Cara Cek Nama Guru Honorer di Dapodik

>Hello Sohib EditorOnline, dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara cek nama guru honorer di Dapodik. Bagi para guru honorer, Dapodik merupakan aplikasi yang sangat penting untuk melakukan penginputan data. Salah satu data yang harus diinputkan adalah nama. Namun, bagaimana cara untuk mengecek apakah nama tersebut sudah benar terdaftar di Dapodik? Berikut adalah pembahasan lengkapnya.

Penjelasan tentang Dapodik

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara cek nama guru honorer di Dapodik, perlu kita ketahui lebih dulu tentang apa itu Dapodik. Dapodik merupakan singkatan dari Data Pokok Pendidikan dan Kebudayaan. Aplikasi ini digunakan untuk menginput data-data pendidikan di Indonesia, mulai dari TK hingga SMA/SMK. Dalam Dapodik, terdapat data mengenai siswa, guru, sekolah, dan lain sebagainya.

Dalam aplikasi Dapodik, setiap guru harus terdaftar dengan nama dan NIP (Nomor Induk Pegawai). Data ini sangat penting karena akan menjadi dasar untuk pengajuan tunjangan bagi guru honorer.

Untuk mengecek apakah nama guru honorer sudah terdaftar di Dapodik, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Berikut adalah penjelasan lengkapnya.

Cara Cek Nama Guru Honorer di Dapodik Secara Online

Cara pertama untuk mengecek nama guru honorer di Dapodik adalah melalui website resmi Dapodik. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-langkah Penjelasan
Buka website Dapodik Buka website resmi Dapodik di alamat https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/
Login Login menggunakan NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) dan password
Pilih menu “Referensi” Pada menu referensi, pilih submenu “GTK” (Guru dan Tenaga Kependidikan)
Masukkan nama guru Untuk mengecek apakah nama guru honorer sudah terdaftar di Dapodik, masukkan nama guru pada kolom pencarian
Klik tombol “Cari” Jika nama guru honorer sudah terdaftar di Dapodik, maka akan muncul data yang sesuai dengan nama yang dimasukkan

Itulah cara cek nama guru honorer di Dapodik secara online. Namun, ada juga cara lain yang bisa dilakukan.

Cara Cek Nama Guru Honorer di Dapodik Secara Manual

Cara kedua adalah dengan cara manual. Berikut adalah langkah-langkahnya:

Langkah-langkah Penjelasan
Hubungi Dinas Pendidikan Hubungi Dinas Pendidikan setempat untuk menanyakan apakah nama guru honorer sudah terdaftar di Dapodik atau belum
Bawa dokumen pendukung Bawa dokumen pendukung seperti Surat Keputusan Pengangkatan (SK Pengangkatan) atau Surat Tanda Registrasi (STR)
Tanyakan langsung ke operator Dapodik Jika bisa, tanyakan langsung ke operator Dapodik mengenai status nama guru honorer tersebut
TRENDING 🔥  Cara Menghibur Orang Sedih Lewat Chat

Jika nama guru honorer sudah terdaftar di Dapodik, maka akan terlihat pada data yang ada di aplikasi.

FAQ

1. Apa itu Dapodik?

Dapodik merupakan singkatan dari Data Pokok Pendidikan dan Kebudayaan. Aplikasi ini digunakan untuk menginput data-data pendidikan di Indonesia, mulai dari TK hingga SMA/SMK. Dalam Dapodik, terdapat data mengenai siswa, guru, sekolah, dan lain sebagainya.

2. Mengapa penting untuk mengecek nama guru honorer di Dapodik?

Setiap guru harus terdaftar dengan nama dan NIP (Nomor Induk Pegawai) di Dapodik. Data ini sangat penting karena akan menjadi dasar untuk pengajuan tunjangan bagi guru honorer. Maka dari itu, penting untuk mengecek apakah nama guru honorer sudah terdaftar di Dapodik atau belum.

3. Apa yang harus dilakukan jika nama guru honorer belum terdaftar di Dapodik?

Jika nama guru honorer belum terdaftar di Dapodik, maka perlu dilakukan penginputan data terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan oleh operator Dapodik yang disediakan oleh Dinas Pendidikan setempat.

4. Apakah ada biaya untuk mengecek nama guru honorer di Dapodik?

Tidak, tidak ada biaya untuk mengecek nama guru honorer di Dapodik. Cukup mengakses website atau menghubungi operator Dapodik untuk mengeceknya.

5. Apakah nama guru honorer bisa diubah setelah terdaftar di Dapodik?

Ya, nama guru honorer bisa diubah setelah terdaftar di Dapodik. Namun, perlu melalui proses yang cukup panjang, seperti pengajuan surat permohonan perubahan data ke Dinas Pendidikan setempat.

Demikianlah artikel mengenai cara cek nama guru honorer di Dapodik. Semoga bermanfaat!

Cara Cek Nama Guru Honorer di Dapodik