Cara Melihat Chat WA yang Sudah Dihapus Lama

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu pernah mengalami kejadian dimana kamu ingin melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus lama? Atau mungkin kamu kepo ingin tahu cara melihat chat yang sudah dihapus oleh teman atau pacar kamu? Nah, kali ini kita akan membahas cara-cara melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus lama dengan mudah dan cepat.

1. Apa Itu Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus?

Sebelum masuk ke langkah-langkah cara melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus lama, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu chat WhatsApp yang sudah dihapus. Biasanya, chat yang sudah dihapus lama akan hilang dari layar chat kamu dan tidak bisa ditemukan lagi di dalam aplikasi WhatsApp. Namun, chat tersebut masih tersimpan di dalam file backup WhatsApp di smartphone kamu.

1.1. Kenapa Chat Harus Dihapus?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang harus menghapus chat di WhatsApp, seperti:

  • Menjaga privasi
  • Menghapus chat yang tidak penting
  • Menyimpan ruang penyimpanan di smartphone

1.2. Apa yang Dihapus dalam Chat yang Sudah Dihapus?

Saat kamu menghapus chat di WhatsApp, chat tersebut akan dihapus dari layar chat kamu, tapi masih tersimpan di dalam file backup WhatsApp kamu. Namun, jika kamu menghapus chat secara permanent, maka chat tersebut tidak akan bisa dipulihkan lagi, termasuk media seperti foto, video, atau file dokumen.

2. Cara Melihat Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu cara melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus lama adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa kamu unduh di Google Play Store. Berikut adalah langkah-langkahnya:

2.1. Unduh Aplikasi Undeleter di Google Play Store

Unduh aplikasi Undeleter di Google Play Store dan buka aplikasinya di smartphone kamu. Setelah itu, pilih opsi ‘Internal’ untuk memindai file backup WhatsApp yang tersimpan di smartphone kamu.

2.2. Cari File Backup WhatsApp yang Tersimpan

Setelah memilih opsi ‘Internal’, kamu akan diberikan opsi untuk memilih penyimpanan internal smartphone kamu. Pilih opsi yang sesuai dengan smartphone kamu dan cari folder ‘WhatsApp’.

2.3. Pilih Folder ‘Databases’

Setelah menemukan folder ‘WhatsApp’, cari folder ‘Databases’ di dalam folder ‘WhatsApp’. Di dalam folder ‘Databases’ lah file backup WhatsApp kamu tersimpan.

2.4. Pilih File Backup WhatsApp yang Ingin Dilihat Chatnya

Pilih file backup WhatsApp yang ingin kamu lihat chatnya dan tunggu proses pemindaian selesai. Setelah selesai, kamu akan melihat pesan-pesan yang terhapus di WhatsApp kamu.

3. Cara Melihat Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus dengan Bantuan Google Drive

Selain menggunakan aplikasi pihak ketiga, kamu juga bisa melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus lama dengan bantuan Google Drive. Berikut adalah langkah-langkahnya:

TRENDING 🔥  Cara Masuk Ke Safe Mode Windows 10

3.1. Pastikan Backup WhatsApp Tersimpan di Google Drive

Untuk dapat melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus lama, kamu harus memastikan backup WhatsApp kamu sudah tersimpan di Google Drive. Untuk memastikannya, buka aplikasi WhatsApp, masuk ke opsi ‘Settings’, pilih ‘Chats’, dan pilih ‘Chat backup’. Di sana kamu akan melihat apakah backup WhatsApp kamu tersimpan di Google Drive atau tidak.

3.2. Unduh Backup WhatsApp dari Google Drive

Setelah memastikan backup WhatsApp tersimpan di Google Drive, kamu bisa mengunduhnya dengan cara buka Google Drive di smartphone kamu, cari folder ‘WhatsApp’ dan pilih folder ‘Databases’. Di dalam folder tersebut lah file backup WhatsApp kamu tersimpan.

3.3. Pindahkan File Backup WhatsApp ke Internal Storage

Setelah mendapatkan file backup WhatsApp, pindahkan file tersebut ke dalam penyimpanan internal smartphone kamu. Kamu bisa menggunakan aplikasi file manager untuk memindahkan file tersebut.

3.4. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga untuk Membaca File Backup WhatsApp

Setelah memindahkan file backup WhatsApp ke dalam penyimpanan internal smartphone kamu, kamu bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti SQLite Editor atau Notepad++ untuk membaca file tersebut dan melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus lama.

4. Pertanyaan Umum tentang Cara Melihat Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus

No Pertanyaan Jawaban
1 Apakah Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus Bisa Dikembalikan? Kamu bisa melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus lama dengan menggunakan cara-cara yang sudah dijelaskan di atas, namun kamu tidak bisa mengembalikannya ke dalam aplikasi WhatsApp.
2 Apakah Ada Risiko Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga? Ya, menggunakan aplikasi pihak ketiga memiliki risiko keamanan yang cukup besar, seperti virus atau malware. Oleh karena itu, pastikan kamu hanya mendownload dan menginstall aplikasi pihak ketiga dari sumber yang terpercaya.
3 Bisakah Melihat Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus Tanpa Backup? Maaf, kamu tidak bisa melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus tanpa backup. Karena saat kamu menghapus chat di WhatsApp, chat tersebut akan hilang dari layar chat kamu, tapi masih tersimpan di dalam file backup WhatsApp kamu.
4 Apakah Cara Melihat Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus Bisa Dilakukan di iPhone? Ya, kamu bisa melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus lama di iPhone dengan cara yang sama seperti di Android, menggunakan aplikasi pihak ketiga atau bantuan iCloud.
5 Apakah Cara Melihat Chat WhatsApp yang Sudah Dihapus Berlaku untuk Semua Versi WhatsApp? Ya, cara melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus lama berlaku untuk semua versi WhatsApp, baik versi lama maupun versi terbaru.

Itulah beberapa cara melihat chat WhatsApp yang sudah dihapus lama. Setelah mengetahui cara-cara tersebut, kamu bisa dengan mudah melihat kembali chat WhatsApp yang sudah dihapus oleh teman atau pacar kamu. Namun, penting untuk diingat bahwa privasi orang lain harus dijaga dan tidak boleh dibuka begitu saja. Jadi, gunakan cara-cara tersebut dengan bijak, ya!

Cara Melihat Chat WA yang Sudah Dihapus Lama