Cara Penggunaan Scrub Badan Untuk Kulit Sehat dan Bersih

>Hello Sohib EditorOnline, kali ini kita akan membahas tentang cara penggunaan scrub badan untuk merawat kulit kita agar tetap sehat dan bersih. Scrub badan adalah sebuah produk perawatan kulit yang tidak kalah penting dari sabun dan lotion. Secara umum, scrub badan digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menumpuk pada permukaan kulit, sehingga kulit kita terlihat lebih cerah dan lembut. Tapi, tahukah kamu bahwa menggunakan scrub badan dengan cara yang salah juga bisa berbahaya bagi kulitmu? Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas cara yang tepat untuk menggunakan scrub badan agar kulit kita terjaga kesehatannya.

Apa itu Scrub Badan?

Sebelum kita membahas tentang cara penggunaannya, mari kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu scrub badan. Scrub badan adalah produk perawatan kulit yang berfungsi untuk membersihkan sel-sel kulit mati pada permukaan kulitmu. Sel-sel kulit mati ini jika tidak diangkat dapat menyebabkan kulit terlihat kusam, kering, bahkan dapat menyumbat pori-pori pada kulitmu.

Scrub badan biasanya terdiri dari dua yaitu scrub yang berbahan dasar garam atau gula. Selain itu, scrub badan juga dapat mengandung berbagai macam bahan alami seperti madu, minyak zaitun, teh hijau, lavender dan lain sebagainya. Pemilihan scrub badan tentu harus disesuaikan dengan jenis kulitmu. Jika kulitmu sensitif, maka kamu harus mencari scrub badan yang cocok untuk kulitmu.

Bagaimana Scrub Badan Bekerja?

Scrub badan bekerja dengan cara mengelupaskan sel-sel kulit mati pada kulitmu. Ketika scrub dioleskan pada permukaan kulitmu, scrub akan mengikis sel-sel kulit mati tersebut sehingga mereka terangkat dari permukaan kulitmu. Sel-sel kulit yang mati ini kemudian akan terangkat dan tersingkirkan dari kulitmu, sehingga kulitmu terlihat lebih cerah dan lembut.

Perlukah Menggunakan Scrub Badan Setiap Hari?

Tidak perlu menggunakan scrub badan setiap hari. Scrub badan dapat digunakan 2-3 kali seminggu tergantung pada jenis kulitmu. Jangan terlalu sering menggunakannya karena dapat membuat kulitmu menjadi iritasi dan kering. Jika kulitmu terasa merah dan gatal setelah menggunakan scrub badan, berarti kamu menggunakan scrub badan yang terlalu kuat atau terlalu sering menggunakannya. Sesuaikan frekuensi penggunaannya dengan jenis kulitmu.

Cara Penggunaan Scrub Badan yang Tepat

Pengetahuan tentang cara penggunaan scrub badan dengan tepat sangat penting untuk menjaga kesehatan kulitmu. Berikut adalah beberapa tips dalam menggunakan scrub badan:

1. Basahi tubuhmu terlebih dahulu

Sebelum menggunakan scrub badan, basahi tubuhmu terlebih dahulu. Hal ini akan membantu scrub meresap ke dalam kulitmu dengan lebih mudah.

2. Gunakan scrub pada saat mandi

Gunakan scrub badan saat kamu mandi. Selain membuat waktu penggunaan scrub lebih efisien, mandi juga membantu membuka pori-pori kulitmu sehingga scrub dapat bekerja secara maksimal. Penggunaan scrub badan dilakukan pada saat mandi untuk menghindari iritasi pada kulit.

TRENDING 🔥  Cara Merekam Layar Samsung A12

3. Tidak perlu terlalu banyak scrub

Cukup gunakan sedikit scrub badan pada telapak tanganmu, lalu pijatkan pada kulitmu dengan gerakan melingkar. Jangan menggunakan terlalu banyak scrub badan pada kulitmu karena hal ini akan membuat kulitmu iritasi. Fokuskan pada area yang Anda ingin bersihkan, seperti siku, lutut dan tumit, karena biasanya bagian-bagian ini lebih kusam dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.

4. Jangan terlalu keras menggosok kulitmu

Terlalu keras menggosok bagian kulitmu saat menggunakan scrub badan dapat menyebabkan iritasi pada kulitmu. Scrub badan sudah cukup kuat untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulitmu dengan lembut. Jangan gunakan scrub dengan gerakan yang keras dan terlalu berlebihan pada kulitmu.

5. Bilas kulitmu dengan air dingin

Setelah selesai melakukan scrub pada tubuhmu, bilas tubuhmu dengan air dingin. Air dingin membantu menutup pori-pori kulitmu yang terbuka akibat penggunaan scrub badan, sehingga kulitmu akan terasa lebih segar. Selain itu, menggunakan air dingin juga akan membantu menjaga kelembapan pada kulitmu.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah scrub badan hanya untuk wanita? Tidak. Scrub badan dapat digunakan oleh pria dan wanita. Namun, tergantung pada jenis kulitmu, karena tidak semua orang bisa menggunakan semua jenis scrub badan.
Apakah scrub badan dapat menghilangkan bekas jerawat? Scrub badan tidak dapat menghilangkan bekas jerawat. Namun, pemakaian scrub badan secara rutin dapat membantu menjaga kulitmu agar lebih terawat sehingga bekas jerawat akan memudar dengan sendirinya.
Berapa lama sebaiknya menggunakan scrub badan? Waktu yang ideal untuk menggunakan scrub badan adalah sekitar 5-10 menit pada setiap penggunaannya.
Kapan sebaiknya menggunakan scrub badan? Gunakan scrub badan pada saat kamu mandi. Hal ini akan membantu membuka pori-pori dan membuat penggunaan scrub badan menjadi lebih efektif.
Apakah perlukah mengoleskan lotion setelah menggunakan scrub badan? Ya, sangat direkomendasikan untuk mengoleskan lotion setelah menggunakan scrub badan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kelembapan pada kulitmu.

Kesimpulan

Scrub badan dapat menjadi salah satu produk perawatan kulit yang penting untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulitmu. Namun, kamu juga harus tahu cara penggunaannya yang tepat agar tidak merusak kulitmu. Jangan terlalu sering menggunakan scrub badan, gunakan scrub badan secara teratur dan sesuai dengan jenis kulitmu. Hindari menggosok kulitmu terlalu keras saat menggunakan scrub badan dan selalu mengoleskan lotion setelah menggunakan scrub badan untuk menjaga kelembapan pada kulitmu.

Cara Penggunaan Scrub Badan Untuk Kulit Sehat dan Bersih