Cara Menggunakan NFC di iPhone

>Hello Sohib EditorOnline, selamat datang pada artikel kami yang akan membahas tentang cara menggunakan NFC di iPhone. NFC atau Near Field Communication merupakan teknologi yang memungkinkan pengiriman data nirkabel antara dua perangkat yang berada dalam jarak sangat dekat. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menggunakan teknologi NFC pada iPhone untuk berbagai keperluan seperti pembayaran digital, transfer data, dan masih banyak lagi. Simak selengkapnya di bawah ini!

Apa itu NFC?

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication, yaitu teknologi nirkabel yang memungkinkan komunikasi antara dua perangkat yang berada dalam jarak sangat dekat, biasanya kurang dari 4 cm. Teknologi ini sudah ada sejak tahun 2004 dan sering digunakan pada kartu pembayaran atau kartu akses.

Dalam perkembangannya, NFC kini juga sudah terdapat pada smartphone, termasuk iPhone. iPhone yang mendukung NFC dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti pembayaran digital, transfer data antar perangkat, membuka kunci pintu, dan masih banyak lagi.

Cara Menggunakan NFC di iPhone

1. Membuka Aplikasi Wallet

Untuk memulai menggunakan NFC di iPhone, buka aplikasi Wallet terlebih dahulu. Wallet adalah aplikasi bawaan di iPhone yang digunakan untuk menyimpan kartu pembayaran digital, tiket pesawat, kartu hadiah, dan masih banyak lagi.

Setelah membuka aplikasi Wallet, Anda dapat menambahkan kartu pembayaran digital seperti kartu kredit atau kartu debit yang sudah mendukung teknologi NFC. Anda juga dapat menambahkan kartu hadiah atau tiket acara yang menggunakan teknologi NFC.

2. Mengaktifkan NFC di iPhone

Untuk menggunakan NFC di iPhone, pastikan fitur NFC sudah diaktifkan. Caranya, masuk ke Pengaturan (Settings), pilih menu NFC, dan nyalakan opsi NFC.

Setelah opsi NFC diaktifkan, iPhone Anda siap digunakan untuk berbagai keperluan yang menggunakan teknologi NFC.

3. Membuat Pembayaran dengan NFC di iPhone

Salah satu kegunaan NFC di iPhone adalah untuk melakukan pembayaran digital. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka aplikasi Wallet dan pilih kartu pembayaran yang ingin digunakan.
  2. Tempelkan bagian depan iPhone yang memiliki logo NFC ke mesin pembayaran yang mendukung teknologi NFC.
  3. Ikuti petunjuk yang muncul pada layar iPhone untuk menyelesaikan transaksi.

Dengan NFC, pembayaran digital menjadi lebih mudah, cepat, dan aman.

4. Transfer Data dengan NFC di iPhone

Selain untuk pembayaran digital, NFC di iPhone juga dapat digunakan untuk transfer data antar perangkat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Aktifkan NFC pada kedua perangkat yang akan digunakan untuk transfer data.
  2. Pastikan kedua perangkat berada dalam jarak yang sangat dekat, kurang dari 4 cm.
  3. Buka aplikasi yang ingin Anda gunakan untuk transfer data, seperti AirDrop atau aplikasi NFC lainnya.
  4. Pilih data yang ingin Anda transfer dan ikuti petunjuk yang muncul pada layar iPhone Anda.
TRENDING 🔥  Cara Buat PPT di Laptop

Dengan NFC, transfer data antar perangkat tidak lagi memerlukan kabel atau perangkat khusus.

5. Membuka Pintu dengan NFC di iPhone

Beberapa pintu atau gerbang sekarang juga sudah menggunakan teknologi NFC untuk membuka kunci. Jika Anda memiliki akses ke pintu atau gerbang yang menggunakan teknologi NFC, Anda dapat membukanya dengan menggunakan iPhone yang mendukung NFC. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pastikan pintu atau gerbang sudah mendukung teknologi NFC.
  2. Buka aplikasi yang digunakan untuk membuka pintu atau gerbang.
  3. Tempelkan bagian depan iPhone yang memiliki logo NFC ke sensor yang terdapat pada pintu atau gerbang.
  4. Jika akses Anda valid, pintu atau gerbang akan terbuka.

Dengan NFC, membuka kunci pintu tidak lagi memerlukan kunci fisik atau kartu akses.

FAQ

Apa itu teknologi NFC?

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication, yaitu teknologi nirkabel yang memungkinkan komunikasi antara dua perangkat yang berada dalam jarak sangat dekat, biasanya kurang dari 4 cm.

Apakah semua iPhone mendukung NFC?

Tidak semua iPhone mendukung NFC. iPhone yang mendukung NFC adalah iPhone 6 dan yang lebih baru, termasuk iPhone SE generasi pertama dan yang lebih baru.

Bagaimana cara mengetahui apakah iPhone saya mendukung NFC?

Untuk mengetahui apakah iPhone Anda mendukung NFC, buka Pengaturan (Settings), pilih menu NFC. Jika opsi NFC tersedia, artinya iPhone Anda mendukung NFC.

Bagaimana cara menambahkan kartu pembayaran digital ke aplikasi Wallet?

Untuk menambahkan kartu pembayaran digital ke aplikasi Wallet, buka aplikasi Wallet dan pilih opsi Tambahkan Kartu (Add Card). Ikuti petunjuk yang muncul pada layar untuk menambahkan kartu pembayaran digital.

Apakah pembayaran dengan NFC di iPhone aman?

Ya, pembayaran dengan NFC di iPhone sangat aman. Pembayaran tersebut menggunakan teknologi chip yang memungkinkan transaksi terlindungi dan aman.

Berapa jarak maksimal untuk penggunaan NFC?

Jarak maksimal untuk penggunaan NFC adalah kurang dari 4 cm.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kami telah membahas tentang cara menggunakan NFC di iPhone untuk berbagai keperluan seperti pembayaran digital, transfer data, membuka kunci pintu, dan masih banyak lagi. Dengan NFC, penggunaan smartphone semakin mudah, cepat, dan efisien. Pastikan NFC di iPhone Anda sudah diaktifkan dan siap digunakan untuk berbagai keperluan.

Cara Menggunakan NFC di iPhone