Cara Merubah Data KK Secara Online

>Hello Sohib EditorOnline, in this article we will discuss how to change your family card data online. With the advancement of technology, now you can easily change and update your family card data without leaving your home. This article will guide you through the process step by step.

1. Persyaratan dan Dokumen yang Dibutuhkan

Sebelum kamu melakukan perubahan data KK secara online, pastikan kamu memiliki persyaratan dan dokumen yang dibutuhkan. Persyaratan umum yang harus dipenuhi adalah :

  • Memiliki akun E-KTP
  • Mendapatkan akses ke aplikasi SIAK (Sistem Informasi Administrasi Kependudukan)
  • Mengisi Formulir Perubahan Data

Adapun dokumen yang harus dipersiapkan adalah :

Dokumen Keterangan
Kartu Keluarga Lama Fotokopi KK yang akan diubah datanya
Kartu Keluarga Baru Fotokopi KK yang sudah diisi dengan data baru
E-KTP Fotokopi E-KTP yang masih berlaku

2. Membuat Akun E-KTP

Langkah pertama untuk merubah data KK secara online adalah membuat akun E-KTP. Kamu bisa mengunjungi situs https://ektp.kemendagri.go.id/ dan klik tombol “Daftar” untuk mendaftar akun baru

Setelah itu kamu akan diminta untuk mengisi formulir pendaftaran yang berisi informasi seperti nama lengkap, nomor E-KTP, nomor KK, dan lain sebagainya. Pastikan kamu mengisi data dengan benar dan valid.

Setelah berhasil mendaftar, kamu akan mendapatkan username dan password untuk login ke akun E-KTP.

3. Mengakses Aplikasi SIAK

Setelah memiliki akun E-KTP, langkah selanjutnya adalah mengakses aplikasi SIAK. Kamu bisa mengunjungi situs https://siak.jakarta.go.id/ dan login dengan menggunakan username dan password akun E-KTP yang sudah kamu buat sebelumnya.

Setelah berhasil login, kamu akan melihat tampilan dashboard SIAK yang berisi informasi tentang data kependudukan kamu. Untuk melakukan perubahan data KK, kamu perlu mengisi formulir perubahan data yang sudah disediakan oleh aplikasi SIAK.

4. Mengisi Formulir Perubahan Data

Setelah berhasil masuk ke aplikasi SIAK, langkah selanjutnya adalah mengisi formulir perubahan data KK. Formulir ini berisi data-data seperti nomor KK, nama kepala keluarga, nama anggota keluarga, alamat, dan lain sebagainya.

Pastikan kamu mengisi data dengan benar dan valid. Selain itu, kamu juga perlu melampirkan dokumen-dokumen yang sudah disiapkan sebelumnya seperti fotokopi KK lama, fotokopi KK baru, dan fotokopi E-KTP.

TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami dan Permanen

FAQ : Jawaban atas Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apakah saya perlu datang ke kantor kependudukan jika ingin merubah data KK?

Tidak perlu. Saat ini kamu sudah bisa merubah data KK secara online melalui aplikasi SIAK.

2. Dokumen apa saja yang harus saya siapkan jika ingin merubah data KK secara online?

Beberapa dokumen yang harus disiapkan adalah fotokopi KK lama, fotokopi KK baru, dan fotokopi E-KTP.

3. Bagaimana jika data yang saya isi ternyata salah atau tidak valid?

Jika ada kesalahan atau data yang tidak valid, maka permohonan perubahan data KK akan ditolak. Oleh karena itu, pastikan kamu mengisi data dengan benar dan valid agar proses perubahan data bisa berjalan lancar.

4. Berapa lama waktu yang diperlukan untuk merubah data KK secara online?

Proses perubahan data KK secara online bisa memakan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu tergantung dari banyaknya permohonan yang masuk di kantor kependudukan setempat.

5. Apakah ada biaya yang harus dibayarkan untuk merubah data KK secara online?

Tidak ada biaya yang harus dibayarkan untuk merubah data KK secara online. Namun, kamu harus memastikan bahwa dokumen yang diupload sudah lengkap dan valid agar permohonan kamu dapat diproses secara cepat dan tepat.

Kesimpulan

Merubah data KK secara online dapat dilakukan dengan mudah dan praktis melalui aplikasi SIAK. Pastikan kamu memenuhi persyaratan dan mempersiapkan dokumen yang dibutuhkan agar proses perubahan data bisa berjalan lancar. Jika ada kendala atau pertanyaan, jangan ragu untuk menghubungi kantor kependudukan setempat.

Cara Merubah Data KK Secara Online