Cara Melihat Pesan Terhapus di WA

>Hello Sohib EditorOnline! Selamat datang di artikel kami yang membahas cara melihat pesan terhapus di WhatsApp. WhatsApp merupakan aplikasi percakapan populer di seluruh dunia. Selain mudah digunakan, WhatsApp juga memiliki banyak fitur menarik, seperti kemampuan untuk menghapus pesan. Namun, terkadang kita ingin tahu pesan apa saja yang telah dihapus oleh teman atau keluarga kita. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara-cara yang dapat dilakukan untuk melihat pesan terhapus di WhatsApp. Simak terus ya!

1. Menggunakan fitur notifikasi sistem

Fitur notifikasi pada sistem operasi iOS dan Android sering disebut-sebut sebagai salah satu cara untuk melihat pesan yang telah terhapus di WhatsApp. Bagaimana caranya?

Pertama-tama, pastikan bahwa notifikasi WhatsApp sudah diaktifkan pada perangkat Anda. Cara melakukan hal ini dapat berbeda-beda tergantung pada sistem operasi yang digunakan. Namun, secara umum notifikasi dapat diaktifkan pada menu pengaturan. Setelah itu, ikuti langkah-langkah berikut:

Langkah Keterangan
1 Buka layar kunci
2 Fungsi notifikasi akan otomatis menampilkan pesan yang masuk
3 Notifikasi pesan yang telah dihapus oleh pengirim tidak akan hilang dari layar notifikasi

Untuk sistem operasi iOS, notifikasi akan muncul di layar kunci atau di pusat notifikasi. Sedangkan untuk pengguna Android, pesan yang masuk akan muncul di bagian atas layar. Anda dapat menggeser notifikasi tersebut ke bawah untuk membaca pesan yang telah dihapus.

Perlu diingat bahwa fitur notifikasi sistem hanya dapat menampilkan pesan yang masuk setelah fitur ini diaktifkan. Pesan yang telah masuk sebelumnya tetap tidak dapat dilihat. Selain itu, penggunaan fitur notifikasi sistem juga memerlukan akses pada layar kunci atau pusat notifikasi, sehingga dapat menjadi risiko keamanan bagi pengguna.

2. Menggunakan aplikasi pihak ketiga

Ada beberapa aplikasi yang dapat membantu kita melihat pesan terhapus di WhatsApp. Namun, penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat membahayakan privasi dan keamanan data kita. Oleh karena itu, pastikan bahwa aplikasi yang digunakan memiliki reputasi yang baik dan tidak mengambil data pribadi kita.

Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk melihat pesan terhapus di WhatsApp:

Aplikasi Keterangan
Notification History Aplikasi ini dapat menampilkan pesan yang telah terhapus pada layar notifikasi
WA Delete for Everyone Recovery Aplikasi ini dapat memulihkan pesan yang telah dihapus oleh pengirim
WhatsRemoved+ Aplikasi ini dapat menampilkan pesan yang telah dihapus oleh pengirim atau penerima

Perlu diingat kembali bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat membahayakan privasi dan keamanan data kita. Selalu pastikan bahwa aplikasi yang digunakan memiliki reputasi yang baik dan tidak mengambil data pribadi kita.

3. Melakukan backup chat

Jika kita ingin melihat pesan terhapus yang telah masuk sebelum fitur notifikasi sistem diaktifkan, kita dapat mencoba melakukan backup chat. Backup chat dapat dilakukan secara manual atau otomatis melalui WhatsApp. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan backup chat:

TRENDING 🔥  Cara Delete Akun Telegram
Langkah Keterangan
1 Buka WhatsApp
2 Masuk ke pengaturan
3 Pilih opsi “Chat”
4 Pilih opsi “Backup Chat”

Dalam proses backup chat, WhatsApp akan membuat salinan semua pesan yang ada dan menyimpannya di cloud atau penyimpanan internal perangkat kita. Ketika kita ingin melihat pesan yang telah dihapus, kita dapat melakukan restore chat dari backup yang telah dibuat. Namun, perlu diingat bahwa restore chat dapat menghapus pesan yang telah masuk setelah backup chat dibuat.

FAQ

1. Apa saja pesan yang dapat dihapus di WhatsApp?

Pesan yang dapat dihapus di WhatsApp meliputi pesan teks, gambar, video, suara, dan dokumen. Selain itu, pengirim juga dapat menghapus pesan yang telah diterima oleh penerima.

2. Apakah pesan yang telah dihapus oleh pengirim dapat dikembalikan?

Dalam kondisi normal, pesan yang telah dihapus oleh pengirim tidak dapat dikembalikan. Namun, pengguna dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memulihkan pesan yang telah dihapus.

3. Apa risiko penggunaan aplikasi pihak ketiga untuk melihat pesan terhapus di WhatsApp?

Penggunaan aplikasi pihak ketiga dapat membahayakan privasi dan keamanan data kita. Beberapa aplikasi dapat mengambil data pribadi kita, seperti nomor telepon dan foto profil. Selain itu, aplikasi yang tidak terpercaya dapat menjadi sarang malware atau virus yang dapat merusak perangkat kita.

4. Apa saja kelemahan dari fitur notifikasi sistem untuk melihat pesan terhapus di WhatsApp?

Fitur notifikasi sistem hanya dapat menampilkan pesan yang masuk setelah fitur ini diaktifkan. Pesan yang telah masuk sebelumnya tetap tidak dapat dilihat. Selain itu, penggunaan fitur notifikasi sistem juga memerlukan akses pada layar kunci atau pusat notifikasi, sehingga dapat menjadi risiko keamanan bagi pengguna.

5. Apa saja keuntungan dan kerugian dari backup chat untuk melihat pesan terhapus di WhatsApp?

Keuntungan dari backup chat adalah kita dapat memulihkan pesan yang telah dihapus, bahkan yang telah masuk sebelum backup chat dibuat. Namun, kerugian dari backup chat adalah kita dapat kehilangan pesan yang telah masuk setelah backup chat dibuat, dan juga cloud atau penyimpanan internal perangkat kita dapat menjadi penuh.

Cara Melihat Pesan Terhapus di WA