Cara Cek Dana Desa Online 2020

>Hello Sohib EditorOnline, selamat datang di artikel ini tentang cara cek dana desa online 2020. Seiring dengan perkembangan teknologi, pemerintah Indonesia memudahkan masyarakat untuk mengakses informasi tentang dana desa secara online. Namun, masih banyak masyarakat yang belum tahu bagaimana cara mengakses informasi tersebut. Oleh karena itu, kami akan memberikan panduan lengkap cara cek dana desa online 2020.

Apa itu Dana Desa?

Dana Desa adalah dana yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui dana alokasi umum (DAU) kepada pemerintah desa/kelurahan yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan di desa/kelurahan tersebut. Dana desa diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur, peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, dan pengembangan ekonomi desa.

Infrastruktur

Dana desa digunakan untuk membangun infrastruktur yang dibutuhkan di desa/kelurahan seperti jalan, jembatan, saluran air, dan lain-lain. Infrastruktur ini berguna untuk meningkatkan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat desa/kelurahan, sehingga dapat mempermudah kegiatan ekonomi, sosial, dan budaya.

Selain itu, pembangunan infrastruktur juga dapat mempercepat penyelesaian masalah kekurangan air, banjir, dan lain-lain yang sering terjadi di desa/kelurahan.

Kesejahteraan Masyarakat

Dana desa juga digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa/kelurahan dengan cara memberikan bantuan sosial, membangun rumah layak huni, dan meningkatkan akses pendidikan dan kesehatan. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kesenjangan sosial antara desa dan kota.

Pengembangan Ekonomi Desa

Dana desa juga dapat digunakan untuk meningkatkan pengembangan ekonomi desa/kelurahan dengan cara memberikan modal usaha, mengembangkan potensi pertanian dan perikanan, dan meningkatkan akses pasar. Dengan adanya pengembangan ekonomi desa, diharapkan dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa/kelurahan dan mengurangi kemiskinan.

Cara Cek Dana Desa Online 2020

Untuk mengetahui jumlah dana desa yang telah diterima oleh desa/kelurahan di Indonesia, Anda dapat melakukan cek dana desa online 2020. Berikut adalah panduan lengkap cara cek dana desa online 2020:

Langkah 1: Kunjungi Website Resmi Dana Desa

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunjungi website resmi dana desa di https://e-danadesa.kemendesa.go.id/. Setelah itu, klik menu “Informasi Dana Desa” pada menu utama.

Langkah 2: Pilih Provinsi, Kabupaten/Kota, dan Desa/Kelurahan

Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta memilih provinsi, kabupaten/kota, dan desa/kelurahan yang ingin Anda cek. Setelah itu, klik tombol “Cari”.

Langkah 3: Cek Informasi Dana Desa

Setelah itu, sistem akan menampilkan informasi jumlah dana desa yang telah diterima oleh desa/kelurahan yang Anda pilih. Informasi yang ditampilkan meliputi jumlah dana desa yang telah diterima, keterangan penggunaan dana desa, dan kegiatan pembangunan yang telah dilakukan. Selain itu, Anda juga dapat melihat foto-foto kegiatan pembangunan yang telah dilakukan di desa/kelurahan tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Menghubungkan Facebook ke Instagram

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apa itu Dana Desa? Dana Desa adalah dana yang diberikan oleh pemerintah pusat melalui dana alokasi umum (DAU) kepada pemerintah desa/kelurahan yang tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan di desa/kelurahan tersebut. Dana desa diperuntukkan untuk pembangunan infrastruktur, peningkatan kesejahteraan masyarakat desa, dan pengembangan ekonomi desa.
Bagaimana cara cek dana desa online? Anda dapat melakukan cek dana desa online dengan mengunjungi website resmi dana desa di https://e-danadesa.kemendesa.go.id/
Apa saja yang dapat diinformasikan dari cek dana desa online? Informasi yang dapat diinformasikan dari cek dana desa online meliputi jumlah dana desa yang telah diterima oleh desa/kelurahan, keterangan penggunaan dana desa, dan kegiatan pembangunan yang telah dilakukan.

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap cara cek dana desa online 2020. Dengan adanya informasi ini, masyarakat dapat lebih mudah memantau penggunaan dana desa dan memastikan bahwa dana desa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pembangunan di desa/kelurahan. Semoga informasi ini bermanfaat!

Cara Cek Dana Desa Online 2020