Cara Mengambil Uang di Bank Tanpa Kartu ATM

>

Cara Mengambil Uang di Bank Tanpa Kartu ATM – Jurnal

Halo Sohib EditorOnline! Apakah Anda pernah kehilangan kartu ATM atau lupa membawanya ketika sedang membutuhkan uang tunai? Jangan khawatir karena di sini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara mengambil uang di bank tanpa kartu ATM.

1. Membawa Identitas Diri yang Valid

Sebelum melakukan penarikan uang tunai di bank, pastikan Anda membawa identitas diri yang valid seperti KTP atau SIM. Hal ini dibutuhkan sebagai tanda pengenal dan persyaratan untuk melakukan transaksi keuangan di bank.

Sebaiknya bawa lebih dari satu jenis identitas diri sebagai cadangan jika ternyata satu jenis identitas diri tidak diterima oleh bank.

Bahkan, beberapa bank mewajibkan nasabah membawa buku tabungan atau kartu ATM yang terdaftar di bank tersebut sebagai syarat melakukan penarikan uang tunai. Namun, Anda tetap bisa melakukan penarikan uang tunai walaupun tidak membawa kartu ATM.

Jadi, periksa dan pastikan persyaratan apa saja yang diperlukan oleh bank tempat Anda ingin melakukan penarikan uang tunai.

Setelah persyaratan terpenuhi, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara mengambil uang di bank tanpa kartu ATM.

FAQ: Apa saja jenis-jenis identitas diri yang biasa diterima oleh bank?

Jenis Identitas Diri Keterangan
KTP Kartu Tanda Penduduk
SIM Surat Izin Mengemudi
Paspor Dokumen perjalanan internasional
Kartu Keluarga Dokumen pendaftaran keluarga

2. Menggunakan Layanan SMS Banking

Jika anda tidak memiliki kartu ATM saat sedang membutuhkan uang tunai, Anda bisa menggunakan layanan SMS Banking. Hanya dengan mengirimkan pesan singkat ke nomor yang telah diberikan oleh bank Anda, Anda bisa melakukan penarikan uang tunai.

Pastikan Anda telah mengaktifkan layanan SMS Banking dan memiliki cukup saldo di rekening bank Anda. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Kirim pesan singkat dengan format tertentu ke nomor SMS Banking yang telah diberikan oleh bank Anda.
  2. Setelah itu, Anda akan menerima SMS balasan dari bank yang memberitahu jumlah saldo yang tersisa di rekening Anda.
  3. Jika saldo mencukupi, Anda bisa mengirimkan pesan singkat lagi untuk meminta melakukan penarikan uang tunai.
  4. Bank akan mengirimkan SMS balasan berisi kode dan jumlah uang yang akan ditarik. Kode ini harus Anda ketahui karena akan digunakan saat melakukan penarikan uang tunai di bank.
  5. Datanglah ke bank dan tunjukkan identitas diri yang valid serta kode yang telah diberikan oleh bank. Setelah selesai, Anda akan menerima uang tunai yang diminta.
TRENDING 🔥  Cara Mencari File yang Hilang di Laptop

FAQ: Apa saja bank yang menyediakan layanan SMS Banking?

Banyak bank di Indonesia yang menyediakan layanan SMS Banking seperti BCA, Mandiri, BRI, dan lain-lain. Pastikan Anda mengaktifkan layanan SMS Banking di bank tempat Anda membuka rekening.

Cara Mengambil Uang di Bank Tanpa Kartu ATM