Cara Minum Postinor dengan Benar

>Hello Sohib EditorOnline! Kali ini kita akan membahas tentang cara minum postinor dengan benar. Postinor merupakan salah satu jenis kontrasepsi darurat yang dapat digunakan setelah melakukan hubungan intim tanpa pengaman. Namun, penggunaannya harus dilakukan dengan tepat agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Apa Itu Postinor?

Postinor merupakan salah satu jenis kontrasepsi darurat yang mengandung hormon progesteron. Obat ini digunakan untuk mencegah terjadinya kehamilan setelah melakukan hubungan intim tanpa pengaman atau jika metode kontrasepsi yang digunakan gagal.

Postinor dapat digunakan dalam waktu 72 jam setelah melakukan hubungan intim. Namun, semakin cepat obat ini digunakan, semakin tinggi pula tingkat keberhasilannya dalam mencegah kehamilan.

Cara Minum Postinor

Sebelum menggunakan postinor, ada baiknya untuk membaca petunjuk penggunaan yang terdapat pada kemasan obat. Selain itu, pastikan juga untuk berkonsultasi dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu.

Berikut adalah cara minum postinor yang benar:

Langkah Cara Minum Postinor
1 Ambil satu tablet postinor dan minum dengan air putih.
2 Minum tablet kedua 12 jam setelah tablet pertama diminum.
3 Jangan minum lebih dari dua tablet postinor dalam kurun waktu 1 bulan.

Penting untuk diingat bahwa obat ini hanya berfungsi sebagai kontrasepsi darurat dan bukan sebagai metode kontrasepsi utama. Penggunaannya dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya.

FAQ tentang Postinor

1. Bagaimana cara kerja postinor?

Postinor mengandung hormon progesteron yang bekerja dengan cara menghambat pelepasan sel telur dari ovarium atau mengganggu proses fertilisasi sel telur. Obat ini juga dapat mengubah konsistensi lendir serviks sehingga sulit bagi sperma untuk bergerak dan mencapai sel telur.

2. Apakah postinor aman untuk digunakan?

Postinor relatif aman untuk digunakan sebagai kontrasepsi darurat dalam waktu yang singkat. Namun, penggunaannya dalam jangka panjang dapat menimbulkan efek samping yang berbahaya seperti gangguan hormon, gangguan menstruasi, hingga risiko kanker payudara.

3. Apakah postinor dapat mencegah terjadinya penyakit menular seksual?

Tidak. Postinor hanya berfungsi untuk mencegah kehamilan dan tidak dapat melindungi dari penyakit menular seksual. Penggunaan kondom masih merupakan metode yang paling efektif dalam mencegah penyebaran penyakit menular seksual.

4. Kapan postinor tidak boleh digunakan?

Postinor tidak boleh digunakan pada wanita yang mengalami alergi terhadap komponen yang terdapat pada obat ini, memiliki riwayat trombosis atau masalah pembekuan darah, serta kondisi medis tertentu seperti gangguan hati atau kanker payudara.

TRENDING 🔥  Cara Buat Wedang Jahe (Ginger Tea) - Menikmati Rasa Nikmat di Rumah

5. Apa saja efek samping yang dapat timbul setelah menggunakan postinor?

Beberapa efek samping yang dapat timbul setelah menggunakan postinor antara lain mual, muntah, sakit kepala, pusing, perut kembung, nyeri payudara, hingga gangguan menstruasi. Efek samping ini biasanya bersifat sementara dan akan hilang setelah beberapa hari.

Kesimpulan

Postinor merupakan salah satu jenis kontrasepsi darurat yang dapat digunakan setelah melakukan hubungan intim tanpa pengaman. Namun, penggunaannya harus dilakukan dengan tepat agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Selain itu, sebaiknya konsultasikan penggunaan obat ini dengan dokter atau apoteker terlebih dahulu.

Cara Minum Postinor dengan Benar