Cara Upload Video di Google Drive

>Hello Sohib EditorOnline! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara upload video di Google Drive. Google Drive adalah salah satu layanan cloud storage yang dimiliki oleh Google. Dengan menggunakan layanan ini, kita bisa menyimpan dan berbagi berbagai jenis file, termasuk video. Namun, bagi pemula, mungkin akan sedikit kesulitan dalam mengunggah video di Google Drive. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan panduan lengkap tentang cara upload video di Google Drive. Yuk, kita mulai!

Apa itu Google Drive?

Sebelum kita membahas tentang cara upload video di Google Drive, alangkah baiknya kita memahami terlebih dahulu apa itu Google Drive. Google Drive adalah layanan cloud storage yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan, mengelola, dan berbagi berbagai jenis file. Layanan ini diluncurkan pada tahun 2012 oleh Google dan sejak itu menjadi salah satu layanan cloud storage yang paling populer di dunia.

Kelebihan Google Drive

Ada banyak kelebihan yang dimiliki oleh Google Drive, di antaranya:

Kelebihan Keterangan
Gratis Google Drive menyediakan 15GB ruang penyimpanan gratis untuk setiap pengguna
Mudah digunakan Google Drive bisa diakses dari mana saja dan kapan saja dengan menggunakan akun Google
Bisa berbagi file dengan mudah Pengguna bisa berbagi file dengan orang lain dengan cara mengirim link atau mengundang orang tersebut untuk mengakses file
Bisa menyimpan berbagai jenis file Tidak hanya video, Google Drive juga bisa menyimpan berbagai jenis file seperti dokumen, musik, foto, dan lain sebagainya
Aman Google Drive memiliki sistem keamanan yang sangat baik sehingga file yang disimpan di sana akan tetap aman

Langkah-langkah Cara Upload Video di Google Drive

Berikut ini adalah langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengunggah video di Google Drive:

1. Buka Google Drive

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuka Google Drive. Caranya cukup mudah, kita bisa membuka Google Drive melalui browser di komputer atau melalui aplikasi Google Drive di smartphone kita. Setelah berhasil membuka Google Drive, kita akan melihat tampilan seperti gambar di bawah ini:

Tampilan Google Drive
Tampilan Google Drive Source Bing.com

2. Klik Tombol “New”

Setelah berhasil membuka Google Drive, langkah selanjutnya adalah dengan mengklik tombol “New” yang terletak di sebelah kiri layar. Tombol “New” berfungsi untuk membuat file baru di Google Drive. Setelah kita mengklik tombol “New”, kita akan melihat beberapa pilihan file baru yang bisa kita buat seperti dokumen, slide, dan lain sebagainya.

TRENDING 🔥  Cara Menggunakan Tawas untuk Ketiak
Tombol New Di Google Drive
Tombol New Di Google Drive Source Bing.com

3. Pilih Opsi “File Upload”

Setelah berhasil mengklik tombol “New”, langkah selanjutnya adalah dengan memilih opsi “File Upload”. Opsi ini berfungsi untuk mengunggah file yang sudah ada di komputer kita ke Google Drive.

Opsi File Upload Di Google Drive
Opsi File Upload Di Google Drive Source Bing.com

4. Pilih Video yang Ingin Diunggah

Setelah memilih opsi “File Upload”, langkah selanjutnya adalah dengan memilih video yang ingin diunggah. Kita bisa mencari video tersebut dengan mengklik tombol “Choose Files”. Setelah menemukan video yang diinginkan, kita bisa mengklik tombol “Open” untuk memulai proses upload.

Upload Video Di Google Drive
Upload Video Di Google Drive Source Bing.com

5. Tunggu Proses Upload Selesai

Setelah memilih video yang ingin diunggah, langkah terakhir adalah dengan menunggu proses upload selesai. Waktu yang dibutuhkan untuk proses upload akan tergantung pada ukuran dan kecepatan internet yang digunakan. Setelah proses upload selesai, video akan tersimpan di Google Drive dan bisa diakses kapan saja dan dari mana saja.

FAQ

1. Apakah Google Drive Gratis?

Ya, Google Drive menyediakan 15GB ruang penyimpanan gratis untuk setiap pengguna.

2. Apa Saja Kelebihan Google Drive?

Beberapa kelebihan Google Drive antara lain gratis, mudah digunakan, bisa berbagi file dengan mudah, bisa menyimpan berbagai jenis file, dan aman.

3. Apakah Video di Google Drive Bisa Diakses dari Mana Saja?

Ya, video di Google Drive bisa diakses dari mana saja dan kapan saja dengan menggunakan akun Google.

4. Apa yang Harus Dilakukan Jika Proses Upload Gagal?

Jika proses upload gagal, kita bisa mencoba mengupload ulang video tersebut atau memeriksa koneksi internet yang digunakan.

5. Apakah Ada Batasan Ukuran File yang Bisa Diunggah ke Google Drive?

Ya, Google Drive memiliki batasan ukuran file untuk file yang diunggah. Saat ini, batas maksimum ukuran file yang bisa diunggah ke Google Drive adalah 5TB.

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap tentang cara upload video di Google Drive. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kita bisa dengan mudah mengunggah video ke Google Drive dan menyimpannya dengan aman dan teratur. Selain itu, Google Drive juga memiliki banyak kelebihan, seperti gratis, mudah digunakan, dan bisa menyimpan berbagai jenis file. Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan bagi yang belum terbiasa mengunggah video di Google Drive. Terima kasih sudah membaca!

Cara Upload Video di Google Drive