Cara Menarik Email yang Sudah Terkirim

>Halo Sohib EditorOnline, apakah kamu pernah mengirim email dengan cepat namun kemudian merasa menyesal? Apakah kamu ingin menarik email yang sudah terkirim? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas cara menarik email yang sudah terkirim.

Apa itu Menarik Email yang Sudah Terkirim?

Menarik email yang sudah terkirim adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menghapus atau menarik kembali email yang sudah terkirim ke penerima. Fitur ini sangat berguna ketika pengguna melakukan kesalahan dalam mengirim email atau terjadi kesalahan dalam isi email tersebut.

Kenapa Harus Menarik Email yang Sudah Terkirim?

Ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin perlu menarik email yang sudah terkirim:

  1. Kirim email dengan kesalahan.
  2. Salah kirim email.
  3. Ketahuan mengirim email yang seharusnya rahasia.
  4. Kirim email yang tidak sepenuhnya lengkap atau memiliki kesalahan.

Dengan menarik email yang sudah terkirim, pengirim dapat meminimalkan potensi kerugian atau kegagalan yang bisa terjadi.

Cara Menarik Email yang Sudah Terkirim

Berikut adalah cara menarik email yang sudah terkirim:

1. Menggunakan Fitur “Undo Send” Gmail

Jika kamu menggunakan Gmail, kamu bisa memanfaatkan fitur “Undo Send” yang memungkinkan kamu menarik email yang sudah terkirim dalam waktu 5-30 detik setelah email terkirim.

Langkah-langkah Mengaktifkan “Undo Send”
1. Masuk ke akun Gmail kamu
2. Klik logo roda gigi di kanan atas layar dan pilih “Settings”
3. Gulir ke bawah sampai menemukan opsi “Undo Send” dan klik kotak centang untuk mengaktifkan fitur tersebut
4. Tentukan waktu untuk menarik email, pilih antara 5, 10, 20 atau 30 detik
5. Klik “Save Changes” untuk menyimpan pengaturan

2. Menggunakan Outlook

Jika kamu menggunakan Outlook, kamu dapat memanfaatkan fitur “Recall This Message” untuk menarik email yang sudah terkirim. Namun, fitur ini hanya tersedia jika kedua pengirim dan penerima menggunakan Exchange Server.

Langkah-langkah Menarik Email di Outlook
1. Buka “Sent Items” folder
2. Buka email yang ingin kamu tarik kembali
3. Klik menu “Actions” dan pilih “Recall This Message”
4. Pilih opsi untuk menghapus email yang sudah terkirim atau mengganti email yang sudah terkirim dengan versi baru
5. Klik “OK” dan tunggu hasilnya

3. Mengirim Email Permintaan Menarik Email

Jika kamu tidak dapat menarik email yang sudah terkirim dengan cara lain, kamu dapat mengirim email permintaan menarik email kepada penerima. Namun, hal ini hanya bekerja bila penerima belum membuka email tersebut.

TRENDING 🔥  The Causes of Toothache

FAQ

Apa yang Harus Dilakukan Setelah Menarik Email yang Sudah Terkirim?

Setelah berhasil menarik email yang sudah terkirim, jangan lupa memberikan penjelasan atau permintaan maaf kepada penerima karena sudah mengganggu mereka. Selain itu, pastikan bahwa kamu sudah memperbaiki atau mengganti email yang sudah terkirim dengan email yang sudah diperbaiki atau diisi dengan benar.

Apakah Menarik Email yang Sudah Terkirim Selalu Berhasil?

Tidak selalu. Ada kemungkinan bahwa email sudah terbuka oleh penerima atau sistem email penerima sudah memproses email tersebut sebelum kamu menariknya. Oleh karena itu, pastikan untuk memeriksa apakah email sudah berhasil ditarik atau tidak.

Apakah Menarik Email yang Sudah Terkirim Tepat untuk Semua Situasi?

Tidak selalu. Menarik email yang sudah terkirim hanya efektif dalam beberapa situasi, seperti ketika ada kesalahan dalam isi email atau kesalahan pengiriman. Namun, ketika email sudah dibaca oleh penerima, maka menarik email tidak akan berfungsi dan kamu harus mencari cara lain untuk mengatasinya.

Kesimpulan

Menarik email yang sudah terkirim adalah hal yang sangat berguna ketika kamu melakukan kesalahan atau terjadi kesalahan dalam isi email tersebut. Dalam artikel ini, kita telah membahas cara menarik email yang sudah terkirim, termasuk cara menggunakan fitur “Undo Send” Gmail, fitur “Recall This Message” pada Outlook, dan mengirim email permintaan menarik email kepada penerima. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu.

Cara Menarik Email yang Sudah Terkirim