Cara Membuat Stylus Pen

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu ingin membuat stylus pen sendiri? Sebuah stylus adalah perangkat yang menggunakan ujung tumpul untuk memasukkan input ke layar sentuh, seperti tablet atau smartphone. Meskipun stylus yang dijual di pasaran memiliki berbagai macam model dan harga, kamu bisa membuat stylus pen yang sederhana dan murah dengan beberapa bahan yang mudah didapatkan. Artikel ini akan membahas cara membuat stylus pen dengan bahan-bahan sederhana.

1. Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat stylus pen, kamu harus mempersiapkan bahan-bahan berikut ini :

Bahan Keterangan
Ballpoint pen Pilih jenis ballpoint pen yang memiliki ujung plastik yang lentur dan dapat dibongkar.
Kawat Gunakan kawat yang tipis dan lentur, seperti kawat dari kabel headphone yang sudah tidak terpakai.
Isolasi listrik Isolasi listrik digunakan untuk melindungi jalur kawat dari kontak dengan layar sentuh selama menggunakan stylus.
Perekat Gunakan perekat yang cocok untuk merekatkan isolasi listrik pada ujung stylus.

Setelah semua bahan tersedia, kita bisa memulai proses membuat stylus pen.

2. Membongkar Ballpoint Pen

Pertama-tama, kamu harus membongkar ballpoint pen dan mengeluarkan ujung plastiknya dari dalam pen. Buka pen dengan hati-hati dan lepaskan bagian dalamnya. Setelah itu, tangkap mata pen dengan kuku jari dan tarik keluar matanya. Pastikan ujung plastik tetap utuh.

3. Membuat Ujung Stylus

Setelah memiliki ujung plastik dari ballpoint pen, kamu bisa memotong kawat kecil dan lentur sepanjang sekitar 3-4 cm. Melipat kawat menjadi bentuk L dan masukkan ujung kawat ke dalam bagian dalam ujung plastik.

Setelah itu, bungkus bagian dalam ujung stylus dengan isolasi listrik untuk melindungi kawat dari kontak dengan layar sentuh. Gunakan perekat untuk merekatkan isolasi listrik dengan kuat pada bagian dalam ujung stylus.

4. Uji Coba Stylus Pen

Stylus pen siap digunakan. Periksa semua bagian yang terpasang dengan hati-hati, pastikan isolasi listrik menempel pada ujung stylus dengan kuat. Uji coba stylus pada layar sentuh, jika stylus belum berfungsi, periksa kembali bagian dalam ujung stylus untuk memastikan semua bagian terpasang dengan tepat dan kuat.

FAQ

1. Apakah saya bisa menggunakan stik es krim sebagai pengganti kawat?

Tidak disarankan. Stik es krim biasanya terbuat dari bahan kayu yang keras dan tidak lentur, sehingga tidak sesuai untuk digunakan sebagai pengganti kawat pada stylus pen.

TRENDING 🔥  Cara Memasak Terong Ungu

2. Bagaimana jika ballpoint pen yang saya miliki tidak bisa dibongkar?

Jika ballpoint pen yang tidak bisa dibongkar, kamu bisa mencari ballpoint pen lain yang dapat dibongkar dan memiliki ujung plastik yang lentur. Pastikan ujung plastik tersebut bisa dihapus dengan mudah.

3. Apakah semua layar sentuh dapat digunakan dengan stylus pen yang dibuat sendiri?

Tidak semua layar sentuh didesain untuk digunakan dengan stylus pen. Beberapa layar sentuh memerlukan tekanan yang lebih besar untuk merespons input, sehingga stylus yang dibuat sendiri mungkin tidak dapat berfungsi. Pastikan untuk menguji stylus pada layar sentuh sebelum menggunakan secara teratur.

4. Apakah saya bisa menggunakan isolasi listrik yang berbeda dengan yang direkomendasikan di artikel ini?

Tentu saja. Namun, pastikan bahwa isolasi listrik yang digunakan benar-benar melindungi kawat dari kontak dengan layar sentuh selama menggunakan stylus.

5. Apakah saya bisa menambahkan dekorasi pada stylus?

Tentu saja! Kamu bisa menambahkan dekorasi pada stylus dengan menggunakan lem tembak atau cat akrilik. Pastikan dekorasi yang kamu tambahkan tidak mengganggu fungsi dan penggunaan stylus.

Kesimpulan

Membuat stylus pen merupakan alternatif yang menarik daripada harus membeli stylus mahal di pasaran. Dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapatkan, kamu bisa membuat stylus pen sendiri dengan mudah. Ikuti langkah-langkah di artikel ini dan jangan lupa untuk menguji coba stylus sebelum menggunakan secara teratur.

Cara Membuat Stylus Pen