Cara Mirror di SketchUp

>Hello Sohib EditorOnline! Are you someone who likes to work with SketchUp? If yes, then you must be aware of the importance of mirroring elements in your design. In this article, we will help you learn how to use SketchUp to mirror your elements in just a few simple steps.

Memahami Konsep Mirror di SketchUp

Sebelum kita mulai, ada baiknya jika kita memahami terlebih dahulu konsep mirror di SketchUp. Secara sederhana, mirror di SketchUp berfungsi untuk menghasilkan tampilan simetris dari sebuah objek yang kita buat. Dengan menggunakan fitur ini, kita dapat membuat bentuk yang sama persis dari objek yang sudah ada.

Namun, Anda harus ingat bahwa saat melakukan mirror, SketchUp tidak hanya mengubah posisi dan arah objek. SketchUp juga akan membalik sisi permukaan objek yang kita mirror, sehingga membuat objek yang mirror menjadi terbalik. Oleh karena itu, sebaiknya kita selalu memeriksa sisi permukaan objek setelah melakukan mirror.

Cara Mirror dengan Axis

Cara pertama yang akan kita bahas adalah menggunakan axis untuk melakukan mirror pada objek.

  1. Pertama, kita harus menentukan axis mirror pada objek kita. Kita dapat memilih axis yang akan digunakan dengan mengklik tombol Move.
  2. Setelah itu, klik pada salah satu ujung objek yang ingin kita mirror dengan axis yang telah kita tentukan tadi. Kemudian, geser objek ke arah axis tersebut hingga objek berada di posisi yang tepat.
  3. Klik pada objek yang telah kita pindahkan tadi dan pilih menu Scale.
  4. Setelah itu, kita akan melihat adanya tanda lingkaran kecil pada ujung objek. Klik pada tanda lingkaran tersebut lalu tarik ke arah yang berlawanan dengan axis yang telah kita tentukan.
  5. Terakhir, klik tombol Ctrl dan seret objek yang telah kita mirror ke posisi yang diinginkan.

Cara Mirror dengan Array

Cara kedua yang dapat kita gunakan adalah dengan menggunakan fitur Array. Fitur Array memungkinkan kita untuk membuat beberapa salinan objek dengan perubahan tertentu, seperti misalnya mirror.

  1. Pertama, buat objek yang ingin kita mirror.
  2. Kemudian, pilih objek yang telah kita buat tadi dan pilih menu Copy.
  3. Pilih menu Edit, lalu pilih Paste in Place.
  4. Setelah itu, pilih menu Tools, lalu pilih Linear Array.
  5. Pada menu yang muncul, pilih Y untuk sumbu mirror.
  6. Isi angka yang kita inginkan pada bagian Copies. Angka ini menunjukkan jumlah salinan yang kita inginkan.
  7. Terakhir, pilih tombol Preview untuk melihat hasilnya. Jika sudah sesuai dengan yang kita inginkan, klik Create.

Cara Menggunakan Extension

Yang terakhir, kita juga dapat menggunakan extension atau plugin pada SketchUp untuk melakukan mirror pada objek. Berikut adalah contoh cara menggunakan extension bernama Mirror.

  1. Pertama, kita harus mengunduh dan menginstal extension Mirror.
  2. Setelah itu, buat objek yang ingin kita mirror.
  3. Pilih objek yang telah kita buat tadi dan klik pada menu Extensions.
  4. Pilih Mirror, lalu pilih Instantiate.
  5. Setelah muncul jendela Mirror, kita dapat menentukan axis mirror yang kita inginkan.
  6. Setelah itu, kita dapat memilih objek yang ingin kita mirror dengan menekan tombol Select Object.
  7. Jika sudah sesuai dengan yang kita inginkan, klik tombol Mirror untuk melakukan proses mirror.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Kacang Ijo

Tips dan Trik dalam Melakukan Mirror di SketchUp

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu Anda dalam melakukan mirror di SketchUp:

  • Sebaiknya gunakan cara mirror dengan axis jika objek yang ingin kita mirror memiliki bentuk yang kompleks.
  • Pastikan kita selalu memeriksa sisi permukaan objek setelah melakukan mirror. Hal ini penting untuk memastikan objek tidak terbalik dalam tampilannya.
  • Gunakan extension atau plugin jika kita sering melakukan mirror pada objek.
  • Pastikan kita tidak salah memilih axis mirror pada objek. Salah memilih axis dapat membuat hasil mirror kita menjadi tidak sesuai dengan yang kita inginkan.
  • Selalu periksa hasil mirror yang telah kita buat. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tampilan simetris yang kita hasilkan sudah sesuai dengan yang kita inginkan.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah mirror dapat mengubah sisi permukaan objek? Ya, saat kita melakukan mirror pada objek, SketchUp juga akan membalik sisi permukaan dari objek tergantung pada axis mirror yang telah kita tentukan.
Apakah kita perlu membayar untuk menggunakan extension Mirror? Tidak, extension Mirror dapat kita unduh dan gunakan secara gratis.
Apakah kita dapat membuat lebih dari satu mirror pada objek yang sama? Ya, kita dapat membuat banyak mirror pada objek yang sama dengan cara menggunakan fitur Array.
Apakah cara mirror dengan axis dapat digunakan untuk objek yang memiliki bentuk sederhana? Ya, cara mirror dengan axis dapat digunakan untuk objek yang memiliki bentuk sederhana atau kompleks.
Apakah ada cara manual untuk melakukan mirror pada objek? Ya, kita dapat melakukan mirror pada objek secara manual dengan cara menyalin objek, lalu membaliknya secara manual.

Demikianlah artikel tentang cara mirror di SketchUp. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disajikan di atas, kita dapat dengan mudah membuat tampilan simetris dari objek yang kita buat. Semoga bermanfaat!

Cara Mirror di SketchUp