Cara Ternak Kenari

>Hello Sohib EditorOnline, if you’re looking to start a kenari breeding business, you’ve come to the right place. This article will guide you through the basics of kenari breeding, from selecting healthy birds to caring for the chicks. Kenari breeding can be a profitable venture if done correctly, and we’re here to help you get started.

Persiapan Ternak Kenari

Sebelum memulai usaha ternak kenari, ada beberapa persiapan yang perlu dilakukan. Pertama-tama, Anda harus memilih jenis kenari yang ingin Anda ternakkan. Ada banyak jenis kenari, dengan warna dan karakteristik yang berbeda. Pilihlah jenis kenari yang paling Anda sukai atau yang memiliki potensi pasar yang tinggi.

Setelah memilih jenis kenari, Anda harus memilih pasangan yang tepat. Pasangkan kenari jantan dengan betina yang sehat dan usianya sekitar 1-3 tahun. Kenari yang terlalu muda atau terlalu tua mungkin tidak akan menghasilkan telur yang baik.

Anda juga harus menyediakan sarana dan prasarana yang cukup untuk kandang kenari. Kandang harus cukup besar untuk menampung pasangan kenari dan anak-anaknya. Pastikan kandang memiliki sirkulasi udara yang baik, suhu yang stabil, dan perlengkapan seperti sarang dan tempat makan/minum.

Setelah semua persiapan selesai, Anda siap untuk memulai usaha ternak kenari.

Pemilihan Kenari Jantan dan Betina

Pemilihan kenari jantan dan betina yang tepat sangat penting untuk mendapatkan hasil ternak yang baik. Ada beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat memilih kenari jantan dan betina:

Faktor Kenari Jantan Kenari Betina
Umur 1-3 tahun 1-3 tahun
Kesehatan Tidak cacat fisik, tidak berkutil, dan tidak terinfeksi penyakit Tidak cacat fisik, tidak berkutil, dan tidak terinfeksi penyakit
Suara Berbicara dengan jelas dan nyaring Berbicara dengan jelas dan nyaring
Bentuk Tubuh Proporsional, tidak terlalu besar atau kecil Proporsional, tidak terlalu besar atau kecil
Warna Sesuai dengan jenis kenari yang dipilih Sesuai dengan jenis kenari yang dipilih

Pilihlah kenari jantan dan betina yang memiliki kriteria di atas agar hasil ternak kenari yang dihasilkan berkualitas.

Proses Pembiakan

Setelah memilih pasangan kenari yang tepat, Anda dapat memulai proses pembiakan. Kenari biasanya mulai bertelur sekitar 7-10 hari setelah pembiakan. Telur akan menetas setelah 13-15 hari, dan anak kenari akan keluar dari sarang setelah 21 hari.

Pastikan Anda memberikan makanan dan minuman yang cukup untuk pasangan kenari dan anak-anaknya. Kenari dapat diberi makanan seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Jangan lupa untuk membersihkan kandang secara teratur dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar.

TRENDING 🔥  Cara Buat Lilin Aromaterapi

Perawatan Kenari Muda

Setelah anak-anak kenari menetas, Anda perlu merawat mereka dengan baik agar tumbuh sehat dan kuat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat merawat kenari muda:

  • Memberikan makanan yang cukup dan sehat
  • Menjaga suhu kandang yang stabil
  • Memberikan tempat yang aman dan nyaman untuk beristirahat
  • Menghindari stres yang berlebihan

Dengan perawatan yang baik, anak kenari akan tumbuh menjadi kenari dewasa yang sehat dan lincah.

Pemasaran Kenari

Setelah Anda memiliki pasangan kenari dan anak-anaknya, Anda dapat memasarkannya ke pasar yang ada. Anda dapat menjual kenari sebagai hewan peliharaan atau sebagai burung kicau yang dilombakan.

Pastikan Anda memiliki dokumen legal seperti surat izin usaha dan surat kesehatan burung sebelum memasarkan kenari. Pasarkan kenari melalui toko hewan peliharaan, pasar burung, atau online melalui situs jual beli.

FAQ

1. Apa itu kenari?

Kenari adalah burung kicau yang berasal dari Kepulauan Canary. Kenari memiliki suara merdu dan warna yang indah, sehingga sering dipelihara sebagai hewan peliharaan atau dilombakan sebagai burung kicau.

2. Apa saja jenis kenari yang tersedia?

Ada banyak jenis kenari, termasuk jenis warna seperti merah, putih, kuning, dan hijau. Ada juga jenis kenari yang memiliki karakteristik seperti jambul atau ekor panjang.

3. Bagaimana cara merawat kenari?

Kenari perlu diberi makanan yang sehat dan cukup, serta air bersih untuk diminum. Kenari juga perlu dijaga kebersihan kandangnya dan dilindungi dari stres atau gangguan dari luar.

4. Berapa lama kenari dapat hidup?

Kenari dapat hidup antara 7-10 tahun dengan perawatan yang baik.

5. Apakah kenari dapat dikawinkan dengan burung lain?

Kenari hanya dapat dikawinkan dengan burung kenari lainnya.

Cara Ternak Kenari