Cara Mengembalikan Word yang Belum Tersimpan

>Hello Sohib EditorOnline, dalam dunia kerja atau kuliah, seringkali kita jadi terburu-buru dalam mengetik sebuah dokumen. Namun, terkadang kita lupa untuk menyimpan dokumen tersebut. Apakah kamu pernah mengalaminya? Tenang saja, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara mengembalikan word yang belum tersimpan.

1. Cek Folder AutoRecover

Ketika kamu sedang dalam pengeditan dokumen Word dan tiba-tiba komputer mati atau aplikasi Word crash, biasanya Microsoft Office akan menyematkan fitur AutoRecover. Fitur ini akan secara otomatis menyimpan dokumen yang sedang kamu edit saat itu.

Untuk menemukan folder AutoRecover, kamu bisa mengikuti langkah berikut ini:

Langkah-Langkah Keterangan
1. Buka File Explorer Buka aplikasi File Explorer pada komputer kamu
2. Ketikkan %temp% Tuliskan %temp% di kolom pencarian File Explorer
3. Klik Enter Klik Enter pada keyboard
4. Cari Folder Cari folder dengan nama yang dimulai dengan “ASD” dan diikuti dengan angka dan huruf acak. Folder inilah yang berisi file AutoRecover kamu.

Jika kamu menemukan folder tersebut, buka folder tersebut dan cari file dengan ekstensi .asd. Lalu, buka file tersebut dengan Microsoft Word dan simpan kembali dengan nama yang berbeda untuk menghindari terjadinya hal yang sama di kemudian hari.

2. Gunakan Fitur AutoRecover dari Microsoft Word

Selain folder AutoRecover, Microsoft Word juga memiliki fitur AutoRecover yang secara otomatis akan memulihkan dokumen yang belum disimpan ketika terjadi crash atau mati listrik. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini dengan langkah berikut ini:

Langkah-Langkah Keterangan
1. Buka Microsoft Word Buka aplikasi Microsoft Word pada komputer kamu
2. Klik File Klik tab File pada bagian atas layar
3. Klik Options Pada bagian bawah tab File, klik Options
4. Pilih Save Klik Save pada menu Options
5. Aktifkan Fitur Pada bagian Save AutoRecover information, aktifkan opsi Save AutoRecover information every [berapa menit].

Jangan lupa untuk menyimpan perubahan dengan mengklik tombol OK setelah mengaktifkan fitur AutoRecover. Setelah itu, Microsoft Word akan secara otomatis menyimpan dokumen kamu setiap beberapa menit untuk meminimalkan risiko dokumen yang hilang.

3. Gunakan Fitur Backup and Restore

Selain fitur AutoRecover, Microsoft Word juga menyediakan fitur Backup and Restore yang dapat membantu kamu untuk memulihkan dokumen yang hilang. Kamu bisa mengaktifkan fitur ini dengan langkah berikut ini:

Langkah-Langkah Keterangan
1. Buka Microsoft Word Buka aplikasi Microsoft Word pada komputer kamu
2. Klik File Klik tab File pada bagian atas layar
3. Klik Options Pada bagian bawah tab File, klik Options
4. Pilih Advanced Klik Advanced pada menu Options
5. Pilih File Locations Pada bagian bawah Advanced, pilih File Locations
6. Klik AutoRecover File Location Pada bagian bawah File Locations, klik AutoRecover File Location
7. Salin Alamat Folder Salin alamat folder tempat file backup disimpan
TRENDING 🔥  Cara Hotspot HP Oppo

Setelah kamu menemukan alamat folder backup, kamu bisa membuat shortcut pada desktop agar kamu lebih mudah dalam mengaksesnya. Jika terjadi kejadian dokumen yang belum tersimpan, cukup buka file backup tersebut dan simpan kembali dengan nama yang berbeda untuk menghindari terjadinya hal yang sama di kemudian hari.

FAQ

1. Apakah Microsoft Word menyediakan fitur untuk menyimpan document secara otomatis?

Ya, Microsoft Word menyediakan fitur AutoRecover yang secara otomatis akan menyimpan document kamu setiap beberapa menit.

2. Apakah selalu mungkin untuk mengembalikan dokumen yang belum tersimpan?

Tidak selalu. Jika dokumen kamu belum disimpan dan terjadi crash atau mati listrik, kemungkinan besar dokumen tersebut hilang dan tidak bisa dikembalikan.

3. Apakah fitur Backup and Restore dari Microsoft Word bisa membantu mengembalikan dokumen yang belum tersimpan?

Ya, fitur Backup and Restore dari Microsoft Word bisa membantu mengembalikan dokumen yang hilang. Namun, kamu harus mengaktifkan fitur ini terlebih dahulu dan selalu mengupdate backup secara berkala.

4. Apa yang harus saya lakukan jika dokumen yang hilang sangat penting?

Kamu bisa mencari bantuan dari ahli pemulihan data untuk mengembalikan dokumen yang hilang. Namun, layanan ini akan dikenakan biaya dan tidak selalu berhasil untuk mengembalikan dokumen yang hilang.

Cara Mengembalikan Word yang Belum Tersimpan