Bagaimana Cara Mandi Wajib

>Hello Sohib EditorOnline, pada artikel ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara mandi wajib atau mandi junub. Mandi wajib atau junub adalah mandi besar yang harus dilakukan bagi umat muslim setelah melakukan hubungan suami istri, mimpi basah, haid atau nifas, dan beberapa kegiatan lainnya. Berikut adalah beberapa langkah yang harus dilakukan saat mandi wajib.

1. Niat

Sebelum memulai mandi wajib, pertama-tama kita harus berniat untuk membersihkan diri dari hadas besar. Niat dilakukan dalam hati dan tanpa suara. Sebagai contoh, “Aku berniat mandi wajib untuk membersihkan diri dari hadas besar karena melakukan hubungan suami istri.”

1.1. FAQ

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara niat mandi wajib? Niat dilakukan dalam hati dan tanpa suara.
Apakah niat harus dilakukan secara tertulis? Tidak, niat dilakukan dalam hati dan tanpa suara.
Berapa kali kita harus berniat saat mandi wajib? Sekali, saat hendak memulai mandi wajib.

Setelah melakukan niat, langkah selanjutnya adalah membersihkan diri dari najis atau hadas besar dengan cara mandi.

2. Bersihkan Seluruh Badan

Untuk mandi wajib, kita harus membersihkan seluruh badan dari najis atau hadas besar. Mulai dari kepala hingga ujung kaki. Pastikan tidak ada bagian tubuh yang terlewatkan. Gunakan sabun atau pembersih tubuh lainnya untuk membersihkan seluruh badan.

2.1. FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah cukup membersihkan bagian tubuh yang terkena najis saja? Tidak, untuk mandi wajib harus membersihkan seluruh badan dari najis atau hadas besar.
Bisakah menggunakan sabun atau pembersih tubuh lainnya? Ya, bisa menggunakan sabun atau pembersih tubuh lainnya untuk membersihkan seluruh badan.
Bagaimana membersihkan rambut? Mulai dari akar rambut hingga ujung rambut dengan menggunakan sabun atau sampo.

3. Siram Seluruh Badan

Setelah membersihkan seluruh badan, langkah selanjutnya adalah menyiramkan air ke seluruh badan sebanyak tiga kali. Pastikan seluruh tubuh terkena air dan tidak terlewatkan. Siram dari bagian kepala hingga ujung kaki.

3.1. FAQ

Pertanyaan Jawaban
Berapa kali harus menyiramkan air ke seluruh badan? Tiga kali.
Apakah boleh membilas air di tempat yang kering? Tidak, harus mengalir atau mengalirkan air ketika membilas bagian tubuh yang hendak dibersihkan.
Bagaimana membilas bagian antara jari-jari kaki dan tangan? Gunakan jari-jari tangan untuk membilas bagian antara jari-jari kaki dan tangan.

4. Rendam Seluruh Badan

Setelah menyiramkan air sebanyak tiga kali, selanjutnya adalah merendam seluruh badan ke dalam air dalam posisi duduk. Rendam seluruh badan selama beberapa detik.

4.1. FAQ

Pertanyaan Jawaban
Berapa lama merendam seluruh badan ke dalam air? Beberapa detik.
Bagaimana posisi saat merendam seluruh badan? Dalam posisi duduk.
Apakah harus merendam seluruh badan dalam satu kali rendaman? Tidak, bisa merendam seluruh badan dalam beberapa kali rendaman.
TRENDING 🔥  Cara Meminjam Uang di Bank

5. Keringkan Seluruh Badan

Setelah merendam seluruh badan, selanjutnya adalah mengelap badan menggunakan handuk hingga kering. Pastikan seluruh bagian tubuh benar-benar kering.

5.1. FAQ

Pertanyaan Jawaban
Bagaimana cara mengelap badan agar benar-benar kering? Menggunakan handuk hingga benar-benar kering.
Dapatkah menggunakan hair dryer untuk mengeringkan badan? Tidak, tidak dianjurkan untuk menggunakan hair dryer atau pengering rambut.
Apakah boleh menggunakan bedak atau lotion setelah mandi wajib? Boleh, asalkan tidak mengandung alkohol.

6. Menyisir Rambut

Setelah selesai mandi wajib, jangan lupa untuk menyisir rambut hingga rapi. Hal ini untuk memastikan tidak ada najis yang tersisa pada rambut.

6.1. FAQ

Pertanyaan Jawaban
Haruskah menyisir rambut setelah mandi wajib? Ya, untuk memastikan tidak ada najis yang tersisa pada rambut.
Bolehkah menggunakan sikat atau sampo khusus setelah mandi wajib? Boleh, namun jangan menggunakan sampo yang mengandung alkohol.
Bagaimana cara menyisir rambut yang benar? Mulai dari akar rambut hingga ujung rambut dengan menggunakan sikat bergigi jarang.

7. Selesai

Sekarang sudah selesai mandi wajib dan kita sudah membersihkan diri dari hadas besar. Dengan melakukan mandi wajib, kita bisa kembali bersih dan siap melaksanakan ibadah.

Bagaimana Cara Mandi Wajib