Cara Melihat WA yang Sudah Dihapus

>Halo Sohib EditorOnline, apa kabar? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Sebelum itu, mari kita bahas sedikit tentang fitur hapus pesan yang disediakan oleh WhatsApp.

Apa itu Fitur Hapus Pesan di WhatsApp?

Fitur hapus pesan di WhatsApp memungkinkan pengguna untuk menghapus pesan yang telah terkirim dari perangkat lawan bicara. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna yang ingin menghapus pesan yang salah kirim atau pesan yang tidak ingin terbaca oleh orang lain.

Namun, fitur hapus pesan ini memiliki keterbatasan. Pesan yang sudah dihapus hanya bisa dihapus dari perangkat sendiri, dan tidak bisa dihapus dari perangkat lawan bicara. Jadi, jika pesan sudah terkirim dan dibaca oleh lawan bicara, maka pesan tersebut sudah tidak bisa dihapus lagi.

Jadi, bagaimana cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus? Mari kita bahas satu per satu.

1. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Cara pertama yang bisa dilakukan untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Notification History atau WhatsRemoved+.

Dua aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk melihat pesan yang sudah dihapus dari notifikasi yang masuk ke smartphone. Namun, aplikasi ini memiliki kelemahan yaitu harus diinstal sebelum pesan dihapus. Jadi, jika pesan sudah dihapus sebelum aplikasi diinstal, maka pesan tersebut tidak bisa dilihat lagi.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Pihak Ketiga

Kelebihan Kekurangan
Memungkinkan pengguna untuk melihat pesan yang sudah dihapus Harus diinstal sebelum pesan dihapus
Gratis Banyak iklan
Memiliki antarmuka yang mudah digunakan Membutuhkan izin akses ke notifikasi dan penyimpanan

2. Gunakan Fitur Backup WhatsApp

Cara kedua untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus adalah dengan menggunakan fitur backup WhatsApp. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memulihkan pesan yang sudah dihapus dari backup yang telah dibuat sebelumnya.

Namun, fitur backup WhatsApp memiliki kelemahan yaitu tidak semua pesan disimpan dalam backup. Hanya pesan yang masih tersimpan dalam waktu 7 hari terakhir yang bisa dipulihkan dari backup. Jadi, jika pesan yang ingin dilihat sudah lebih dari 7 hari yang lalu, maka fitur ini tidak bisa digunakan.

Kelebihan dan Kekurangan Fitur Backup WhatsApp

Kelebihan Kekurangan
Memungkinkan pengguna untuk memulihkan pesan yang sudah dihapus Hanya pesan yang tersimpan dalam waktu 7 hari terakhir yang bisa dipulihkan
Mudah digunakan Membutuhkan penyimpanan yang cukup besar untuk menyimpan backup
Fitur backup sudah disediakan oleh WhatsApp Membutuhkan waktu untuk memulihkan backup
TRENDING 🔥  Cara Mengelola Uang dengan Baik

3. Tanyakan ke Lawan Bicara

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus adalah dengan menanyakan langsung ke lawan bicara. Jika pesan yang dihapus oleh lawan bicara tidak terlalu penting, maka lawan bicara mungkin akan memberikan jawaban yang jujur.

Namun, jika pesan yang dihapus oleh lawan bicara cukup penting, mungkin lawan bicara tidak akan memberikan jawaban yang jujur atau tidak akan menjawab sama sekali. Jadi, cara ini sebaiknya hanya dilakukan jika pesan yang ingin dilihat tidak terlalu penting.

FAQ

1. Apakah pesan yang sudah dihapus benar-benar terhapus?

Pesan yang sudah dihapus hanya terhapus dari perangkat pengirim, namun masih terlihat di perangkat lawan bicara. Jadi, pesan tersebut tidak benar-benar terhapus dari server WhatsApp.

2. Apakah aplikasi pihak ketiga aman digunakan?

Beberapa aplikasi pihak ketiga mungkin memiliki risiko keamanan. Oleh karena itu, sebelum menginstal aplikasi pihak ketiga, sebaiknya cek reputasi aplikasi tersebut dan pastikan aplikasi tersebut aman digunakan.

3. Apakah fitur backup WhatsApp harus diaktifkan terlebih dahulu?

Ya, fitur backup WhatsApp harus diaktifkan terlebih dahulu sebelum pesan dihapus agar pesan yang sudah dihapus bisa dipulihkan dari backup yang telah dibuat sebelumnya.

4. Apakah fitur backup WhatsApp membutuhkan waktu yang lama untuk dipulihkan?

Waktu yang dibutuhkan untuk memulihkan backup tergantung pada ukuran backup dan kecepatan internet yang digunakan.

5. Apakah cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga?

Ya, cara melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus juga bisa dilakukan tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga dengan menggunakan fitur backup WhatsApp atau dengan menanyakan langsung ke lawan bicara.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melihat pesan WhatsApp yang sudah dihapus. Setiap cara memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, jadi pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih telah membaca artikel ini, Sohib EditorOnline!

Cara Melihat WA yang Sudah Dihapus