Cara Mengatasi Ambeien yang Keluar

>Hello Sohib EditorOnline, in this journal article we will discuss about ambeien or hemorrhoids that come out. Ambeien is a health problem in the rectum area that can cause pain and discomfort. In severe cases, it can even require surgery. However, there are many ways to treat ambeien that come out, both naturally and with medical treatment.

Penyebab Ambeien yang Keluar

Ambeien atau hemorrhoids adalah kondisi di mana pembuluh darah di dalam anus dan rektum membengkak dan terkadang keluar dari dubur. Adapun beberapa penyebab dari ambeien yang keluar adalah:

  1. Konsistensi tinja yang keras dan sulit dikeluarkan
  2. Terlalu banyak duduk atau berdiri dalam waktu yang lama
  3. Obesitas atau kelebihan berat badan
  4. Mengejan secara berlebihan saat buang air besar
  5. Keadaan kehamilan atau melahirkan

Pengobatan Alami untuk Ambeien yang Keluar

Berikut adalah beberapa pengobatan alami yang dapat membantu mengatasi ambeien yang keluar:

1. Konsumsi Makanan yang Kaya Serat

Makanan yang kaya serat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat membantu melancarkan buang air besar. Ini dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus dan mencegah terjadinya ambeien atau memperburuk kondisi yang ada.

2. Minum Air yang Cukup

Minum air yang cukup dapat membantu melunakkan tinja dan memudahkan proses buang air besar. Ini juga dapat membantu mencegah dehidrasi yang dapat memperburuk kondisi ambeien.

3. Lakukan Gerakan Tubuh yang Rutin

Gerakan tubuh yang rutin seperti olahraga atau jalan-jalan dapat membantu melancarkan peredaran darah. Ini dapat mengurangi tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus dan membantu mencegah ambeien.

4. Gunakan Benda Dingin

Gunakan benda dingin seperti es batu atau handuk dingin untuk mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada daerah ambeien yang keluar.

5. Gunakan Minyak Esensial untuk Mengurangi Pembengkakan

Minyak esensial seperti minyak lavender atau minyak tea tree dapat membantu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit pada daerah ambeien yang keluar. Oleskan beberapa tetes minyak esensial pada kapas dan tempelkan pada daerah yang terkena.

Pengobatan Medis untuk Ambeien yang Keluar

Jika pengobatan alami tidak cukup efektif, ada beberapa pengobatan medis yang dapat membantu mengatasi ambeien yang keluar:

1. Obat-obatan

Dokter dapat meresepkan obat-obatan seperti salep atau supositoria untuk mengurangi rasa sakit dan pembengkakan pada daerah ambeien yang keluar.

TRENDING 🔥  Cara Menyalakan AC Tanpa Remote

2. Skleroterapi

Skleroterapi adalah prosedur medis di mana dokter menyuntikkan larutan yang mengeras pada daerah ambeien yang keluar. Ini dapat membantu mengurangi ukuran dan rasa sakit pada ambeien.

3. Pembedahan

Jika ambeien yang keluar sangat parah, dokter dapat merekomendasikan pembedahan untuk mengangkat jaringan yang terkena ambeien.

FAQ tentang Ambeien yang Keluar

Pertanyaan Jawaban
Apa yang harus saya lakukan jika ambeien saya keluar? Gunakan benda dingin, minum air yang cukup, dan hindari mengejan saat buang air besar. Jika ini tidak membantu, segera hubungi dokter Anda.
Bisakah ambeien sembuh dengan sendirinya? Ambeien ringan dapat sembuh dengan sendirinya dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan alami. Namun, ambeien yang parah atau sering kambuh memerlukan pengobatan medis.
Bisakah ambeien dicegah? Ambeien dapat dicegah dengan menjaga pola makan yang sehat, menghindari duduk atau berdiri dalam waktu yang lama, dan menghindari mengejan secara berlebihan saat buang air besar.
Apa saja makanan yang harus dihindari jika memiliki ambeien? Makanan yang harus dihindari jika memiliki ambeien adalah makanan pedas, makanan berlemak atau berminyak, dan alkohol.

Kesimpulan

Ambeien yang keluar memang bisa sangat menyakitkan dan sulit ditangani. Namun, dengan perubahan gaya hidup yang sehat, pengobatan alami, atau pengobatan medis, ambeien yang keluar dapat diatasi dengan efektif. Pastikan untuk menghubungi dokter jika ambeien yang keluar terjadi dalam jangka waktu yang lama atau semakin parah.

Cara Mengatasi Ambeien yang Keluar