Berikut Merupakan Cara Memegang Lembing Adalah

>Hello Sohib EditorOnline! In this article, we will discuss the proper technique for holding a javelin, or lembing, in athletics. The javelin throw is a popular event in the track and field category of sports, and the way an athlete holds the javelin can greatly affect their technique and overall performance. So, let’s dive into the ways to properly hold a javelin!

1. Pengertian Lembing

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara memegang lembing, perlu diketahui terlebih dahulu pengertian lembing itu sendiri. Lembing adalah salah satu cabang olahraga atletik yang termasuk dalam nomor lempar dalam perlombaan.

Lembing terbuat dari bahan kayu atau logam dengan panjang sekitar 2,6 meter dan berat antara 800 gram sampai 1 kilogram. Pada ujungnya, terdapat mata yang berfungsi sebagai alat penentu arah dan jarak lemparan.

Pesertanya adalah seseorang yang akan melempar lembing tersebut, dan diharapkan agar peserta bisa menjatuhkan lembing pada jarak sejauh mungkin dari tempat awal pelemparan.

2. Teknik Memegang Lembing

Agar melempar lembing bisa dilakukan dengan baik, maka teknik memegang lembing harus dikuasai dengan baik juga. Berikut adalah cara memegang lembing yang benar:

a. Letakkan Lengan Kiri Di Depan

Pertama, letakkan lengan kiri di depan dan pegang lembing pada bagian tengah dengan posisi menempel pada tubuh. Pastikan jari-jari kiri berada di bagian bawah lembing, sedangkan jari-jari kanan berada di bagian atas lembing.

b. Pegang Lembing Dengan Erat

Kedua, genggam lembing dengan kuat tetapi santai. Pastikan jari-jari Anda terentang dan pas pada permukaan lembing, dan jangan terlalu erat sehingga bisa mengurangi kecepatan dan presisi dalam melempar.

c. Posisikan Lembing Di Atas Bahu Kiri

Setelah itu, posisikan lembing di atas bahu kiri dengan sudut yang tepat untuk mempersiapkan lemparan. Pastikan bahwa posisi lembing selalu di atas bahu kiri agar dapat menghasilkan momentum yang baik saat melempar.

d. Tekuk Tubuh Sejauh 45 Derajat

Lalu, tekuk tubuh sejauh 45 derajat pada bagian pinggang. Ini akan memberikan momentum yang cukup untuk melempar lembing sejauh mungkin dengan kekuatan maksimal.

e. Buat Gerakan Geser Kaki Menjadi Gerak Lurus

Terakhir, buat gerakan geser kaki menjadi gerak lurus dan lemparkan lembing dengan kekuatan penuh. Pastikan bahwa Anda melepaskan lembing dengan waktu yang tepat dan sudut yang tepat untuk mencapai jarak dan presisi yang diinginkan.

TRENDING 🔥  20 Panduan Lengkap Cara Daftar Voucher Telkomsel

3. FAQ

Question Answer
Bagaimana cara menjatuhkan lembing sejauh mungkin? Untuk menjatuhkan lembing sejauh mungkin, perlu dilakukan teknik memegang lembing dengan benar, berlatih secara teratur, dan memperhatikan posisi badan saat melempar untuk mendapatkan momentum yang optimal.
Apakah teknik memegang lembing sama untuk pria dan wanita? Iya, teknik memegang lembing sama untuk pria dan wanita. Yang membedakan hanyalah berat dan panjang lembing yang digunakan dalam perlombaan, dan hal itu disesuaikan dengan jenis kelamin peserta.
Berapa waktu yang dibutuhkan untuk menguasai teknik memegang lembing? Waktu yang dibutuhkan untuk menguasai teknik memegang lembing tergantung pada kemampuan individu dan seberapa sering berlatih. Namun, sebagai atlet yang baik, perlu meluangkan waktu minimal 2-3 jam per hari untuk latihan.

Dengan menguasai teknik memegang lembing dengan baik, peluang Anda untuk mencapai prestasi yang baik akan semakin besar. Pelajari teknik dan perhatikan latihan dengan seksama agar Anda bisa menjadi atlet lembing yang handal!

Berikut Merupakan Cara Memegang Lembing Adalah

https://youtube.com/watch?v=d3QhM-Bx6Zk