Cara Membuat Stiker untuk Jualan

>Hello Sohib EditorOnline! Apakah kamu memiliki bisnis jualan online? Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan dalam berjualan online adalah branding. Salah satu cara untuk memperkuat branding adalah dengan membuat stiker yang bisa kamu tempelkan pada produkmu, kemasan, atau bahkan pada kotak pengiriman. Bagaimana cara membuat stiker untuk jualan? Simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Tentukan Jenis Stiker yang Akan Dibuat

Sebelum membuat stiker, pertama-tama kamu perlu menentukan jenis stiker yang akan dibuat. Apakah stiker ini akan berbentuk logo atau gambar lainnya? Apakah ukurannya standar atau spesial? Apakah stiker ini hanya untuk digunakan dalam satu event atau bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama? Jawaban dari pertanyaan-pertanyaan ini akan membantu kamu menentukan jenis stiker yang tepat untuk bisnismu.

1.1 Jenis Stiker Berdasarkan Bahan

Stiker dapat dibuat dari berbagai jenis bahan. Beberapa di antaranya adalah:

Jenis Bahan Kelebihan Kekurangan
Kertas Murah dan mudah didapatkan Tidak tahan air dan kurang tahan lama
PVC Tahan air dan tahan lama Lebih mahal daripada kertas
Vinyl Tahan air, tahan lama, dan fleksibel Sangat mahal

1.2 Jenis Stiker Berdasarkan Fungsinya

Stiker juga dapat dibedakan berdasarkan fungsinya. Beberapa di antaranya adalah:

  • Stiker logo: stiker ini berisi logo bisnis kamu dan biasanya digunakan untuk branding.
  • Stiker promosi: stiker ini berisi informasi promosi atau diskon yang sedang berlangsung. Biasanya stiker ini ditempelkan pada kemasan produk.
  • Stiker pengiriman: stiker ini berisi informasi pengiriman seperti alamat tujuan, nomor resi, dan sebagainya. Biasanya stiker ini ditempelkan pada kotak pengiriman.

2. Desain Stiker yang Menarik

Setelah menentukan jenis stiker yang akan dibuat, langkah berikutnya adalah mendesain stiker. Pastikan desain stiker yang kamu buat menarik perhatian dan sesuai dengan branding bisnismu. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam mendesain stiker antara lain:

2.1 Ukuran dan Resolusi

Pastikan ukuran dan resolusi gambar yang kamu gunakan sesuai dengan ukuran stiker yang akan dibuat. Jangan gunakan gambar yang terlalu rendah resolusinya karena hasil cetak stiker akan menjadi pecah dan tidak jelas.

2.2 Warna dan Kontras

Gunakan warna dan kontras yang sesuai agar desain stiker terlihat menarik dan mudah dibaca. Pastikan juga warna dan kontras yang kamu gunakan sesuai dengan branding bisnismu.

2.3 Teks dan Font

Pilih font yang mudah dibaca dan sesuai dengan tema bisnismu. Pastikan ukuran font yang kamu gunakan cukup besar agar mudah dibaca. Hindari penggunaan font yang terlalu kecil atau terlalu rumit.

TRENDING 🔥  Cara Menanam Buncis

2.4 Simplicity

Jangan membuat desain stiker terlalu ramai dengan elemen-elemen yang tidak diperlukan. Sebaiknya gunakan desain yang sederhana namun menarik, agar stiker terlihat profesional.

3. Cetak Stiker

Setelah desain stiker selesai, selanjutnya adalah mencetak stiker. Ada dua pilihan untuk mencetak stiker, yaitu mencetak sendiri atau memesan pada jasa percetakan. Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika mencetak stiker:

3.1 Bahan dan Kualitas Cetak

Pastikan bahan yang digunakan untuk mencetak stiker sesuai dengan jenis stiker yang kamu buat. Selain itu, pastikan kualitas cetak stiker cukup baik dan jelas, agar stiker terlihat profesional.

3.2 Jumlah dan Harga

Pastikan kamu memesan stiker dalam jumlah yang cukup dan dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa untuk membandingkan harga di beberapa jasa percetakan sebelum memutuskan untuk memesan.

3.3 Waktu Pengerjaan

Pastikan jasa percetakan yang kamu pilih dapat menyelesaikan pengerjaan stiker sesuai dengan waktu yang kamu inginkan. Jangan sampai stiker terlambat jadi dan mengganggu bisnismu.

4. Pemasangan Stiker

Setelah stiker jadi, langkah terakhir adalah memasangnya pada produkmu. Pastikan kamu memasangkan stiker pada tempat yang strategis agar mudah terlihat oleh pelanggan. Beberapa tempat yang bisa kamu tempelkan stiker antara lain kemasan produk, kotak pengiriman, dan bahkan pada kendaraan yang digunakan untuk mengantar produk.

FAQ

Bagaimana cara membuat stiker sendiri?

Kamu bisa membuat stiker sendiri dengan menggunakan software desain seperti Adobe Illustrator atau CorelDraw. Setelah desain selesai, kamu bisa mencetak stiker dengan menggunakan printer khusus stiker atau mencetak pada bahan stiker yang telah tercetak gambar desainnya.

Apa saja keuntungan menggunakan stiker dalam bisnis?

Beberapa keuntungan menggunakan stiker dalam bisnis antara lain:

  • Meningkatkan branding bisnis karena stiker membantu memperkuat identitas bisnis.
  • Memudahkan pelanggan mengenali produkmu karena stiker terlihat menarik dan mudah diingat.
  • Memberikan informasi penting seperti promo dan pengiriman dengan mudah dan cepat.

Apa saja jenis stiker yang tersedia di pasaran?

Beberapa jenis stiker yang tersedia di pasaran antara lain:

  • Stiker kertas
  • Stiker PVC
  • Stiker vinyl
  • Stiker logo
  • Stiker promosi
  • Stiker pengiriman

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat stiker untuk jualan. Semoga informasi ini bermanfaat bagi bisnis kamu. Jangan lupa untuk berkreasi dan menciptakan desain stiker yang menarik dan sesuai dengan branding bisnismu.

Cara Membuat Stiker untuk Jualan