Cara Membuat Kemoceng dari Tali Rafia

>Hello Sohib EditorOnline, kita akan membahas cara membuat kemoceng dari tali rafia. Kemoceng atau sapu adalah salah satu alat kebersihan yang wajib ada di rumah. Selain membersihkan debu, kemoceng juga dapat digunakan untuk membersihkan lantai. Namun, dengan harga yang cukup mahal, membuat kemoceng sendiri dari tali rafia bisa menjadi solusi yang lebih hemat.

Apa itu Tali Rafia?

Tali rafia adalah bahan yang biasanya digunakan untuk membungkus barang atau membuat kerajinan tangan. Tali rafia memiliki ciri khas berupa serat yang tebal dan kuat sehingga bisa digunakan untuk membuat kemoceng.

Kelebihan Tali Rafia

Salah satu kelebihan tali rafia adalah bisa didapatkan dengan harga yang relatif murah dan mudah ditemukan di toko-toko bahan kerajinan. Selain itu, tali rafia juga memiliki serat yang cukup kuat sehingga tahan lama dan cocok digunakan sebagai bahan baku kemoceng.

Kekurangan Tali Rafia

Kekurangan dari tali rafia adalah mudah terurai dan rusak jika terkena air. Oleh karena itu, sebaiknya jangan digunakan untuk membersihkan kotoran yang basah. Tali rafia juga tidak bisa menjangkau bagian yang sempit atau sulit dijangkau.

Membuat Kemoceng dari Tali Rafia

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kemoceng dari tali rafia:

1. Siapkan Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah tali rafia, kayu atau bambu sebagai pegangan, gunting, dan benang. Pastikan tali rafia yang dipilih cukup banyak untuk membuat sapu yang cukup besar.

2. Potong Tali Rafia

Potong tali rafia menjadi beberapa bagian dengan panjang yang sama. Panjangnya dapat disesuaikan dengan ukuran kemoceng yang akan dibuat. Pastikan jumlah potongan yang dipotong cukup untuk membuat kemoceng yang cukup tebal.

3. Lipat Tali Rafia

Lipat setiap potongan tali rafia menjadi dua bagian. Letakkan dua potongan tali rafia dengan posisi yang sama dan berlawanan arah. Satukan dan jepit bagian tengahnya dengan jari telunjuk dan jari tengah.

4. Ikatan Tali Rafia

Buat ikatan simpul tali rafia pada bagian tengahnya dengan menggunakan benang. Pastikan simpul benang cukup kuat agar tali rafia tidak mudah lepas. Ulangi langkah ini pada semua potongan tali rafia yang sudah dilipat.

5. Susun Potongan Tali Rafia

Susun semua potongan tali rafia yang sudah diikat simpul menjadi satu berdampingan dengan ujung-ujung simpul yang sama berada satu arah.

6. Ikat Tali Rafia

Ikat semua ujung tali rafia yang sudah disusun menjadi satu dengan benang. Pastikan benang cukup kuat dan rapih agar tali rafia tidak mudah lepas. Jika sudah, potong ujung tali rafia yang masih panjang.

TRENDING 🔥  Cara Menghapus Akun: Panduan Lengkap untuk Sohib EditorOnline

7. Pasang Pegangan

Sebelum dipakai, pasang kayu atau bambu sebagai pegangan pada ujung tali rafia yang belum diikat. Pastikan pegangan cukup kuat menahan sapu yang telah dibuat.

FAQ

Pertanyaan Jawaban
Apakah tali rafia tahan lama? Ya, tali rafia bisa tahan lama jika digunakan dengan baik dan tidak terkena air.
Apakah tali rafia bisa digunakan untuk membersihkan lantai yang basah? Tidak. Tali rafia mudah terurai dan rusak jika terkena air. Sebaiknya jangan digunakan untuk membersihkan kotoran yang basah.
Apakah tali rafia cocok untuk membuat kemoceng? Ya, tali rafia memiliki serat yang cukup kuat sehingga tahan lama dan cocok digunakan sebagai bahan baku kemoceng.

Kesimpulan

Membuat kemoceng dari tali rafia tidaklah sulit dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Dengan harga yang relatif murah, kemoceng yang terbuat dari tali rafia bisa menjadi solusi yang lebih hemat dan bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama. Namun, perlu diingat bahwa tali rafia tidak bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang basah dan tidak bisa menjangkau bagian yang sempit atau sulit dijangkau. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin mencoba membuat kemoceng dari tali rafia.

Cara Membuat Kemoceng dari Tali Rafia