Cara Memunculkan Tombol Home di iPhone

>Halo Sohib EditorOnline, apakah Anda sering merasa kesulitan saat menggunakan iPhone karena tidak bisa menemukan tombol home? Tenang, artikel ini akan membahas cara memunculkan tombol home di iPhone dengan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang disajikan dalam artikel ini, Anda akan bisa menggunakan iPhone dengan lebih mudah dan nyaman.

Apa itu Tombol Home di iPhone?

Tombol home di iPhone adalah tombol fisik yang terletak di bawah layar. Tombol ini berfungsi untuk berbagai macam hal, antara lain untuk kembali ke layar utama, membuka Siri, membuka aplikasi multitasking, dan lain sebagainya. Namun, pada beberapa model iPhone terbaru, tombol home sudah tidak lagi berbentuk fisik, melainkan berupa tombol virtual yang terdapat pada layar.

1. Tombol Home Tidak Muncul di Layar iPhone

Jika tombol home tidak muncul di layar iPhone, maka ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memunculkannya kembali. Salah satunya adalah dengan mengaktifkan AssistiveTouch. Caranya adalah sebagai berikut:

Langkah Gambar
1. Buka aplikasi Settings di iPhone Anda.
Gambar 1
Gambar 1 Source Bing.com
2. Pilih General.
Gambar 2
Gambar 2 Source Bing.com
3. Pilih Accessibility.
Gambar 3
Gambar 3 Source Bing.com
4. Gulir ke bawah dan pilih AssistiveTouch.
Gambar 4
Gambar 4 Source Bing.com
5. Aktifkan AssistiveTouch dengan memindah tombol ke posisi ON.
Gambar 5
Gambar 5 Source Bing.com

Setelah itu, Anda akan melihat tombol home virtual yang muncul di layar iPhone. Tombol ini bisa digunakan untuk berbagai macam fungsi yang sama seperti tombol home fisik.

2. Tombol Home Tidak Berfungsi

Jika tombol home di iPhone tidak berfungsi, bisa jadi ada masalah di dalamnya. Namun, sebelum membawanya ke tempat servis, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaikinya. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dicoba:

A. Kalibrasi Tombol Home

Untuk mengkalibrasi tombol home di iPhone, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah Gambar
1. Buka salah satu aplikasi bawaan di iPhone, seperti Clock atau Calculator.
Gambar 6
Gambar 6 Source Bing.com
2. Tekan tombol power sampai muncul layar slide to power off.
Gambar 7
Gambar 7 Source Bing.com
3. Jangan matikan iPhone, namun tahan tombol home sampai layar kembali ke layar utama.
Gambar 8
Gambar 8 Source Bing.com

Setelah itu, coba tekan tombol home. Jika tombol ini masih tidak berfungsi, coba lakukan langkah ini beberapa kali sampai tombol home kembali berfungsi dengan baik.

B. Bersihkan Tombol Home

Kotoran dan debu bisa menyebabkan tombol home di iPhone menjadi tidak berfungsi dengan baik. Oleh karena itu, sebaiknya secara teratur membersihkan tombol home dengan kuas yang halus atau tisu yang dibasahi dengan sedikit alkohol. Pertama-tama, matikan iPhone. Kemudian, geser sedikit tisu basah ke sekitar tombol home dengan gerakan melingkar. Setelah itu, biarkan iPhone kering terlebih dahulu sebelum menyalakannya kembali.

3. Tombol Home Rusak

Jika tombol home di iPhone benar-benar rusak, maka satu-satunya cara adalah dengan membawanya ke tempat servis resmi Apple. Namun, pastikan terlebih dahulu apakah iPhone Anda masih dalam masa garansi atau tidak. Jika masih dalam masa garansi, Anda bisa membawa iPhone ke tempat pembelian atau ke Apple Store terdekat untuk diperbaiki secara gratis. Namun, jika sudah tidak dalam masa garansi, maka ada biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya.

TRENDING 🔥  Cara Pengolahan Limbah: Solusi Tepat untuk Menjaga Lingkungan

Kesimpulan

Demikianlah beberapa cara memunculkan tombol home di iPhone yang bisa Anda coba. Jangan lupa untuk melakukan kalibrasi dan pembersihan secara teratur agar tombol home selalu berfungsi dengan baik. Jika Anda masih mengalami masalah dengan tombol home di iPhone, jangan ragu untuk membawanya ke tempat servis untuk diperiksa lebih lanjut.

FAQ

1. Apa itu AssistiveTouch?

AssistiveTouch adalah fitur di iPhone yang memungkinkan pengguna untuk mengakses berbagai macam fungsi iPhone dengan mudah dan cepat. Fitur ini dapat diaktifkan melalui pengaturan Accessibility di iPhone.

2. Apakah kalibrasi tombol home bisa merusak iPhone?

Tidak, kalibrasi tombol home tidak akan merusak iPhone. Namun, jangan terlalu sering melakukan kalibrasi, karena hal ini bisa menurunkan umur baterai iPhone.

3. Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki tombol home yang rusak di iPhone?

Biaya untuk memperbaiki tombol home di iPhone tergantung pada model iPhone dan tempat servis yang Anda pilih. Namun, biaya ini bisa mencapai puluhan atau bahkan ratusan dolar.

Cara Memunculkan Tombol Home di iPhone