Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah kamu pengguna smartphone Xiaomi? Jika iya, kamu pasti tahu bahwa di dalamnya terdapat beberapa aplikasi bawaan atau pre-installed apps yang mungkin tidak semuanya kamu butuhkan. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi agar kamu bisa mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan dan mempercepat kinerja smartphone kamu.

Apa itu Aplikasi Bawaan Xiaomi?

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara menghapus aplikasi bawaan Xiaomi, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu aplikasi bawaan tersebut. Aplikasi bawaan atau pre-installed apps adalah aplikasi yang sudah terpasang pada smartphone Xiaomi sejak awal pembelian. Beberapa aplikasi bawaan yang sering ditemukan di smartphone Xiaomi antara lain Mi Browser, Mi Music, dan Cleaner.

Meskipun memang ada beberapa aplikasi bawaan yang memang sangat berguna, namun tidak jarang juga terdapat aplikasi bawaan yang jarang dipakai bahkan sama sekali tidak kamu butuhkan. Aplikasi bawaan yang jarang digunakan ini justru dapat membebani performa smartphone kamu karena memakan ruang penyimpanan dan memperlambat kinerja sistem.

Mengapa Harus Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi?

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak kamu butuhkan. Pertama, dengan menghapus aplikasi bawaan tersebut, kamu bisa mendapatkan lebih banyak ruang penyimpanan pada smartphone kamu. Hal ini tentu sangat berguna bagi kamu yang memiliki smartphone Xiaomi dengan kapasitas penyimpanan yang terbatas.

Kedua, dengan menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak kamu butuhkan, kamu bisa mempercepat kinerja smartphone kamu. Hal ini karena semakin banyak aplikasi yang terpasang pada smartphone, semakin banyak juga memori yang digunakan dan semakin berat pula beban sistem. Dengan menghapus aplikasi bawaan yang tidak kamu butuhkan, kamu bisa membantu meringankan beban sistem dan mempercepat kinerja smartphone kamu.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi

Setelah memahami apa itu dan mengapa harus menghapus aplikasi bawaan Xiaomi, kini saatnya kita membahas cara menghapusnya. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi, antara lain:

1. Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Menggunakan Aplikasi Cleaner

Cara pertama yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan aplikasi Cleaner. Cleaner adalah salah satu aplikasi bawaan Xiaomi yang memungkinkan kamu membersihkan file-file yang tidak terpakai pada smartphone kamu. Selain membersihkan file-file, aplikasi Cleaner juga memiliki fitur untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi.

Untuk menggunakan aplikasi Cleaner untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah
1. Buka aplikasi Cleaner
2. Pilih opsi “Tools”
3. Pilih opsi “Uninstall”
4. Pilih aplikasi bawaan Xiaomi yang ingin dihapus
5. Klik “Uninstall”
TRENDING 🔥  Cara Memperoleh Informasi dengan Cara Tanya Jawab Disebut

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa dengan mudah menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak kamu butuhkan.

2. Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi Menggunakan Aplikasi Pengatur

Langkah kedua yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan aplikasi Pengatur. Aplikasi Pengatur adalah aplikasi bawaan Xiaomi yang memiliki banyak fitur, salah satunya adalah untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi.

Untuk menggunakan aplikasi Pengatur untuk menghapus aplikasi bawaan Xiaomi, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

Langkah-langkah
1. Buka aplikasi Pengatur
2. Pilih opsi “Aplikasi”
3. Cari aplikasi bawaan Xiaomi yang ingin dihapus
4. Klik aplikasi bawaan Xiaomi tersebut
5. Klik opsi “Hapus”

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu juga bisa dengan mudah menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak kamu butuhkan.

FAQ

1. Apakah aman menghapus aplikasi bawaan Xiaomi?

Ya, menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak kamu butuhkan bisa dianggap aman. Namun, ada beberapa aplikasi bawaan yang memang tidak seharusnya dihapus karena merupakan bagian dari sistem operasi Xiaomi. Oleh karena itu, pastikan kamu hanya menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang memang tidak kamu butuhkan.

2. Apakah menghapus aplikasi bawaan Xiaomi akan mempengaruhi garansi smartphone?

Tidak, menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak kamu butuhkan tidak akan mempengaruhi garansi smartphone. Namun, jika kamu menghapus aplikasi yang seharusnya tidak dihapus dan mengalami kerusakan pada smartphone, hal tersebut dapat mempengaruhi garansi.

3. Bisakah aplikasi bawaan Xiaomi diinstal kembali setelah dihapus?

Ya, beberapa aplikasi bawaan Xiaomi yang dihapus bisa diinstal kembali jika kamu membutuhkannya. Namun, beberapa aplikasi bawaan tidak dapat diinstal kembali setelah dihapus. Oleh karena itu, pastikan kamu hanya menghapus aplikasi bawaan yang memang tidak kamu butuhkan.

4. Apakah menghapus aplikasi bawaan Xiaomi akan mempercepat kinerja smartphone?

Ya, menghapus aplikasi bawaan Xiaomi yang tidak kamu butuhkan dapat membantu mempercepat kinerja smartphone. Hal ini karena semakin banyak aplikasi yang terpasang pada smartphone, semakin banyak juga memori yang digunakan dan semakin berat pula beban sistem. Dengan menghapus aplikasi bawaan yang tidak kamu butuhkan, kamu bisa membantu meringankan beban sistem dan mempercepat kinerja smartphone kamu.

5. Apa saja aplikasi bawaan Xiaomi yang sebaiknya tidak dihapus?

Ada beberapa aplikasi bawaan Xiaomi yang sebaiknya tidak dihapus karena merupakan bagian dari sistem operasi Xiaomi. Beberapa aplikasi tersebut antara lain System UI, Settings, Security, dan lain-lain. Jika kamu tidak yakin dengan aplikasi bawaan yang sebaiknya dihapus atau tidak, sebaiknya tanyakan terlebih dahulu pada customer service Xiaomi atau pada ahli teknologi terpercaya.

Cara Menghapus Aplikasi Bawaan Xiaomi