Cara Investasi Bitcoin

>Hello Sohib EditorOnline, jika kamu ingin memulai berinvestasi tapi belum tahu harus memulai dari mana, investasi bitcoin bisa menjadi pilihan yang menarik. Bitcoin merupakan salah satu aset digital yang semakin populer akhir-akhir ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang cara investasi bitcoin dengan mudah. Yuk, simak artikel ini sampai habis!

Apa itu Bitcoin?

Sebelum membahas tentang cara investasi bitcoin, kita harus tahu dulu apa itu bitcoin. Bitcoin adalah aset digital yang diciptakan oleh seseorang atau kelompok orang yang menggunakan pseudonim Satoshi Nakamoto. Bitcoin diciptakan pada tahun 2009 dan sejak saat itu menjadi salah satu aset digital yang paling populer di dunia.

Bitcoin berbeda dengan uang konvensional karena tidak ada pihak tertentu yang mengendalikan mata uang ini. Selain itu, bitcoin juga dapat digunakan untuk melakukan transaksi online. Pengguna bitcoin dapat mengirim bitcoin ke orang lain di seluruh dunia dengan biaya yang relatif rendah.

Kenapa Harus Investasi Bitcoin?

Sekarang, kamu mungkin bertanya-tanya kenapa harus berinvestasi bitcoin? Ada beberapa alasan kenapa kamu harus mempertimbangkan investasi di bitcoin, yaitu:

Alasan Keterangan
Mata Uang Desentralisasi Bitcoin tidak tergantung pada bank atau lembaga keuangan, sehingga nilainya tidak dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah atau perubahan suku bunga.
Potensi Profit Tinggi Harga bitcoin cenderung naik dari waktu ke waktu, sehingga ada potensi untuk mendapatkan keuntungan yang tinggi jika kamu membeli bitcoin di harga yang rendah dan menjualnya di harga yang tinggi.
Investasi Jangka Panjang Jika kamu berinvestasi di bitcoin dengan jangka waktu yang panjang, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar karena harga bitcoin cenderung naik dari tahun ke tahun.
Ketahanan Inflasi Karena jumlah bitcoin yang tersedia terbatas, bitcoin dianggap sebagai aset yang tahan inflasi yang baik.

Cara Investasi Bitcoin

Berikut adalah cara investasi bitcoin yang dapat kamu ikuti:

1. Pilih Platform Trading Bitcoin

Pertama-tama, kamu harus memilih platform trading bitcoin yang dapat kamu gunakan untuk membeli dan menjual bitcoin. Beberapa platform trading bitcoin populer di Indonesia antara lain: Indodax, Luno, dan Tokocrypto. Pilih platform yang paling sesuai dengan kebutuhanmu.

2. Daftar dan Verifikasi Akun

Setelah memilih platform trading bitcoin, kamu harus mendaftar dan verifikasi akun. Langkah ini biasanya melibatkan verifikasi identitas kamu, seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Paspor. Pastikan kamu mengikuti langkah-langkah verifikasi dengan benar agar akunmu dapat segera diverifikasi.

3. Tambahkan Dana ke Akunmu

Setelah akunmu diverifikasi, kamu dapat menambahkan dana ke akunmu. Platform trading bitcoin biasanya menyediakan beberapa metode pembayaran yang dapat kamu gunakan, seperti transfer bank atau kartu kredit.

TRENDING 🔥  Cara Mengirim Surat Lewat Pos

4. Beli Bitcoin

Setelah menambahkan dana ke akunmu, kamu dapat membeli bitcoin. Pastikan kamu memilih harga yang tepat dan jumlah yang sesuai dengan kebutuhanmu. Perhatikan juga biaya transaksi yang akan dikenakan oleh platform trading.

5. Simpan Bitcoin di Wallet

Setelah membeli bitcoin, kamu harus menyimpannya di wallet. Wallet adalah tempat penyimpanan bitcoin yang aman. Ada beberapa jenis wallet yang dapat kamu gunakan, seperti wallet hardware atau wallet software. Pilih wallet yang sesuai dengan kebutuhanmu.

FAQ tentang Investasi Bitcoin

Apa Risiko Investasi Bitcoin?

Terdapat beberapa risiko yang perlu kamu perhatikan jika ingin berinvestasi bitcoin, yaitu:

  • Volatilitas tinggi: Harga bitcoin cenderung fluktuatif, sehingga kamu harus siap menghadapi perubahan harga yang tiba-tiba.
  • Keamanan: Bitcoin rentan terhadap serangan hacker dan pencurian.
  • Pasar yang tidak teratur: Pasar bitcoin masih belum diatur dengan baik, sehingga kamu harus memperhatikan peraturan yang ada di negara kamu.

Apakah Bitcoin Legal di Indonesia?

Bitcoin belum diatur secara resmi di Indonesia, sehingga tidak dapat dianggap sebagai mata uang yang sah. Namun, Bank Indonesia telah mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan bahwa bitcoin bukanlah mata uang yang diakui oleh pemerintah.

Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Mendapatkan Keuntungan dari Investasi Bitcoin?

Waktu yang dibutuhkan untuk mendapatkan keuntungan dari investasi bitcoin berbeda-beda tergantung pada berbagai faktor, seperti harga bitcoin, waktu investasi, dan kondisi pasar. Namun, jika kamu berinvestasi dengan jangka waktu yang panjang, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang signifikan.

Apakah Investasi Bitcoin Aman?

Investasi bitcoin memiliki risiko yang cukup tinggi, namun kamu dapat mengurangi risiko dengan melakukan langkah-langkah keamanan yang benar, seperti menyimpan bitcoin di wallet yang aman dan mengikuti aturan-aturan yang ada di platform trading bitcoin.

Bagaimana Cara Menjual Bitcoin?

Untuk menjual bitcoin, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka platform trading bitcoin dan login ke akunmu.
  2. Pilih menu jual/penjualan dan pilih bitcoin yang akan dijual.
  3. Tentukan harga jual bitcoin.
  4. Konfirmasi penjualan bitcoin.
  5. Tunggu sampai bitcoinmu terjual dan uang masuk ke akunmu.

Kesimpulan

Investasi bitcoin bisa menjadi pilihan yang menarik untuk kamu yang ingin memulai berinvestasi. Namun, sebelum memulai investasi, pastikan kamu memahami dengan baik risiko yang ada dan cara-cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi risiko tersebut. Dengan berinvestasi dengan benar, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang signifikan dari investasi bitcoin.

Cara Investasi Bitcoin