara teratur.

Lakukan latihan-latihan kekuatan dan kelincahan seperti push up, sit up, dan squats untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuhmu. Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berlatih untuk menghindari cedera.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Es Krim dari Susu

5. Latihan Terus Menerus

Jika ingin menjadi pemain basket yang handal, kamu harus berlatih terus-menerus. Lakukan latihan menggiring bola setiap hari selama 15-30 menit.

Cobalah berlatih di depan cermin atau temanmu agar kamu bisa memperbaiki teknik menggiring bola dengan cepat.

FAQ tentang Cara Menggiring Bola Basket yang Benar

Pertanyaan Jawaban
Apakah postur tubuh penting saat menggiring bola basket? Ya, postur tubuh sangat penting dalam menggiring bola basket. Pastikan tubuhmu selalu tegak dan rileks ketika menggiring bola.
Bagaimana cara menguatkan otot-otot tangan dan kaki? Kamu bisa melakukan latihan-latihan kekuatan dan kelincahan seperti push up, sit up, dan squats untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuhmu.
Apakah perlu berlatih setiap hari untuk menggiring bola basket? Ya, jika ingin menjadi pemain basket yang handal, kamu harus berlatih terus-menerus. Lakukan latihan menggiring bola setiap hari selama 15-30 menit.

Kesimpulan

Menggiring bola basket memang terlihat mudah, tetapi sebenarnya membutuhkan teknik dan latihan yang cukup. Dalam menggiring bola basket, pastikan kamu mengenal bola basket terlebih dahulu, menguasai teknik dasar menggiring bola, memperhatikan postur tubuh, memperkuat otot-otot tangan dan kaki, dan berlatih terus-menerus.

Dapatkan tips dan trik serta informasi lainnya tentang basket dan olahraga lainnya hanya di EditorOnline.

Cara Menggiring Bola Basket yang Benar Adalah