Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan

>Halo Sohib EditorOnline, apakah mesin cuci bukaan depan Anda mulai terlihat kotor dan tidak berfungsi dengan baik? Mesin cuci adalah salah satu perangkat rumah tangga yang sering digunakan dan harus dijaga dengan baik agar tetap bekerja secara optimal. Salah satu cara untuk menjaga mesin cuci Anda adalah dengan merawat dan membersihkannya secara teratur.

Apa itu Mesin Cuci Bukaan Depan?

Mesin cuci bukaan depan adalah mesin cuci yang pintunya terletak di bagian depan mesin. Jenis mesin cuci ini umumnya lebih efisien dan hemat energi daripada mesin cuci bukaan atas. Mesin cuci bukaan depan memiliki pintu besar yang memudahkan Anda dalam memasukkan dan mengeluarkan pakaian Anda.

Mengapa Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan Penting?

Membersihkan mesin cuci bukaan depan secara teratur dapat memperpanjang masa pakai mesin cuci Anda dan mencegah terjadinya kerusakan. Selain itu, mesin cuci yang bersih dapat mengurangi risiko kuman dan bakteri yang dapat menyebar ke pakaian Anda saat dicuci.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Alat Bahan
Sikat gigi bekas Sabun cuci piring
Handuk bersih Soda kue
Selang kencang Asam sitrat

Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan

1. Bersihkan Sisa Pakaian dari Pintu dan Karet Pintu

Selalu pastikan bahwa pintu mesin cuci bukaan depan Anda terbuka ketika mesin cuci tidak digunakan. Jika ada sisa pakaian atau serpihan, bersihkan dengan sapu tangan atau lap kering. Hal ini mencegah kotoran menumpuk dan menghalangi pintu mesin cuci Anda dapat terbuka dengan benar.

2. Bersihkan Karet Pintu

Karet pintu mesin cuci bukaan depan dapat menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri. Bersihkan karet pintu dengan menggunakan sabun cuci piring dan sikat gigi bekas. Sikat dengan lembut dan keringkan dengan handuk bersih. Pastikan untuk membersihkan semua lipatan dan celah di karet pintu mesin cuci Anda.

3. Bersihkan Filter Mesin Cuci

Filter mesin cuci perlu dibersihkan secara teratur agar mesin cuci Anda tetap berfungsi dengan baik. Untuk membersihkan filter, lepaskan filter dari pintu mesin cuci dan bersihkan dengan air mengalir. Jangan lupa untuk membersihkan sisa kotoran yang mungkin menempel di sekitar filter.

TRENDING 🔥  Cara Reset Remote Mobil: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

4. Bersihkan Bak Cuci

Bersihkan bak cuci mesin cuci Anda dengan menggunakan campuran air hangat dan soda kue. Rendam selama 30 menit dan gosok dengan sikat gigi bekas. Setelah itu, bilas dengan air mengalir dan keringkan dengan handuk bersih.

5. Jalankan Siklus Pembersih

Banyak mesin cuci bukaan depan memiliki siklus pembersih yang dapat membantu membersihkan mesin cuci. Gunakan asam sitrat atau produk pembersih khusus mesin cuci dan jalankan siklus pembersih.

FAQ

1. Berapa sering sebaiknya membersihkan mesin cuci bukaan depan?

Idealnya, mesin cuci bukaan depan harus dibersihkan setiap 6 bulan sekali. Namun, jika Anda menggunakan mesin cuci secara intensif atau memiliki anggota keluarga yang alergi, sebaiknya membersihkan mesin cuci setiap 3 bulan.

2. Apakah saya perlu menggunakan produk pembersih khusus mesin cuci?

Anda dapat menggunakan asam sitrat atau soda kue sebagai alternatif produk pembersih khusus mesin cuci. Namun, pastikan untuk membaca petunjuk pada produk sebelum menggunakannya.

3. Apa yang harus dilakukan jika mesin cuci bukaan depan saya masih terlihat kotor setelah dibersihkan?

Jika mesin cuci bukaan depan Anda masih terlihat kotor setelah dibersihkan, sebaiknya hubungi teknisi agar dapat memeriksa apakah ada masalah lain yang menyebabkannya.

Cara Membersihkan Mesin Cuci Bukaan Depan