Cara Melihat History YouTube yang Sudah Dihapus

>Hello Sohib EditorOnline, apakah Anda pernah menghapus history YouTube Anda dan sekarang ingin melihat kembali video yang pernah Anda tonton? Tenang saja, dalam artikel ini kami akan membahas cara melihat history YouTube yang sudah dihapus. Kami akan memberikan langkah-langkahnya secara detail dan mudah dipahami.

Apa itu History YouTube?

History YouTube adalah daftar video yang pernah Anda tonton saat menggunakan akun YouTube Anda. Video ini akan tersimpan di dalam history YouTube Anda dan bisa diakses kembali di kemudian hari. Namun, apabila Anda menghapus video tersebut dari history YouTube Anda, maka video tersebut tidak akan lagi dapat ditemukan di dalam history Anda.

1. Mengapa Perlu Melihat History YouTube yang Sudah Dihapus?

Melihat history YouTube yang sudah dihapus mungkin perlu jika Anda ingin:

  • Mencari video yang sudah belum Anda ingat judulnya atau channel pembuatnya
  • Melihat kembali video yang sudah ditonton di masa lalu
  • Mengingat kembali ketertarikan dan minat pada topik tertentu
  • Melihat kembali komentar atau like pada video yang sudah ditonton sebelumnya

2. Apakah Bisa Melihat History YouTube yang Sudah Dihapus?

Secara default, YouTube tidak menyediakan fitur untuk melihat kembali video yang sudah dihapus dari history Anda. Namun, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melihat history YouTube yang sudah dihapus.

Langkah-langkah Melihat History YouTube yang Sudah Dihapus

1. Menggunakan Cache Browser

Cache browser adalah tempat penyimpanan sementara file atau data yang pernah dibuka oleh browser. Cache browser bisa diakses dengan cara:

  1. Buka browser yang biasa Anda gunakan untuk membuka YouTube
  2. Ketikkan “cache:” di depan URL YouTube yang ingin dilihat history-nya
  3. Cari baris yang memiliki tulisan “googleusercontent.com”
  4. Klik tautan tersebut untuk melihat history YouTube yang sudah dihapus

Kelemahan dari metode ini adalah bahwa cache browser hanya menyimpan data selama beberapa waktu. Jadi, apabila Anda menghapus history YouTube lebih dari beberapa waktu yang lalu, maka cache browser tidak akan dapat menampilkan data history-nya.

2. Menggunakan Google History

Google menyimpan data history YouTube selama beberapa waktu, tergantung dari pengaturan privasi yang dipilih. Apabila pengaturan privasi Anda mengizinkan Google untuk menyimpan data history YouTube Anda, maka data tersebut dapat dilihat melalui Google History.

  1. Buka Google History melalui alamat “https://history.google.com/”
  2. Cari tautan “YouTube” pada bagian “Search history” atau “Watch history”
  3. Klik tautan tersebut untuk melihat history YouTube Anda yang sudah dihapus

Kelemahan dari metode ini adalah bahwa data history YouTube yang disimpan oleh Google hanya berlaku untuk beberapa waktu. Jadi, apabila Anda menghapus history YouTube lebih dari beberapa waktu yang lalu, maka data tersebut tidak akan tersedia di Google History.

TRENDING 🔥  Cara Transfer SMS Bangking Mandiri

3. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Selain dua cara di atas, masih ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda untuk melihat history YouTube yang sudah dihapus. Beberapa aplikasi tersebut antara lain:

  • YouTube History Viewer
  • YouTube Data Viewer
  • YouTube Viewer Extension

Anda dapat mencari dan mengunduh aplikasi tersebut melalui situs-situs download aplikasi atau toko aplikasi di perangkat Anda.

FAQ

1. Apakah Ada Cara Lain Melihat History YouTube yang Sudah Dihapus?

Tidak semua cara berhasil untuk melihat history YouTube yang sudah dihapus. Namun, masih ada beberapa cara lain yang bisa dicoba, seperti menggunakan perangkat lunak khusus, menghubungi layanan pelanggan YouTube, atau mencari melalui arsip internet.

2. Apakah Melihat History YouTube yang Sudah Dihapus Aman?

Melihat history YouTube yang sudah dihapus mungkin bisa membahayakan privasi Anda, terutama apabila data tersebut dilihat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu melindungi akun YouTube Anda dengan pengaturan privasi yang baik dan memilih metode yang aman untuk melihat history YouTube yang sudah dihapus.

3. Apakah Bisa Mengembalikan Video yang Sudah Dihapus dari History YouTube?

Tidak, tidak ada cara untuk mengembalikan video yang sudah dihapus dari history YouTube Anda. Oleh karena itu, pastikan untuk tidak menghapus video yang penting atau berharga untuk Anda agar bisa ditemukan kembali di kemudian hari.

Cara Kelebihan Kelemahan
Cache Browser Mudah dilakukan dan tidak memerlukan aplikasi tambahan Tidak dapat menampilkan history YouTube yang dihapus lebih dari beberapa waktu yang lalu
Google History Menyimpan data history YouTube selama beberapa waktu Tidak selalu dapat menampilkan data history yang dihapus
Aplikasi Pihak Ketiga Bsia menampilkan data history yang dihapus dan relatif mudah digunakan Diperlukan aplikasi tambahan dan kemungkinan terdapat risiko keamanan

Cara Melihat History YouTube yang Sudah Dihapus