Cara Membuat Google Slides

>Hello Sohib EditorOnline, apa kabar? Sudah tahu belum cara membuat Google Slides? Sebagai seorang profesional atau pelajar, Google Slides merupakan salah satu platform yang sangat berguna untuk membuat presentasi. Di artikel ini, kita akan membahas tentang cara membuat Google Slides yang mudah dan sederhana. Yuk, mari kita mulai!

Pendahuluan

Google Slides adalah aplikasi presentasi online gratis dari Google. Anda dapat mengaksesnya melalui akun Google Drive Anda. Selain itu, ada juga fitur kolaborasi yang memungkinkan orang lain untuk berkontribusi dalam presentasi Anda, baik itu melalui sharing atau kolaborasi secara langsung. Tidak perlu mengunduh aplikasi, karena Google Slides dapat diakses di browser apa pun.

Kapan Menggunakan Google Slides?

Sebelum memulai, kita harus tahu kapan harus menggunakan Google Slides. Google Slides ideal untuk presentasi yang bersifat:

  • Kolaboratif
  • Online
  • Tidak terlalu rumit
  • Memiliki banyak gambar atau grafik

Langkah 1: Buka Google Slides

Untuk memulai, kita harus membuka Google Slides terlebih dahulu. Setelah masuk ke Google Drive, klik pada tombol “New” dan pilih “Google Slides”.

Langkah 2: Pilih Tema

Google Slides memiliki banyak tema yang sudah disediakan yang bisa digunakan sebagai template presentasi. Pilih tema yang sesuai dengan topik presentasi Anda. Cukup klik pada tema yang diinginkan dan otomatis tema tersebut akan teraplikasi pada presentasi Anda.

Langkah 3: Tambahkan Slide

Setelah memilih tema, kita dapat menambahkan slide baru untuk presentasi. Caranya, klik pada tombol “New Slide” di sisi kiri layar. Anda dapat menambahkan berbagai jenis slide, seperti slide teks, slide gambar, slide grafik, dan lain-lain. Pilihlah jenis slide yang sesuai dengan konten presentasi Anda.

Langkah 4: Desain Slide

Setelah menambahkan slide, kita dapat mendesain slide tersebut. Google Slides menyediakan banyak sekali pilihan untuk desain slide, mulai dari font, ukuran teks, warna, hingga pengaturan latar belakang slide.

Langkah 5: Tambahkan Teks dan Gambar

Selanjutnya, kita dapat menambahkan teks dan gambar pada slide tersebut. Caranya, klik pada slide yang ingin ditambahkan teks atau gambar, kemudian klik pada elemen tersebut dan mulai mengetik atau meng-upload gambar yang ingin ditambahkan. Google Slides juga menyediakan fitur untuk mengatur posisi dan ukuran elemen tersebut agar sesuai dengan keinginan Anda.

Langkah 6: Tambahkan Grafik

Jika presentasi memiliki banyak data atau angka, Google Slides menyediakan fitur grafik untuk memvisualisasikan data tersebut. Klik pada slide yang ingin ditambahkan grafik, kemudian klik pada tombol “Chart” untuk menambahkan grafik. Pilih jenis grafik yang sesuai dengan data yang ingin ditampilkan. Setelah itu, masukkan data yang ingin ditampilkan pada grafik tersebut.

Langkah 7: Tambahkan Animasi

Google Slides juga menyediakan fitur animasi untuk membuat presentasi menjadi lebih interaktif. Anda dapat menambahkan efek animasi pada teks atau gambar dengan cara klik pada elemen tersebut, kemudian pilih fitur animasi yang diinginkan dalam menu “Animations”. Berikanlah animasi yang tidak terlalu mencolok agar presentasi tetap profesional.

TRENDING 🔥  Cara Meningkatkan Kapabilitas Diri sebagai Kepala Sekolah

Langkah 8: Tambahkan Komentar

Jika Anda ingin meminta tanggapan atau masukan dari orang lain mengenai presentasi Anda, Google Slides juga memiliki fitur komentar. Anda dapat menambahkan komentar pada slide tertentu dengan cara klik pada tombol “Comment” di bagian kanan layar. Orang lain yang memiliki akses ke presentasi tersebut juga dapat menambahkan komentar pada slide yang sama.

Langkah 9: Bagikan Presentasi

Setelah selesai membuat presentasi, kita dapat membagikan presentasi tersebut dengan orang lain. Caranya, klik pada tombol “Share” di bagian kanan atas layar. Anda dapat memilih untuk membagikan presentasi tersebut melalui email, tautan, atau membuat salinan presentasi untuk orang lain. Jangan lupa untuk memilih opsi editing atau hanya view saja, tergantung pada kebutuhan presentasi Anda.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah Google Slides gratis? Ya, Google Slides adalah aplikasi presentasi online gratis dari Google.
Bisakah saya menggunakan Google Slides tanpa akun Google? Tidak, Anda perlu memiliki akun Google untuk mengakses Google Slides.
Bisakah saya mengunduh presentasi yang telah saya buat di Google Slides? Ya, Anda dapat mengunduh presentasi tersebut dalam format PowerPoint atau PDF.
Apakah Google Slides dapat digunakan secara offline? Tidak, Google Slides membutuhkan koneksi internet untuk digunakan.
Apakah saya dapat mengedit presentasi bersama dengan orang lain di Google Slides? Ya, Google Slides memiliki fitur kolaborasi yang memudahkan orang-orang untuk berkontribusi pada presentasi yang sama.

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu cara membuat Google Slides yang mudah dan sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat presentasi yang menarik dan efektif. Ingatlah bahwa Google Slides memiliki banyak fitur yang berguna, mulai dari tema, desain slide, hingga fitur kolaborasi. Selamat mencoba!

Cara Membuat Google Slides