Cara Membuat Kulit Pangsit

>Halo Sohib EditorOnline, dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat kulit pangsit yang lezat dan empuk. Kulit pangsit adalah salah satu bahan penting dalam pembuatan hidangan Chinese dim sum dan sangat populer di seluruh dunia. Dalam artikel ini, kita akan membahas mulai dari bahan hingga cara membuat kulit pangsit yang sempurna.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan kulit pangsit, pastikan Anda memiliki semua bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan Jumlah
Tepung terigu 250 gram
Tepung kanji 50 gram
Air dingin 150 ml
Garam 1/2 sendok teh
Minyak sayur 1 sendok makan

Pastikan juga Anda memiliki meja kerja yang bersih dan cukup besar untuk menggulung kulit pangsit. Sekarang, mari kita mulai membuat kulit pangsit.

Cara Membuat Kulit Pangsit

1. Campurkan Tepung Terigu dan Tepung Kanji

Pertama-tama, campurkan tepung terigu dan tepung kanji dalam sebuah wadah besar. Tambahkan garam dan aduk rata. Jangan lupa untuk menyaring campuran tepung untuk menghilangkan gumpalan-gumpalan yang mungkin terbentuk.

2. Tambahkan Minyak Sayur dan Air Dingin

Tambahkan minyak sayur ke dalam campuran tepung dan aduk. Kemudian, tambahkan air dingin sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga membentuk adonan yang lembut dan tidak lengket. Jangan terlalu banyak mengaduk atau adonan akan menjadi terlalu kalis.

3. Istirahatkan Adonan

Bungkus adonan dalam sebuah kain bersih dan istirahatkan selama setidaknya 30 menit di suhu ruangan.

4. Uleni Adonan

Setelah adonan istirahat, uleni adonan dengan tangan selama sekitar 5 menit hingga adonan menjadi lebih elastis. Pastikan tidak terlalu banyak menguleni adonan, karena akan membuat adonan menjadi kalis.

5. Giling Adonan

Sekarang, giling adonan dengan mesin penggiling atau giling adonan dengan rolling pin hingga adonan tipis dan transparan. Pastikan ketebalan adonan berkisar antara 1-2 mm.

6. Potong Adonan Menjadi Kotak-Kotak

Potong adonan menjadi kotak-kotak kecil dengan ukuran sekitar 5×5 cm. Anda dapat menggunakan pisau atau pemotong kue untuk memudahkan pekerjaan ini.

7. Ambil 1 Kotak Adonan

Ambil satu kotak adonan dan letakkan di atas permukaan meja yang telah diberi tepung terigu. Pastikan jari-jari Anda juga diberi tepung terigu agar adonan tidak lengket.

TRENDING 🔥  Cara Mengisi E HAC

8. Letakkan Isian di Tengah Adonan

Letakkan isian di tengah adonan. Anda dapat menggunakan daging cincang, sayuran, atau campuran keduanya sebagai isiannya.

9. Lipat Adonan

Lipat adonan menjadi segitiga dengan mengambil ujung kiri dan kanan adonan dan membentuk segitiga yang rapat. Pastikan isiannya tidak terlalu banyak agar mudah dilipat.

10. Lipat Lagi

Lipat lagi adonan menjadi segitiga dengan mengambil ujung atas adonan dan membentuk segitiga yang lebih kecil dan lebih rapat.

11. Rekatkan Ujungnya

Rekatkan ujung adonan dengan menggunakan sedikit air di bagian ujung atas adonan.

12. Ulangi Proses Hingga Adonan Habis

Ulangi proses ini dengan sisa adonan hingga adonan habis. Pastikan adonan dan isian tidak terlalu banyak agar mudah dilipat dan tidak bocor ketika dipanggang.

FAQ

1. Bisa Gak Kulit Pangsit Ini Dibuat Tanpa Tepung Kanji?

Bisa, tapi tepung kanji akan membuat kulit pangsit lebih elastis dan empuk.

2. Kalau Tidak Ada Mesin Penggiling, Bisa Menggiling Adonan dengan Rolling Pin?

Tentu saja bisa. Pastikan adonan tipis dan transparan dengan ketebalan antara 1-2 mm.

3. Bagaimana Kalau Isian Bocor Ketika Dipanggang?

Pastikan isian tidak terlalu banyak agar mudah dilipat dan tidak bocor ketika dipanggang. Jika masih bocor, coba rekatkan ujung adonan dengan lebih rapat.

4. Berapa Lama Adonan Harus Diistirahatkan?

Minimal selama 30 menit di suhu ruangan.

5. Bolehkah Membekukan Kulit Pangsit?

Tentu saja boleh. Simpan di dalam freezer dalam wadah kedap udara selama beberapa bulan.

Demikianlah cara mudah dan praktis membuat kulit pangsit yang lezat dan empuk. Selamat mencoba!

Cara Membuat Kulit Pangsit