Cara Bikin Surat Izin Sekolah karena Sakit

>Hello Sohib EditorOnline! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat surat izin sekolah karena sakit. Kadang-kadang kita tak dapat menghindari sakit yang menyebabkan kita harus absen dari sekolah. Namun, kita juga harus ingat bahwa izin sakit berguna untuk menunjukkan bahwa kita memang benar-benar sakit dan membutuhkan waktu untuk pulih.

Apa Itu Surat Izin Sekolah karena Sakit?

Surat izin sakit adalah surat yang ditujukan kepada pihak sekolah yang memberitahu bahwa siswa mengalami sakit dan tidak dapat hadir ke sekolah. Surat ini digunakan untuk menjelaskan alasan absen siswa dan memberi tahu pihak sekolah tentang lama absennya siswa tersebut. Surat ini juga bisa diminta oleh pihak sekolah sebagai bukti bahwa siswa benar-benar sakit dan tidak membolos.

Kapan Harus Membuat Surat Izin Sakit?

Sebaiknya surat izin sakit dibuat sebelum tanggal absen atau paling lambat pada tanggal keabsenan. Jadi, jika Anda sakit di hari Senin, sebaiknya buat surat izin sakit pada Senin pagi sebelum Anda tidak hadir ke sekolah. Sehingga surat tersebut dapat diberikan ke pihak sekolah sebelum jam pelajaran dimulai.

Apa Saja Yang Perlu Dicantumkan pada Surat Izin Sakit?

Berikut ini adalah informasi yang harus dicantumkan pada surat izin sakit:

Informasi Keterangan
Nama siswa Nama lengkap siswa beserta kelas
Nama orang tua/wali Nama lengkap orang tua/wali beserta nomor telepon yang bisa dihubungi
Tanggal absen Tanggal ketidakhadiran siswa ke sekolah
Alasan sakit Penyebab sakit dan tanda-tanda yang dialami
Nama dokter Nama dokter yang memberikan perawatan dan tindakan
Lama absen Estimasi lama waktu absen yang dibutuhkan

Bagaimana Cara Membuat Surat Izin Sakit?

Berikut ini adalah cara membuat surat izin sakit:

1. Tulis Pada Kertas yang Sesuai

Surat izin sakit sebaiknya ditulis dengan menggunakan kertas yang bersih dan rapi. Pastikan tulisan Anda mudah dibaca dan jangan lupa untuk menambahkan tanggal pembuatan surat.

2. Cantumkan Identitas Siswa

Jangan lupa untuk mencantumkan nama lengkap siswa, kelas dan nomor absen. Ini akan membantu pihak sekolah mengenali Anda dan memproses surat dengan cepat.

3. Jelaskan Alasan Ketidakhadiran

Cantumkan alasan ketidakhadiran, misalnya sakit flu atau demam. Jangan lupa untuk membuktikan penyakit tersebut dengan sertakan nama dokter yang merawat dan memberikan tindakan serta obat.

TRENDING 🔥  Table of Contents

4. Sebutkan Lama Absen

Sebutkan berapa lama Anda akan absen dari sekolah. Ini akan membantu pihak sekolah untuk membuat jadwal pengganti pelajaran atau tugas.

5. Tanda Tangan Orang Tua/Wali

Terakhir, jangan lupa untuk menandatangani surat izin sakit dan minta tanda tangan orangtua/wali sebagai persetujuan. Pastikan juga nomor telepon orangtua/wali tercantum pada surat.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apakah Surat Izin Sakit Dibutuhkan untuk Absen Lebih dari 1 Hari?

Ya, sebaiknya Anda membuat surat izin sakit jika absen lebih dari 1 hari. Hal ini untuk memberi tahu pihak sekolah bahwa Anda memang benar-benar sakit dan membutuhkan waktu untuk pulih. Surat izin sakit juga dapat membantu pihak sekolah untuk mempersiapkan pengganti pelajaran atau tugas.

2. Apakah Surat Izin Sakit Harus Dibuat oleh Dokter?

Tidak selalu. Jika Anda mengalami sakit ringan seperti flu atau demam, Anda bisa membuat surat izin sakit sendiri. Namun, jika Anda mengalami sakit yang lebih serius atau butuh perawatan intensif, maka surat izin sakit harus dibuat oleh dokter yang merawat dan memberikan tindakan serta obat, sehingga surat tersebut dapat menjadi bukti yang sah.

3. Apa Saja yang Harus Dilakukan Setelah Membuat Surat Izin Sakit?

Setelah membuat surat izin sakit, Anda harus menyerahkannya ke pihak sekolah. Jangan lupa untuk memberikan salinan surat kepada orangtua/wali atau menyimpannya sebagai arsip pribadi untuk referensi di kemudian hari. Jika Anda sudah sembuh dan kembali ke sekolah, pastikan untuk mengikuti pelajaran yang telah Anda lewatkan.

Itulah tadi cara bikin surat izin sekolah karena sakit yang harus dilakukan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan beristirahat yang cukup agar tidak terkena sakit lagi. Terima kasih telah membaca!

Cara Bikin Surat Izin Sekolah karena Sakit