Cara Bikin File PDF di HP

>Hello Sohib EditorOnline! In this article, we will discuss how to create a PDF file on your smartphone, without the need for a computer or any special software. PDF, or Portable Document Format, is a widely used file format for documents, forms, and ebooks. Creating a PDF file on your mobile device can be very useful, especially when you need to share a document with others or save it for later reference. Here are some methods that you can try to create PDF files on your smartphone.

Metode 1: Menggunakan Aplikasi Pembuat PDF

Salah satu cara termudah untuk membuat file PDF di HP Anda adalah dengan menggunakan aplikasi pembuat PDF. Ada banyak aplikasi gratis dan berbayar yang tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. Di bawah ini, kami akan memberi tahu Anda cara menggunakan beberapa aplikasi pembuat PDF untuk membuat file PDF di HP Anda.

1. Menggunakan Adobe Acrobat Reader

Adobe Acrobat Reader adalah aplikasi PDF yang populer dan sangat berguna untuk membuat file PDF di HP Anda. Di sini adalah cara menggunakannya:

  1. Unduh dan instal Adobe Acrobat Reader di HP Anda dari Google Play Store atau Apple App Store.
  2. Buka dokumen atau file yang ingin Anda konversi ke PDF.
  3. Tap tombol berbentuk tiga titik di atas kanan layar dan pilih “Cetak”.
  4. Pilih “Adobe PDF” dari daftar printer yang tersedia.
  5. Sesuaikan opsi konversi PDF jika diperlukan, seperti ukuran halaman, orientasi, dan kualitas konversi.
  6. Tap “Cetak” untuk membuat file PDF Anda.

Dalam beberapa detik, file PDF Anda akan terbentuk dan disimpan di lokasi yang Anda tentukan. Anda juga dapat membagikan atau menyimpan file PDF tersebut dengan cara yang sama seperti dokumen biasa.

2. Menggunakan Microsoft Office Lens

Microsoft Office Lens adalah aplikasi produk Microsoft yang melengkapi kamera pada ponsel pintar Anda. Dengan aplikasi ini, Anda dapat mengambil gambar dari dokumen Anda kemudian menyimpannya sebagai file PDF. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat file PDF dengan Microsoft Office Lens:

  1. Unduh dan instal Microsoft Office Lens di HP Anda dari Google Play Store atau Apple App Store.
  2. Buka aplikasi dan pilih mode kamera.
  3. Atur sudut pengambilan gambar agar sesuai dengan dokumen yang ingin Anda konversi.
  4. Tap tombol kamera untuk mengambil gambar.
  5. Pilih “Simpan Sebagai PDF” dari opsi penyimpanan yang tersedia.
  6. Sesuaikan opsi konversi PDF jika diperlukan, seperti ukuran halaman dan orientasi.
  7. Tap “Simpan” untuk membuat file PDF Anda.

Dengan Microsoft Office Lens, Anda juga dapat menambahkan efek dan filter untuk memperbaiki kualitas gambar, serta melakukan pemindai otomatis pada gambar untuk meratakan gambar tersebut.

Metode 2: Menggunakan Konverter Online

Jika Anda tidak ingin menginstal aplikasi tambahan di HP Anda, Anda juga dapat menggunakan konverter online untuk membuat file PDF. Konverter online akan mengonversi dokumen atau file yang Anda pilih ke dalam format PDF secara online. Berikut adalah beberapa situs web konverter online yang dapat Anda coba:

TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Santet dari Tubuh: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

1. SmallPDF

SmallPDF adalah layanan konversi online gratis yang dapat digunakan untuk mengubah berbagai dokumen dalam format PDF. Di sini adalah cara menggunakannya:

  1. Buka situs web SmallPDF di browser HP Anda.
  2. Pilih file yang ingin Anda konversi ke PDF dari komputer atau dari penyimpanan cloud seperti Google Drive atau Dropbox.
  3. Tunggu hingga file terunggah ke server SmallPDF dan dikonversi menjadi PDF.
  4. Unduh file PDF yang dihasilkan dan simpan di HP Anda.

SmallPDF juga menyediakan fitur-fitur tambahan seperti penggabungan PDF, pemisahan PDF, dan kompresi PDF, yang semuanya dapat Anda gunakan secara gratis atau dengan berlangganan.

2. Online-Convert

Online-Convert adalah situs web konversi online yang mendukung banyak format file, termasuk dokumen, gambar, dan video. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  1. Buka situs web Online-Convert di browser HP Anda.
  2. Pilih kategori file yang ingin Anda konversi ke PDF.
  3. Pilih file yang ingin Anda konversi atau masukkan URL gambar yang ingin Anda konversi.
  4. Tunggu hingga file terunggah ke server Online-Convert dan dikonversi menjadi PDF.
  5. Unduh file PDF yang dihasilkan dan simpan di HP Anda.

Online-Convert juga menawarkan banyak opsi konversi dan pengaturan lanjutan, seperti ukuran halaman, orientasi, dan kualitas konversi. Selain itu, Online-Convert juga mendukung konversi batch untuk mengonversi banyak file sekaligus.

FAQ: Pertanyaan Yang Sering Diajukan Tentang Cara Bikin File PDF di HP

No Pertanyaan Jawaban
1 Apakah saya memerlukan aplikasi tambahan untuk membuat file PDF di HP? Ya, Anda memerlukan aplikasi pembuat PDF atau konverter online untuk membuat file PDF di HP Anda.
2 Apakah semua aplikasi pembuat PDF dapat digunakan untuk membuat file PDF di HP? Tidak, tidak semua aplikasi pembuat PDF dapat digunakan untuk membuat file PDF di HP. Pastikan aplikasi yang Anda gunakan mendukung fitur konversi PDF di HP.
3 Apakah saya dapat mengedit file PDF yang telah saya buat di HP? Ya, Anda dapat mengedit file PDF dengan menggunakan aplikasi pengedit PDF yang tersedia di Google Play Store atau Apple App Store. Namun, beberapa aplikasi pengedit PDF berbayar.
4 Apakah konverter online gratis dan aman digunakan? Ya, konverter online gratis dapat digunakan dengan aman selama Anda memilih situs web yang tepercaya dan terpercaya.
5 Bagaimana cara mengirim file PDF dari HP? Anda dapat mengirim file PDF dari HP dengan menggunakan email, pesan teks, aplikasi perpesanan online, atau aplikasi berbagi file seperti Google Drive atau Dropbox.

Itulah beberapa cara mudah untuk membuat file PDF di HP Anda. Sebagai kesimpulan, Anda dapat menggunakan aplikasi pembuat PDF, konverter online, atau bahkan Microsoft Office Lens untuk mengonversi file ke dalam format PDF. Semua metode ini cukup mudah dan gratis untuk digunakan. Jika Anda masih memiliki pertanyaan atau masalah dalam membuat file PDF di HP Anda, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Cara Bikin File PDF di HP