Cara Melihat Riwayat Chat WA yang Sudah Dihapus

>Hello Sohib EditorOnline, apakah Anda pernah mengalami kejadian di mana Anda menghapus chat di WhatsApp, tapi kemudian lagi ingin melihat isinya? Jangan khawatir, kami akan membahas cara melihat riwayat chat WA yang sudah dihapus dalam artikel ini. Mari kita mulai!

1. Menggunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Jika Anda tidak ingin ribet melakukan hal lain, cara termudah untuk melihat pesan yang sudah dihapus adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Notification History atau Dr. Fone. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut di toko aplikasi dan mengaktifkannya.

Setelah diaktifkan, aplikasi tersebut akan menampilkan notifikasi yang hilang, termasuk pesan yang sudah dihapus di WhatsApp. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan aplikasi pihak ketiga memiliki risiko keamanan, oleh karena itu pastikan Anda menggunakan aplikasi resmi dan terpercaya.

FAQ: Aplikasi Pihak Ketiga

Pertanyaan Jawaban
Apakah aman menggunakan aplikasi pihak ketiga? Tidak selalu aman, pastikan Anda mengunduh dari toko aplikasi resmi dan terpercaya.
Berapa biaya yang harus saya keluarkan untuk menggunakan aplikasi tersebut? Tergantung pada aplikasinya, ada yang gratis dan ada yang berbayar.
Apakah aplikasi pihak ketiga ini legal digunakan? Itu tergantung pada undang-undang di negara anda. Pastikan untuk memeriksa terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi pihak ketiga.

2. Menggunakan Fitur Backup WA

Anda juga bisa memulihkan pesan yang sudah dihapus dari cadangan chat di WhatsApp. Jika Anda sudah mengaktifkan fitur backup chat, Anda bisa mengembalikan riwayat chat yang sudah dihapus dengan menginstal ulang WhatsApp.

Langkah-langkahnya adalah:

  1. Uninstall WhatsApp dari telepon Anda.
  2. Install kembali WhatsApp dari App Store atau Play Store.
  3. Buka WhatsApp dan verifikasi nomor telepon Anda.
  4. Ikuti petunjuk untuk mengembalikan chat dari cadangan.

Setelah proses pengembalian chat dari cadangan selesai, Anda dapat melihat kembali pesan-pesan yang sudah dihapus di WhatsApp Anda.

FAQ: Fitur Backup WA

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya harus membayar untuk menggunakan fitur backup chat di WhatsApp? Tidak, fitur backup chat di WhatsApp gratis untuk semua pengguna.
Apakah saya bisa mengembalikan pesan yang sudah dihapus jika saya tidak pernah melakukan backup chat? Tidak, Anda hanya bisa mengembalikan pesan-pesan yang sudah dihapus jika sudah melakukan backup chat sebelumnya.

3. Menggunakan File Manager di Telepon Anda

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan file manager di telepon Anda. Namun, cara ini hanya berlaku jika Anda belum menghapus chat tersebut secara permanen.

Langkah-langkahnya adalah:

  1. Buka file manager di telepon Anda.
  2. Cari folder WhatsApp.
  3. Pilih folder Databases.
  4. Pilih file msgstore.db.crypt12.
  5. Rename file tersebut menjadi msgstore-backup.db.crypt12.
  6. Rename file msgstore-YYYY-MM-DD-n.1.db.crypt12 menjadi msgstore.db.crypt12 n adalah nomor backup yang ingin Anda pulihkan.
  7. Install kembali WhatsApp di telepon Anda dan verifikasi nomor telepon Anda.
  8. Pilih opsi Pulihkan saat ditanya apakah Anda ingin memulihkan cadangan chat dari Google Drive atau iCloud.
TRENDING 🔥  Cara Mengganti Nomor WA yang Sudah Tidak Aktif

Setelah proses pengembalian chat dari cadangan selesai, Anda dapat melihat kembali pesan-pesan yang sudah dihapus di WhatsApp Anda.

FAQ: File Manager di Telepon Anda

Pertanyaan Jawaban
Apakah saya bisa mengembalikan pesan yang sudah dihapus jika sudah menghapus chat tersebut secara permanen? Tidak, cara ini hanya berlaku jika Anda belum menghapus chat tersebut secara permanen.
Dapatkah saya mengembalikan chat dari file manager di telepon saya jika saya menggunakan iPhone? Tidak, karena iPhone tidak memiliki file manager built-in. Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti iExplorer untuk mengakses file sistem iPhone Anda.

Penutup

Nah, itu tadi beberapa cara untuk melihat kembali riwayat chat WhatsApp yang sudah dihapus. Pastikan Anda mengambil langkah pencegahan dengan melakukan backup chat secara teratur untuk menghindari kehilangan pesan-pesan penting di WhatsApp Anda.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah membaca artikel kami, Sohib EditorOnline!

Cara Melihat Riwayat Chat WA yang Sudah Dihapus