Cara Menata Dapur Sempit Tanpa Kitchen Set

>Salam Sohib EditorOnline, kali ini kita akan membahas tentang cara menata dapur sempit tanpa kitchen set. Bagi sebagian orang, dapur yang sempit memang menjadi masalah tersendiri. Terkadang, sulit untuk menata peralatan masak dan bahan-bahan makanan dengan rapi karena keterbatasan ruang. Namun, dengan beberapa tips yang akan dibahas di artikel ini, kita bisa menjadikan dapur sempit kita lebih tertata dan nyaman digunakan.

1. Pertimbangkan Ukuran Peralatan Masak

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mempertimbangkan ukuran peralatan masak yang kita miliki. Dalam dapur yang sempit, peralatan masak yang ukurannya besar akan memakan banyak ruang. Sebaiknya, pilihlah peralatan masak dengan ukuran yang lebih kecil namun tetap fungsional. Misalnya, panci yang ukurannya kecil tapi masih bisa digunakan untuk memasak sayur atau membuat sup.

Disamping itu, jangan terlalu banyak mengumpulkan peralatan dapur jika kita merasa tidak membutuhkan. Karena, setiap peralatan dapur memerlukan ruangan tersendiri, sehingga kita jangan terlalu memaksakan peralatan yang tidak perlu kita gunakan.

2. Manfaatkan Dinding Dapur

Selain meja dapur, dinding dapur juga sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk menyimpan peralatan dapur. Gunakan rak atau gantungan yang bisa dipasang di dinding untuk menyimpan wajan, panci, atau peralatan masak lainnya. Dengan begitu, kita tidak perlu menyimpan semua peralatan di atas meja dapur yang justru membuat ruang tersumbat dan tidak rapi.

Contoh Gantungan Dinding Dapur

Gambar Nama Barang Deskripsi Harga (Rp)
Gantungan Dapur 1
Gantungan Dapur 1 Source Bing.com
Gantungan Dapur Stainless Steel Gantungan yang terbuat dari stainless steel dengan kapasitas yang besar untuk menyimpan peralatan dapur. 100.000
Gantungan Dapur 2
Gantungan Dapur 2 Source Bing.com
Gantungan Dapur Multifungsi Gantungan yang bisa digunakan untuk menyimpan berbagai macam peralatan dapur seperti wajan, panci, dan lain-lain. 50.000

3. Manfaatkan Niche atau Lemari Dapur

Seringkali dapur sempit dilengkapi dengan niche atau lemari yang tidak terpakai. Nah, ini bisa dimanfaatkan untuk menyimpan bahan makanan atau perlengkapan dapur lainnya. Sebelum membeli atau membuat lemari dapur baru, perhatikan dulu apakah kita masih memiliki ruang kosong di niche atau lemari dapur yang sudah ada. Selain itu, jangan lupa untuk memanfaatkan setiap sudut lemari dapur dengan rak-rak yang bisa dipasang di dalamnya.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar cara menata dapur sempit tanpa kitchen set.

1. Apa saja peralatan dapur yang sebaiknya dipertimbangkan ukurannya?

Peralatan dapur yang sebaiknya dipertimbangkan ukurannya adalah panci, wajan, talenan, dan sendok sayur.

2. Apa saja bahan makanan yang sebaiknya disimpan di niche atau lemari dapur?

Bahan makanan yang sebaiknya disimpan di niche atau lemari dapur adalah bahan makanan yang tidak mudah rusak seperti beras, mie instan, atau bumbu-bumbu masak.

TRENDING 🔥  Cara Memindahkan Kontak HP Lama ke HP Baru

3. Apakah ada tips lain untuk menata dapur yang sempit?

Selain tips yang sudah dijelaskan di atas, kita bisa menggunakan rak atau gantungan yang bisa dipasang di pintu lemari dapur atau meja dapur.

4. Pilih Warna yang Terang

Warna-warna terang seperti putih atau warna pastel bisa membuat dapur yang sempit terlihat lebih cerah dan luas. Hindari memilih warna-warna gelap yang justru membuat dapur terlihat lebih sumpek dan sempit.

5. Gunakan Pintu Transparan

Jika kita memiliki lemari dapur, sebaiknya gunakan pintu dengan bahan transparan. Dengan begitu, kita bisa melihat isi lemari dengan mudah tanpa perlu membuka pintu lemari. Selain itu, pintu transparan juga bisa membuat dapur terlihat lebih luas dan teratur.

6. Manfaatkan Meja Lipat

Jika dapur kita memang benar-benar sempit, kita bisa memanfaatkan meja dapur lipat yang bisa dilipat dan dipasang kembali setelah selesai digunakan. Dengan begitu, kita bisa menghemat ruang di dapur dan meja bisa dijadikan tempat untuk mengecat atau menulis resep masakan.

7. Bereskan Setiap Peralatan Setelah Digunakan

Hal terakhir yang harus dilakukan adalah bereskan setiap peralatan dapur setelah digunakan. Jangan biarkan peralatan dapur menumpuk di atas meja atau di sink karena hal ini bisa membuat dapur terlihat semakin berantakan dan sempit.

Sekian artikel tentang cara menata dapur sempit tanpa kitchen set. Semoga tips-tips di atas bisa membantu kita dalam menata dapur yang sempit agar terlihat lebih rapi dan nyaman digunakan. Terima kasih telah membaca, Sohib EditorOnline!

Cara Menata Dapur Sempit Tanpa Kitchen Set