Cara Split Screen iPhone: Jawaban untuk Kebutuhan Multitasking Anda

>Salam kepada pembaca setia Sohib EditorOnline yang selalu membutuhkan informasi praktis dan berguna. Bagi kalian yang sering menggunakan iPhone, pasti sering merasa kesulitan dalam melaksanakan tugas secara multitasking. Namun, sekarang Anda tidak perlu khawatir lagi karena kami akan memberikan panduan lengkap mengenai cara split screen iPhone.

Apa itu Split Screen pada iPhone

Sebelum membahas cara split screen pada iPhone, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu split screen. Fitur split screen pada iPhone merupakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan dua aplikasi sekaligus dalam satu layar. Dengan kata lain, Anda dapat melihat dua aplikasi dalam satu waktu dengan ukuran yang sama atau berbeda di layar iPhone Anda.

Keuntungan Menggunakan Split Screen pada iPhone

Terdapat beberapa keuntungan yang bisa Anda rasakan dengan menggunakan fitur split screen pada iPhone, di antaranya sebagai berikut:

Keuntungan Keterangan
Meningkatkan produktivitas Dengan fitur ini, Anda dapat melakukan beberapa tugas dalam waktu yang bersamaan sehingga meningkatkan produktivitas Anda.
Hemat waktu Dengan fitur ini, Anda tidak perlu lagi menutup dan membuka aplikasi secara manual. Sehingga Anda dapat menghemat waktu Anda dan meningkatkan efisiensi Anda dalam menggunakan iPhone.
Mudah digunakan Fitur ini mudah digunakan dan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cara Split Screen pada iPhone

Langkah 1: Buka Aplikasi yang Ingin Dijalankan

Pertama, buka aplikasi yang ingin Anda jalankan pada layar utama iPhone Anda. Misalnya, Anda ingin menjalankan WhatsApp dan Instagram dalam satu layar.

Langkah 2: Geser Screen ke Atas

Setelah membuka aplikasi pertama, geser layar ke atas untuk membuka menu aplikasi yang terbuka. Kemudian, cari aplikasi kedua yang ingin Anda jalankan bersamaan dengan aplikasi pertama.

Langkah 3: Tap dan Tahan Aplikasi yang Akan Dijalankan

Jika Anda telah menemukan aplikasi kedua, tap dan tahan aplikasi tersebut. Kemudian, seret aplikasi tersebut ke sisi layar iPhone Anda. Tarik aplikasi tersebut ke sisi kanan untuk menampilkan aplikasi kedua di sebelah kanan dan aplikasi pertama di sebelah kiri. Atau, tarik aplikasi tersebut ke sisi kiri untuk menampilkan aplikasi pertama di sebelah kanan dan aplikasi kedua di sebelah kiri.

Langkah 4: Sesuaikan Ukuran Layar dari Setiap Aplikasi

Setelah menampilkan kedua aplikasi dalam satu layar, Anda dapat menggeser batas pemisah di tengah layar untuk memperbesar atau memperkecil ukuran aplikasi. Anda pun dapat men-tap batas pemisah tersebut untuk mengembalikan ke ukuran awal.

TRENDING 🔥  Cara Mencabut Gigi Berlubang Orang Dewasa

Langkah 5: Selesai

Sekarang, Anda sudah bisa menjalankan aplikasi kedua dalam satu layar dengan aplikasi pertama.

FAQ tentang Split Screen pada iPhone

1. Fitur Split Screen dapat digunakan pada model iPhone apa saja?

Fitur Split Screen dapat digunakan pada iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone 7, iPhone 7 Plus, iPhone 8, iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 mini, iPhone 12 Pro, dan iPhone 12 Pro Max.

2. Apakah setiap aplikasi bisa dijalankan dalam satu layar?

Tidak semua aplikasi dapat dijalankan dalam satu layar. Beberapa aplikasi tidak mendukung fitur Split Screen seperti zoom meeting, tiktok, dan beberapa aplikasi game.

3. Apakah Split Screen membuat baterai cepat habis?

Sangat mungkin. Penggunaan Split Screen dapat membuat baterai cepat habis karena penggunaan dua aplikasi sekaligus. Namun, baterai iPhone yang banyak dicari memungkinkan Anda menggunakan fitur ini tanpa perlu khawatir tentang daya baterai Anda.

4. Apakah Split Screen dapat memperlambat kinerja iPhone saya?

Iya, Split Screen dapat mempengaruhi kinerja iPhone Anda. Hal ini karena penggunaan memori dan daya CPU yang lebih besar. Namun, pengaruh ini tidak terlalu signifikan jika dibandingkan dengan keuntungan yang diberikan oleh fitur Split Screen.

5. Apakah fitur Split Screen pada iPhone dapat digunakan secara vertikal?

Secara teori, Anda dapat menggunakan fitur Split Screen secara vertikal dengan cara menempatkan iPhone Anda dalam posisi landscape. Namun, pengalaman pengguna tidak terlalu baik dengan cara ini karena ukuran layar yang terlalu kecil. Sebaiknya, gunakan fitur Split Screen secara horizontal.

Sekian panduan lengkap mengenai cara split screen pada iPhone untuk meningkatkan produktivitas Anda. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat bagi Anda. Jangan ragu untuk memberikan komentar atau saran dalam kotak komentar di bawah artikel ini. Terima kasih telah membaca!

Cara Split Screen iPhone: Jawaban untuk Kebutuhan Multitasking Anda