Cara Melihat Sandi Wifi di Laptop

>Hello Sohib EditorOnline, we all know how frustrating it can be when you forget the password to your Wi-Fi. Fortunately, there are several ways to recover the Wi-Fi password on your laptop. In this article, we will show you how to find your Wi-Fi password using various techniques.

1. Menggunakan Command Prompt

Jika kamu pernah terhubung ke wifi dan ingin mengetahui sandi wifi yang tersimpan di laptop, kamu bisa menggunakan command prompt untuk mengekstrak informasi tersebut.

Pertama-tama, buka Command Prompt dengan menggunakan Run (Windows+R). Kemudian ketik “cmd” untuk membukanya. Setelah itu, ketik “netsh wlan show profile” untuk menampilkan daftar profil Wi-Fi yang ada di laptop kamu. Kemudian ketik “netsh wlan show profile [nama wifi] key=clear” untuk melihat sandi wifi.

Metode ini hanya berfungsi jika kamu pernah terhubung dengan jaringan Wi-Fi tersebut sebelumnya. Jika tidak, kamu harus mencoba metode selanjutnya.

2. Menggunakan Control Panel

Jika kamu ingin mengetahui sandi Wi-Fi yang tersimpan di laptop kamu tanpa menggunakan command prompt, kamu bisa menggunakan Control Panel.

Pertama-tama, buka Control Panel dengan cara menekan tombol Windows+X kemudian pilih Control Panel. Setelah itu, klik “Network and Sharing Center” dan pilih “Change adapter settings”. Kemudian klik kanan pada jaringan Wi-Fi dan pilih “Status”. Setelah itu, klik “Wireless Properties” dan pilih tab “Security”. Di bawah “Network security key” kamu akan melihat sandi Wifi yang tersimpan.

3. Melihat Sandi Wifi di Router

Jika kamu tidak bisa menemukan sandi Wi-Fi di laptop kamu, kamu bisa mencoba mengkonsultasikan ke router. Buka browser kamu dan ketik alamat IP router (biasanya 192.168.1.1 atau 192.168.0.1) pada kolom URL. Kemudian masukkan nama pengguna dan sandi untuk login.

Setiap router memiliki tampilan yang berbeda, namun kamu harus mencari bagian “Wireless” dan kemudian “Wireless Security”. Di sini kamu akan menemukan sandi Wifi yang kamu cari.

4. Menyambungkan Laptop ke Printer dengan Wi-Fi Direct

Jika kamu mempunyai printer yang dilengkapi Wi-Fi direct, kamu bisa menggunakan fitur ini untuk mencari sandi Wi-Fi.

Pertama, nyalakan printer dan pastikan kamu di posisi dekat dengan printer. Kemudian nyalakan laptop kamu. Setelah itu, masuk ke Control Panel dan pilih “Devices and Printers”. Kemudian klik “Add a printer” dan pilih printer yang ingin kamu hubungkan. Kemudian ikuti instruksi untuk menyambungkan laptop ke printer menggunakan Wi-Fi Direct. Setelah itu, kamu akan melihat sandi Wi-Fi yang terhubung dengan printer tersebut.

TRENDING 🔥  Cara Menghapus History Pencarian Google Untuk Menjaga Privasi Anda

FAQ

Tanya: Apakah mungkin bagi saya untuk melihat sandi Wi-Fi dari jaringan orang lain?
Jawab: Tidak. Melihat sandi Wi-Fi jaringan orang lain tanpa izin adalah tindakan ilegal.
Tanya: Bisakah saya melihat sandi Wi-Fi di laptop tanpa login ke router?
Jawab: Tidak ada cara untuk melihat sandi Wi-Fi tanpa masuk ke router atau terhubung dengan jaringan sebelumnya.
Tanya: Bagaimana jika saya tidak mengetahui alamat IP router saya?
Jawab: Kamu bisa mencari alamat IP router kamu di buku manual atau mencarinya online dengan menggunakan merek dan model router kamu.
Tanya: Apakah metode Wi-Fi Direct selalu dapat digunakan?
Jawab: Tidak semua printer mendukung Wi-Fi Direct. Pastikan printer kamu dilengkapi dengan fitur ini sebelum mencoba metode ini.

Cara Melihat Sandi Wifi di Laptop