Cara Mengatasi Kursor Hilang

>Halo Sohib EditorOnline! Apa kabar?

Apa itu Kursor?

Kursor adalah tanda yang muncul di atas monitor atau layar komputer yang berfungsi sebagai penunjuk arah dan tempat. Kursor dapat digerakkan menggunakan mouse atau touchpad. Biasanya, kursor berbentuk panah atau tanda lingkaran kecil. Namun, kadang-kadang kursor bisa hilang dan membuat pengguna kesulitan dalam mengontrol komputer. Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kursor hilang:

Cara Mengatasi Kursor Hilang pada Windows 10

Cek Koneksi Mouse

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memeriksa koneksi mouse. Pastikan kabel mouse terpasang dengan benar pada CPU atau port USB Laptop. Jika menggunakan mouse wireless, periksa baterai dan koneksi.

Rubah Setelan Kursor

Ubah setelan kursor adalah tindakan selanjutnya yang dapat dilakukan. Pilih ‘Pengaturan’ pada menu start. Setelah itu klik ‘devices’ dan pilih ‘Mouse & touchpad’. Kemudian, ubah setelan kursor sehingga kursor dapat bergerak pada layar.

Gunakan Tombol Tab

Jika kursor masih hilang, cobalah untuk menggunakan tombol ‘Tab’ pada keyboard. Tombol ini dapat mengalihkan fokus pada ikon atau menu pada layar. Gunakan tombol ‘Enter’ untuk memilih ikon atau menu tersebut.

Gunakan Keyboard untuk Mencari Kursor

Alternatif lain yang dapat digunakan adalah menggunakan keyboard. Tekan tombol ‘Ctrl’ pada keyboard. Kursor akan muncul pada layar dan dapat digerakkan menggunakan keyboard.

Reboot Komputer

Jika tidak ada satu pun solusi yang berhasil, cobalah untuk merestart komputer. Reboot komputer dapat memulihkan fungsi kursor seperti semula.

Cara Mengatasi Kursor Hilang pada Mac

Cek Koneksi Mouse

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah memeriksa koneksi mouse. Pastikan kabel mouse terpasang dengan benar pada CPU atau port USB Laptop. Jika menggunakan mouse wireless, periksa baterai dan koneksi.

Rubah Setelan Kursor

Ubah setelan kursor adalah tindakan selanjutnya yang dapat dilakukan pada Mac. Masuk ke menu ‘System Preferences’ dan pilih ‘Accessibility’. Kemudian, pilih ‘Display’ dan atur pilihan kursor seperti semula.

Reset PRAM dan NVRAM

Jika kursor masih hilang, reset PRAM dan NVRAM pada Mac. Caranya, matikan Mac. Setelah itu, hidupkan kembali dengan menekan tombol ‘Command’, ‘Option’, ‘P’, dan ‘R’ secara bersamaan hingga Mac menyala kembali.

Reinstall Sistem Operasi

Jika tidak ada satu pun solusi yang berhasil, cobalah untuk menginstal ulang sistem operasi pada Mac. Proses ini dapat memulihkan fungsi kursor seperti semula.

TRENDING 🔥  Cara Mengubah Nama Facebook

FAQ

Pertanyaan Jawaban
1. Apa itu Kursor? Kursor adalah tanda yang muncul di atas monitor atau layar komputer yang berfungsi sebagai penunjuk arah dan tempat.
2. Mengapa kursor bisa hilang? Kursor bisa hilang karena beberapa faktor, seperti koneksi yang buruk, kesalahan pada pengaturan kursor, atau kerusakan pada komputer.
3. Apa yang harus dilakukan jika kursor hilang? Beberapa langkah yang dapat dilakukan adalah memeriksa koneksi mouse, mengubah setelan kursor, menggunakan tombol tab atau keyboard untuk mencari kursor, merestart komputer, atau menginstal ulang sistem operasi.

Cara Mengatasi Kursor Hilang

https://youtube.com/watch?v=QdR5tTpary0