Cara Menghilangkan Henna di Tangan

>Halo Sohib EditorOnline! Apa kabar? Henna, suatu seni lukis tangan yang berasal dari India ini memang begitu populer di Indonesia. Namun, setelah sekian lama menghias dan mempercantik tangan dengan henna, atau mengikuti acara yang menggunakan henna, terkadang kita merasa kesulitan saat ingin menghilangkannya. Nah, dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang cara menghilangkan henna di tangan.

Pengenalan Mengenai Henna

Henna adalah pewarna tangan yang terbuat dari daun henna kering yang dihaluskan, disaring dan dicampur dengan air. Henna biasanya digunakan untuk upacara pernikahan, hajatan adat, atau saat-per-saat spesial lainnya. Namun, apa yang harus dilakukan jika henna terlalu lama menempel dan ingin menghilangkannya? Berikut ini adalah cara-cara yang dapat dilakukan:

1. Menggosok dengan Garam dan Minyak Zaitun

Caranya cukup mudah, campurkanlah garam dengan minyak zaitun dalam sebuah mangkuk hingga tercampur rata. Setelah itu, gosokkan campuran tersebut ke bagian yang ditato menggunakan kain atau kapas. Lakukan secara perlahan dan lakukan beberapa kali.

Tetapi, perlu diingat bahwa cara ini membutuhkan waktu beberapa kali dan beberapa hari sebelum tanda henna benar-benar hilang.

2. Menggunakan Pasta Gigi

Pasta gigi juga dapat digunakan untuk menghilangkan henna di tangan. Oleskan pasta gigi pada bagian tangan yang dihiasi dengan henna kemudian biarkan selama beberapa menit sampai pasta gigi kering. Setelah itu, gosokkan pasta gigi ke tangan secara perlahan dan bersihkan dengan air hangat. Lakukan beberapa kali jika henna tidak hilang setelah sekali aplikasi.

3. Menggunakan Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat membantu menghilangkan henna secara alami. Caranya, oleskan minyak kelapa pada bagian tangan yang dihiasi henna dan gosoklah perlahan-lahan. Kemudian, bersihkan dengan air hangat.

4. Menggunakan Baking Soda

Baking soda memiliki kandungan alkali yang dapat membantu menghilangkan henna. Caranya, campurkan baking soda dengan air hingga membentuk pasta. Kemudian gosokkan pasta tersebut pada bagian tangan yang dihiasi henna. Lanjutkan hingga henna hilang dan bersihkan dengan air hangat.

5. Menggunakan Lemon atau Jeruk Nipis

Lemon atau jeruk nipis dapat digunakan untuk menghilangkan henna di tangan karena kandungan asamnya. Kandungan asam dalam buah ini dapat membantu mengangkat henna dari kulit. Caranya, potong lemon atau jeruk nipis menjadi beberapa bagian kemudian gosokkan pada bagian tangan yang dihiasi henna. Lakukan beberapa kali dan bersihkan tangan dengan air hangat.

FAQ

Berikut ini adalah pertanyaan umum yang sering ditanyakan seputar cara menghilangkan henna di tangan:

Pertanyaan Jawaban
Apakah cara menggosok dengan garam dan minyak zaitun aman untuk kulit? Iya, cara ini aman untuk kulit. Namun, pastikan untuk tidak menggosok terlalu keras karena bisa mengiritasi kulit Anda.
Apakah cara menggunakan pasta gigi dapat membahayakan kulit? Tidak, pasta gigi aman untuk kulit. Namun, jika kulit menjadi kering setelah aplikasi, sebaiknya gunakan pelembap setelahnya.
Berapa lama waktu yang diperlukan agar henna hilang dengan menggunakan minyak kelapa? Waktu yang diperlukan tergantung dari berapa lama henna menempel pada kulit. Namun, biasanya henna dapat hilang dalam waktu beberapa hari jika menggunakan minyak kelapa.
Apakah baking soda dapat membuat kulit menjadi kering? Ya, baking soda dapat membuat kulit menjadi kering. Sebaiknya gunakan pelembap setelah aplikasi.
Apakah semua orang dapat menggunakan lemon atau jeruk nipis untuk menghilangkan henna? Tidak, sebaiknya hindari menggunakan lemon atau jeruk nipis pada kulit yang sensitif atau luka terbuka.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Mashed Potato

Kesimpulan

Itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan henna di tangan. Namun, selain cara di atas, sebaiknya jangan mengikuti kebiasaan orang-orang yang menggaruk bekas henna hingga kulit menjadi iritasi dan luka. Ingat, kebersihan dan kesehatan kulit Anda tetap harus diutamakan. Semoga bermanfaat!

Cara Menghilangkan Henna di Tangan