Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong

>Hello Sohib EditorOnline! If you’re reading this, chances are you have experienced the frustration of printing an Excel document only to find that the printout is cut off or incomplete. But don’t worry, we’ve got you covered with these easy-to-follow steps to ensure that your Excel documents print perfectly every time.

Permasalahan Print Excel Terpotong

Sebelum kita membahas langkah-langkah untuk mencetak dokumen Excel tanpa potongan, ada baiknya kita mengidentifikasi penyebab terpotongnya dokumen saat dicetak. Beberapa penyebab terpotongnya dokumen Excel saat dicetak antara lain:

  1. Ukuran kolom dan baris yang terlalu besar
  2. Pengaturan margin yang tidak tepat
  3. Pengaturan kertas yang salah
  4. Pengaturan orientasi yang tidak sesuai
  5. Skala cetak yang salah

Kemudian, bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Berikut adalah langkah-langkah untuk mencetak dokumen Excel tanpa terpotong.

Pengaturan Kertas dan Margin

Langkah pertama untuk memastikan bahwa dokumen Excel Anda dicetak sesuai dengan yang Anda inginkan adalah dengan mengatur kertas dan margin. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama, pastikan Anda telah memilih ukuran kertas yang tepat. Misalnya, jika Anda ingin mencetak dokumen pada kertas A4, pastikan Anda telah memilih opsi A4 di pengaturan kertas.
  2. Selanjutnya, pastikan margin dokumen Anda sudah sesuai. Anda dapat mengatur margin dokumen Anda dengan cara mengklik tab Page Layout, kemudian klik Margins. Di sini, Anda dapat memilih opsi margin yang diinginkan atau mengatur margin manual.
  3. Jika dokumen Anda terlalu lebar atau panjang, Anda dapat memperkecil ukuran dokumen dengan cara mengklik tab Page Layout, kemudian klik opsi Scale to Fit. Di sini, Anda dapat memilih opsi lebar atau panjang yang diinginkan.

Pengaturan Kertas

Untuk menentukan ukuran kertas yang tepat, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, buka dokumen Excel yang ingin Anda cetak.
  2. Selanjutnya, klik tab Page Layout di bagian atas layar.
  3. Kemudian, klik opsi Size di bagian bawah toolbar.
  4. Pilih opsi kertas yang sesuai dengan dokumen Anda. Misalnya, jika Anda ingin mencetak dokumen pada kertas A4, pilih opsi A4.

Pengaturan Margin

Untuk mengatur margin dokumen Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, buka dokumen Excel yang ingin Anda cetak.
  2. Selanjutnya, klik tab Page Layout di bagian atas layar.
  3. Kemudian, klik opsi Margin di bagian bawah toolbar.
  4. Pilih opsi margin yang diinginkan atau klik opsi Custom Margins untuk mengatur margin manual.

Pengaturan Orientasi Cetak dan Skala

Selain kertas dan margin, pengaturan orientasi dan skala juga berpengaruh pada hasil cetak dokumen Excel Anda. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur orientasi dan skala cetak:

  1. Pertama, buka dokumen Excel yang ingin Anda cetak.
  2. Selanjutnya, klik tab Page Layout di bagian atas layar.
  3. Kemudian, klik opsi Orientation untuk mengubah orientasi cetak dokumen Anda. Pilih opsi Potrait untuk cetak vertikal atau Landscape untuk cetak horizontal.
  4. Jika dokumen Anda terlalu besar untuk dicetak pada satu halaman, Anda dapat memperkecil ukuran dokumen dengan memilih opsi Fit to.
  5. Klik opsi Fit to dan masukkan jumlah halaman yang diinginkan di kolom Pages wide by dan Pages tall by. Misalnya, jika dokumen Anda terlalu lebar untuk dicetak pada satu halaman, Anda dapat memasukkan angka 2 di kolom Pages wide by untuk mencetak dokumen dalam dua halaman.
TRENDING 🔥  Cara Cek Umur Kartu Telkomsel

Pengaturan Orientasi Cetak

Untuk mengatur orientasi cetak dokumen Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, buka dokumen Excel yang ingin Anda cetak.
  2. Selanjutnya, klik tab Page Layout di bagian atas layar.
  3. Kemudian, klik opsi Orientation.
  4. Pilih opsi orientasi cetak yang diinginkan. Misalnya, jika Anda ingin mencetak dokumen dalam posisi potrait, pilih opsi Potrait.

Pengaturan Skala Cetak

Untuk mengatur skala cetak dokumen Anda, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pertama, buka dokumen Excel yang ingin Anda cetak.
  2. Selanjutnya, klik tab Page Layout di bagian atas layar.
  3. Kemudian, klik opsi Scale to Fit.
  4. Pilih opsi lebar atau panjang yang diinginkan.
  5. Masukkan jumlah halaman pada kolom Pages wide by dan Pages tall by jika dokumen Anda terlalu besar untuk dicetak pada satu halaman.

Ukuran Kolom dan Baris

Selain pengaturan kertas, margin, orientasi cetak, dan skala, ukuran kolom dan baris pada dokumen Excel juga mempengaruhi hasil cetak. Untuk memastikan hasil cetak yang bagus, pastikan ukuran kolom dan baris pada dokumen Anda sudah sesuai dengan yang Anda inginkan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur ukuran kolom dan baris:

  1. Pertama, buka dokumen Excel yang ingin Anda cetak.
  2. Selanjutnya, klik kolom atau baris yang ingin Anda ubah ukurannya.
  3. Di bagian atas layar, klik opsi Format. Kemudian, pilih opsi Column Width atau Row Height.
  4. Masukkan ukuran yang diinginkan pada kolom Width atau Row Height.

FAQ

1. Apakah saya harus mengikuti semua langkah-langkah di atas untuk mencetak dokumen Excel?

Tidak, Anda hanya perlu mengikuti langkah-langkah yang diperlukan yang sesuai dengan masalah yang sedang dihadapi.

2. Mengapa dokumen Excel saya terpotong saat dicetak?

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan dokumen Excel terpotong saat dicetak, seperti ukuran kolom dan baris yang terlalu besar, pengaturan margin yang tidak tepat, pengaturan kertas yang salah, pengaturan orientasi yang tidak sesuai, atau skala cetak yang salah. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di atas untuk memperbaiki masalah ini.

3. Bagaimana cara mengatur ukuran kertas dan margin di Excel?

Anda dapat mengatur ukuran kertas dan margin di Excel dengan cara mengklik tab Page Layout, kemudian memilih opsi Size untuk mengatur ukuran kertas dan opsi Margin untuk mengatur margin.

4. Apa yang harus dilakukan jika dokumen Excel terlalu lebar atau panjang saat dicetak?

Jika dokumen Excel terlalu lebar atau panjang saat dicetak, Anda dapat memperkecil ukuran dokumen atau membagi dokumen menjadi beberapa halaman. Anda dapat mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas untuk mengatur skala cetak atau orientasi cetak dokumen Anda.

5. Apakah saya perlu mengubah pengaturan printer sebelum mencetak dokumen Excel?

Tidak, Anda tidak perlu mengubah pengaturan printer sebelum mencetak dokumen Excel. Yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti langkah-langkah di atas untuk memastikan bahwa dokumen Excel dicetak dengan sempurna.

Cara Print Excel Agar Tidak Terpotong