Cara Pakai Sorban: Panduan Lengkap Mulai dari A-Z

>Hello Sohib EditorOnline, apakah kamu sedang mencari informasi tentang cara pakai sorban dengan benar dan sesuai dengan adat? Jangan khawatir, karena di artikel ini kamu akan menemukan panduan lengkapnya.

1. Apa itu Sorban?

Sorban adalah penutup kepala yang umum digunakan oleh pria muslim di Indonesia. Sorban umumnya terbuat dari kain katun atau sutra, dan dipakai sesuai dengan adat atau kebiasaan masyarakat setempat.

1.1 Sejarah Sorban

Sejarah sorban bisa ditelusuri ke abad ke-6 Masehi di wilayah Timur Tengah. Sorban pada awalnya dipakai oleh para pemuka agama sebagai lambang kehormatan. Kemudian lambang kehormatan tersebut menyebar ke seluruh masyarakat muslim di dunia, termasuk Indonesia.

1.2 Jenis-jenis Sorban

Jenis Sorban Cara Memakai
Sorban Bali Mulai dari belakang kepala, bungkus kepala sebelah kanan, bungkus kepala sebelah kiri, kembali ke belakang kepala, ikatkan di sisi kanan atau kiri.
Sorban Arab Letakkan sorban di atas kepala, bungkus kepala sebelah kanan, tarik sorban ke sebelah kiri, lewatkan sorban di belakang kepala, bawa sorban ke depan, ikat di sisi kanan atau kiri.
Sorban Jawa Mulai dari belakang kepala, bungkus kepala sebelah kanan, bungkus kepala sebelah kiri, bungkus lagi dari belakang, ikatkan di sisi kanan atau kiri.

2. Persiapan Sebelum Memakai Sorban

Sebelum memakai sorban, ada beberapa persiapan yang perlu kamu lakukan agar sorban yang kamu pakai sesuai dengan adat dan tidak melanggar aturan.

2.1 Memilih Jenis Sorban yang Sesuai

Pilihlah jenis sorban yang sesuai dengan kebiasaan masyarakat setempat atau acara yang kamu hadiri. Pastikan sorban yang kamu pilih tidak melanggar adab dan etika yang berlaku.

2.2 Mempersiapkan Kain Sorban

Sebelum memulai memakai sorban, pastikan kain sorban yang akan kamu pakai dalam kondisi bersih dan rapi. Setrika kain sorban agar terlihat lebih rapi saat dipakai.

2.3 Menentukan Style Sorban

Tentukan style sorban yang ingin kamu pakai sesuai dengan jenis sorban yang kamu pilih dan kebiasaan masyarakat setempat. Pastikan style sorban yang kamu pilih tidak melanggar aturan atau etika yang berlaku.

3. Cara Memakai Sorban dengan Benar

Setelah persiapan selesai dilakukan, kamu siap untuk memakai sorban. Berikut adalah cara memakai sorban yang benar dan sesuai dengan adat.

3.1 Memulai dari Belakang Kepala

Mulailah memakai sorban dari belakang kepala. Letakkan sorban pada bagian tengah kepala dan biarkan sorban menutupi kepala hingga bagian belakang kepala.

TRENDING 🔥  Cara Top Up E-Toll BCA

3.2 Bungkus Kepala Sebelah Kanan

Setelah sorban menutupi bagian belakang kepala, bungkus sorban bagian kanan ke arah depan ke arah kiri. Pastikan sorban yang kamu bungkus rapat dan tidak kendur.

3.3 Bungkus Kepala Sebelah Kiri

Setelah sorban bagian kanan dibungkus, saatnya bagi kamu untuk bungkus sorban bagian kiri. Bungkus sorban bagian kiri ke arah depan ke arah kanan. Pastikan sorban yang kamu bungkus rapat dan tidak kendur.

3.4 Kembali ke Belakang Kepala

Setelah sorban bagian kiri dibungkus, kembali ke bagian belakang kepala dan bungkus sorban ke arah kiri atau kanan, tergantung dari kebiasaan masyarakat setempat.

3.5 Ikat Sorban

Setelah sorban terbungkus dengan rapi, saatnya untuk mengikat sorban. Ikat sorban di sisi kanan atau kiri, tergantung dari kebiasaan masyarakat setempat.

4. FAQ (Frequently Asked Questions)

4.1 Apakah Sorban Harus Dipakai Saat Sholat?

Sorban tidak termasuk sebagai bagian dari pakaian sholat yang wajib. Namun, bagi sebagian masyarakat muslim di Indonesia, sorban dipakai sebagai tanda kehormatan saat mengikuti sholat berjamaah.

4.2 Bagaimana Jika Sorban Tidak Sesuai dengan Adat?

Jika sorban yang kamu pakai tidak sesuai dengan adat atau aturan masyarakat setempat, kamu bisa diminta untuk memperbaikinya atau menggantinya dengan sorban yang sesuai.

4.3 Bagaimana Cara Merawat Sorban?

Sorban perlu dirawat dengan baik agar tetap awet dan terlihat rapi saat dipakai. Cuci sorban dengan deterjen yang lembut, kemudian jemur dan setrika sorban agar terlihat lebih rapi.

4.4 Apa Saja Jenis Sorban yang Tidak Boleh Dipakai?

Terdapat beberapa jenis sorban yang tidak boleh dipakai, seperti sorban yang terbuat dari bahan berwarna merah karena dianggap sebagai simbol keberuntungan dan sorban yang terbuat dari bahan yang berisi gambar atau tulisan yang bertentangan dengan ajaran agama Islam.

4.5 Apa Fungsi Sorban Selain Sebagai Penutup Kepala?

Sorban selain berfungsi sebagai penutup kepala, juga memiliki makna dan simbolis yang mendalam bagi masyarakat muslim di Indonesia, seperti tanda kehormatan, kewibawaan, dan kesopanan.

Demikianlah panduan lengkap tentang cara pakai sorban. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi bagi kamu yang ingin memakai sorban dengan benar dan sesuai dengan adat.

Cara Pakai Sorban: Panduan Lengkap Mulai dari A-Z