Cara Membuat Yoghurt dengan Yakult

> Hello Sohib EditorOnline, apakah Anda menyukai yoghurt? Bagi sebagian orang, yoghurt bisa menjadi camilan yang menyehatkan dan mengenyangkan. Namun, tak jarang harga yoghurt di pasaran terlalu mahal sehingga membuat kita enggan membelinya. Nah, kali ini kita akan membahas cara membuat yoghurt dengan bahan yang mudah didapat dan pastinya lebih murah. Simak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Yakult?

Sebelum memulai resep, hal pertama yang perlu dipahami adalah apa itu Yakult. Yakult adalah minuman probiotik yang terbuat dari susu skim dengan tambahan bakteri Lactobacillus casei Shirota. Bakteri tersebut dapat membantu menjaga kesehatan usus dan meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, Yakult juga mengandung vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh.

Saat ini, Yakult sudah banyak ditemukan di supermarket atau toko-toko bahan makanan. Namun, Anda juga bisa membuat Yakult sendiri di rumah. Untuk membuat yoghurt, kita akan menggunakan Yakult sebagai starter kultur bakteri.

Bahan-bahan

Sebelum mulai membuat yoghurt, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan Jumlah
Susu UHT 1 liter
Yakult 1 botol (65 ml)

Alat-alat

Selain bahan-bahan, pastikan juga Anda telah menyiapkan alat-alat berikut ini untuk membuat yoghurt:

  • Panci
  • Termometer
  • Wadah tahan panas
  • Handuk

Cara Membuat Yoghurt dengan Yakult

Langkah 1: Sterilkan Alat

Sebelum mulai membuat yoghurt, pastikan semua alat yang akan digunakan telah disterilkan. Caranya, cuci semua alat dengan air panas dan sabun. Kemudian, rendam dalam air mendidih selama 10-15 menit. Setelah itu, keringkan alat-alat dengan handuk yang bersih.

Langkah 2: Panaskan Susu

Tuangkan susu UHT ke dalam panci. Panaskan susu dengan api kecil hingga suhu mencapai 70 derajat Celsius. Gunakan termometer untuk memantau suhu susu.

Langkah 3: Dinginkan Susu

Setelah susu mencapai suhu 70 derajat Celsius, matikan api dan biarkan susu dingin hingga suhu mencapai 40 derajat Celsius. Anda bisa mempercepat proses pendinginan dengan meletakkan panci susu dalam wadah yang berisi air dingin.

Langkah 4: Tambahkan Yakult

Setelah susu mencapai suhu 40 derajat Celsius, tuangkan Yakult ke dalam susu. Aduk rata hingga Yakult tercampur sempurna dengan susu.

Langkah 5: Fermentasi

Tuangkan campuran susu dan Yakult ke dalam wadah tahan panas. Tutup rapat wadah dengan handuk atau kain bersih. Letakkan wadah di tempat yang hangat dan jauh dari paparan sinar matahari. Biarkan campuran susu dan Yakult difermentasi selama 8-12 jam. Selama proses fermentasi, jangan membuka tutup wadah atau mengaduk campuran susu dan Yakult.

TRENDING 🔥  Gimana Cara Membuat: Panduan Lengkap untuk Pemula

Langkah 6: Dinginkan

Setelah proses fermentasi selesai, Anda bisa membuka tutup wadah dan memeriksa hasil yoghurt Anda. Jika sudah cukup kental dan agak asam, tandanya yoghurt sudah siap. Letakkan wadah yoghurt di dalam kulkas dan dinginkan selama beberapa jam sebelum disajikan.

FAQ

1. Apa yang membuat yoghurt menjadi asam?

Proses fermentasi oleh bakteri Lactobacillus casei Shirota yang terdapat di Yakult membuat kandungan asam dalam susu meningkat. Semakin banyak waktu yang diberikan untuk proses fermentasi, maka semakin asam pula rasa yoghurt yang dihasilkan.

2. Apa yang harus dilakukan jika yoghurt tidak mengeluarkan cairan susu lagi?

Jika yoghurt tidak mengeluarkan cairan susu lagi, itu tandanya yoghurt sudah matang. Anda bisa segera memindahkan yoghurt ke dalam lemari es atau langsung menyajikan yoghurt tersebut.

3. Apakah yoghurt bisa dibuat dalam jumlah yang lebih kecil?

Tentu saja bisa. Anda bisa menggunakan satu sachet Yakult dan 250 ml susu untuk membuat yoghurt dalam jumlah yang lebih kecil.

4. Apakah Yogurt Selalu Menggunakan Yakult Sebagai Starter?

Tidak selalu. Selain Yakult, Anda juga bisa menggunakan starter yoghurt lain, seperti susu yoghurt atau starter yoghurt lain yang biasanya dijual di toko-toko bahan makanan.

5. Apa Saja Manfaat Yoghurt?

Yoghurt mengandung bakteri baik yang berfungsi untuk menjaga kesehatan usus dan meningkatkan sistem imun tubuh. Selain itu, yoghurt juga mengandung kalsium dan vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Itulah cara membuat yoghurt dengan Yakult. Semoga resep ini bermanfaat dan membantu Anda untuk membuat yoghurt sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Cara Membuat Yoghurt dengan Yakult