Tata Cara Sholat Tarawih Sendiri yang Benar dan Mudah Dipraktikkan

>Halo Sohib EditorOnline, bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah di mana umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah. Salah satu ibadah yang dilakukan di bulan Ramadhan adalah sholat tarawih. Namun, di tengah pandemi yang masih berlangsung, banyak masjid yang belum dibuka atau dibatasi kapasitasnya. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tata cara sholat tarawih sendiri yang benar dan mudah dipraktikkan di rumah. Berikut adalah panduan lengkapnya:

1. Mengenal Sholat Tarawih

Sholat tarawih adalah sholat sunnah yang dilakukan di bulan Ramadhan setelah sholat Isya. Sholat ini dilakukan secara berjamaah di masjid atau di rumah bersama keluarga. Sholat tarawih terdiri dari 11 atau 23 rakaat, tergantung pada tradisi yang dianut.

Sejarah Sholat Tarawih

Sholat tarawih pertama kali diperkenalkan oleh Khalifah Umar bin Khattab pada tahun ke-18 setelah hijrah. Beliau melihat para sahabat Nabi saw. sedang sholat secara berjamaah namun tidak berjeda antara rakaat-rakaatnya. Kemudian beliau mengumpulkan para sahabat dan menetapkan sholat tarawih dengan berjeda antara rakaat-rakaatnya.

Sholat tarawih juga dianggap sebagai salah satu cara untuk memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

2. Persiapan Sebelum Sholat Tarawih Sendiri

Sebelum memulai sholat tarawih sendiri, pastikan untuk melakukan persiapan-persiapan berikut:

Mempersiapkan Tempat Sholat

Carilah tempat yang nyaman dan tenang untuk melakukan sholat tarawih. Pastikan tempat tersebut bersih dan terhindar dari gangguan seperti televisi atau radio. Sediakan juga sajadah atau karpet sholat yang bersih dan lap untuk membersihkan wajah sebelum sholat.

Mengambil Wudhu

Sebelum sholat tarawih, ambil wudhu terlebih dahulu. Pastikan anda membersihkan seluruh anggota tubuh dengan benar dan mengalirkan air ke seluruh anggota tubuh yang wajib dibasuh.

Mempersiapkan Bacaan Sholat

Untuk memudahkan dalam melaksanakan sholat tarawih, persiapkan bacaan sholat yang akan dilakukan. Bacaan sholat tarawih bisa didapatkan dalam kitab sholat atau di internet.

Mengatur Jadwal Sholat

Tentukan jadwal sholat tarawih sendiri yang akan dilakukan. Biasanya sholat tarawih dilakukan setelah sholat isya dan sebelum sholat witir. Namun, anda dapat menyesuaikan jadwal sholat tarawih dengan kondisi keluarga atau pekerjaan anda.

3. Tata Cara Sholat Tarawih Sendiri

Berikut adalah tata cara sholat tarawih sendiri yang benar dan mudah dipraktikkan di rumah:

1. Sholat Isya

Sebelum memulai sholat tarawih, lakukan terlebih dahulu sholat isya.

2. Niat Sholat Tarawih

Setelah sholat isya, niatkan untuk melaksanakan sholat tarawih sesuai dengan yang diajarkan oleh Rasulullah saw.

3. Sholat Sunnah Tahiyatul Masjid

Sebelum memulai sholat tarawih, lakukan sholat sunnah tahiyatul masjid terlebih dahulu.

TRENDING 🔥  Cara Mengatasi Stres karena Banyak Hutang

4. Memulai Sholat Tarawih

Setelah sholat tahiyatul masjid, mulailah sholat tarawih dengan membaca takbiratul ihram.

5. Membaca Al-Fatihah

Setelah takbiratul ihram, baca Al-Fatihah sebagai bacaan wajib dalam setiap rakaat.

6. Membaca Surat-Surat Pendek

Setelah membaca Al-Fatihah, baca surat pendek dari Al-Quran. Anda dapat membaca surat apa saja selain surat Al-Fatihah. Namun, sebaiknya pilih surat-surat yang mudah dihafal dan memiliki arti yang bermanfaat.

7. Ruku’

Setelah membaca surat, rukulah dengan mengucapkan “subhana rabbiyal adhim”. Tahan posisi ruku’ sejenak sebelum kembali berdiri.

8. I’tidal

Setelah ruku’, berdirilah kembali dengan posisi tegak dan membaca “sami’allahu liman hamidah” dan “rabbana wa lakal hamd”.

9. Sujud

Setelah i’tidal, sujudlah dengan membacakam “subhana rabbiyal a’la”. Tahan posisi sujud sejenak sebelum kembali duduk seperti posisi semula.

10. Duduk di Tengah-tengah Sholat

Setelah dua rakaat, duduklah sejenak sebelum melanjutkan sholat tarawih selanjutnya.

11. Melakukan Sholat Witir

Setelah menyelesaikan rakaat terakhir sholat tarawih, lakukan sholat witir dengan membaca dua rakaat dengan satu salam atau tiga rakaat dengan dua salam. Bacaan sholat witir sama dengan sholat tarawih.

4. FAQ tentang Sholat Tarawih Sendiri

# Pertanyaan Jawaban
1 Apakah sholat tarawih boleh dilakukan sendiri? Sholat tarawih dapat dilakukan secara berjamaah di masjid atau di rumah bersama keluarga. Namun, jika tidak memungkinkan untuk melaksanakan sholat tarawih berjamaah, maka dapat dilakukan sendiri di rumah.
2 Berapa jumlah rakaat sholat tarawih yang benar? Jumlah rakaat sholat tarawih dapat berbeda-beda, tergantung pada tradisi yang dianut. Ada yang 11 rakaat dan ada yang 23 rakaat.
3 Apakah bacaan sholat tarawih boleh dibaca dalam hati? Sebaiknya bacaan sholat tarawih dibaca dengan suara yang cukup agar lebih khusyuk. Namun, apabila tidak memungkinkan untuk membaca dengan suara, maka bisa dibaca dalam hati.
4 Apakah sholat witir wajib dilakukan setelah sholat tarawih? Sholat witir adalah sholat sunnah yang dianjurkan dilakukan setelah sholat tarawih. Namun, jika tidak ingin melakukan sholat witir, tidak ada hukuman atau dosa yang diberikan.
5 Apakah sholat tarawih dapat dilakukan setelah sholat witir? Tidak, sholat tarawih harus dilakukan sebelum sholat witir.

Demikianlah tata cara sholat tarawih sendiri yang benar dan mudah dipraktikkan di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sohib EditorOnline dan seluruh pembaca. Jangan lupa untuk selalu memperbanyak ibadah di bulan Ramadhan dan menjaga kesehatan serta mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Tata Cara Sholat Tarawih Sendiri yang Benar dan Mudah Dipraktikkan