Cara Mengecilkan Size PDF

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu sedang mencari cara untuk mengecilkan ukuran file PDF? Jangan khawatir, di artikel ini kita akan membahas berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut. Simak baik-baik ya!

Menggunakan Adobe Acrobat Pro DC

Adobe Acrobat Pro DC adalah software yang sangat populer digunakan untuk mengelola file PDF. Nah, salah satu fitur yang ada pada software ini adalah kemampuan untuk mengecilkan ukuran file PDF. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka file PDF yang ingin kamu ubah

Pertama-tama, buka aplikasi Adobe Acrobat Pro DC dan pilih file PDF yang ingin kamu ubah. Kemudian klik kanan pada file tersebut dan pilih opsi “Open with Adobe Acrobat Pro DC”.

2. Pilih opsi “Compact PDF”

Setelah file PDF terbuka di aplikasi Adobe Acrobat Pro DC, pilih opsi “File” dan pilih opsi “Save As Other”. Kemudian pilih opsi “Compact PDF”.

3. Pilih kualitas compact yang diinginkan

Selanjutnya, kamu akan diberikan pilihan untuk memilih kualitas compact yang diinginkan. Semakin tinggi kualitas yang dipilih, semakin besar pula ukuran file PDF yang dihasilkan. Sebaliknya, semakin rendah kualitas yang dipilih, semakin kecil pula ukuran file PDF yang dihasilkan.

4. Simpan file PDF yang sudah diubah

Setelah memilih kualitas compact yang diinginkan, kamu bisa langsung menyimpan file PDF yang sudah diubah dengan klik tombol “Save”. Tunggu proses konversi selesai dan voila, file PDF kamu sudah berukuran lebih kecil.

Memperkecil Ukuran Gambar pada File PDF

Salah satu faktor yang menyebabkan ukuran file PDF menjadi besar adalah adanya gambar-gambar yang besar pada file tersebut. Nah, untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa memperkecil ukuran gambar pada file PDF. Berikut adalah caranya:

1. Buka file PDF yang ingin diubah

Pertama-tama, buka file PDF yang ingin kamu ubah di aplikasi Adobe Acrobat Pro DC.

2. Klik pada gambar yang ingin diubah

Setelah file PDF terbuka, klik pada gambar yang ingin diubah. Kemudian, pilih opsi “Edit PDF” pada toolbar. Pilih opsi “Edit” dan klik pada gambar yang ingin diubah.

3. Sesuaikan ukuran gambar

Setelah memilih gambar yang ingin diubah, kamu bisa mengubah ukuran gambar tersebut dengan mengklik tepian kotak hijau yang berada pada sudut kanan atas atau kiri bawah. Kamu bisa menyesuaikan ukuran gambar hingga ukurannya lebih kecil.

4. Simpan file PDF yang sudah diubah

Setelah selesai memperkecil ukuran gambar pada file PDF, kamu bisa langsung menyimpan file tersebut dengan klik tombol “Save”.

TRENDING 🔥  Cara Menang Slot: Panduan Terlengkap untuk Pemula

Menggunakan Online PDF Compressor

Bagi kamu yang tidak memiliki software Adobe Acrobat Pro DC, kamu bisa memanfaatkan layanan online PDF compressor untuk mengecilkan ukuran file PDF. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Kunjungi website online PDF compressor

Pertama-tama, kunjungi website online PDF compressor seperti ilovepdf.com, smallpdf.com atau compresspdf.com.

2. Upload file PDF yang ingin kamu ubah

Setelah masuk ke website tersebut, pilih opsi “Select PDF File”. Kemudian, pilih file PDF yang ingin kamu ubah ukurannya dan klik tombol “Upload”.

3. Pilih kualitas compact yang diinginkan

Setelah file PDF terupload, kamu akan diberikan pilihan untuk memilih kualitas compact yang diinginkan. Pilih kualitas yang kamu inginkan dan klik tombol “Compress PDF”.

4. Unduh file PDF yang sudah diubah

Tunggu proses konversi selesai dan kamu akan diberikan opsi untuk mengunduh file PDF yang sudah diubah. Klik tombol “Download” dan voila, file PDF kamu sudah berukuran lebih kecil.

Menggunakan Software PDF Compressor

Selain Adobe Acrobat Pro DC, ada juga beberapa software PDF compressor yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF. Berikut adalah contohnya:

1. PDF Compressor Pro

PDF Compressor Pro adalah salah satu software compressor yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF. Software ini bisa diunduh secara gratis dengan versi trial. Kamu bisa memilih kualitas compress yang diinginkan dan menyimpan file PDF yang sudah diubah.

2. PDFZilla

PDFZilla adalah software compressor lain yang bisa kamu gunakan untuk mengecilkan ukuran file PDF. Selain itu, software ini juga bisa digunakan untuk mengubah format file PDF menjadi format lain seperti Word, Excel, dan sebagainya.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait cara mengecilkan ukuran file PDF:

No. Pertanyaan Jawaban
1 Apakah bisa mengecilkan ukuran file PDF tanpa mengurangi kualitas? Ya, kamu bisa menggunakan kualitas compress yang tinggi untuk mengecilkan ukuran file PDF tanpa mengurangi kualitas.
2 Apakah layanan online PDF compressor gratis? Sebagian besar layanan online PDF compressor menyediakan opsi gratis untuk mengecilkan ukuran file PDF. Namun, ada pula opsi premium yang bisa digunakan dengan membayar.
3 Bagaimana cara mengecilkan ukuran gambar pada file PDF? Kamu bisa menggunakan aplikasi Adobe Acrobat Pro DC untuk memperkecil ukuran gambar pada file PDF. Caranya adalah dengan memilih gambar yang ingin diubah, lalu mengklik tepian kotak hijau yang berada pada sudut kanan atas atau kiri bawah.

Sekian artikel mengenai cara mengecilkan ukuran file PDF. Semoga artikel ini bisa membantu kamu dalam mengatasi masalah tersebut. Happy compressing!

Cara Mengecilkan Size PDF