Cara Mengambil Uang di ATM BRI Beserta Gambar

>Hello Sohib EditorOnline, in this article we will discuss about the process of withdrawing money from an ATM machine of Bank Rakyat Indonesia (BRI). We will provide you with step-by-step guide along with helpful images to make the process easier for you.

1. Memahami Jenis-jenis Kartu ATM BRI

Pertama-tama, sebelum mengambil uang di ATM BRI, pastikan kartu ATM anda memang merupakan jenis kartu ATM BRI. Di Indonesia sendiri, BRI telah mengeluarkan beberapa jenis kartu ATM, yaitu:

Jenis Kartu ATM Keterangan
ATM BRI Kartu ATM biasa yang diberikan kepada nasabah BRI
ATM Britama Kartu ATM premium dari BRI yang memberikan banyak keuntungan
ATM Taplus Kartu ATM khusus untuk nasabah rekening tabungan Taplus BRI

Pastikan kartu ATM yang anda gunakan adalah salah satu dari jenis-jenis kartu ATM BRI tersebut agar dapat mengambil uang di ATM BRI.

2. Menemukan ATM BRI Terdekat

Langkah selanjutnya adalah menemukan lokasi ATM BRI terdekat. Anda dapat menggunakan fitur pencarian ATM di website BRI atau melalui aplikasi mobile banking BRI. Pilihlah ATM yang paling dekat dan nyaman untuk anda kunjungi.

3. Memasukkan Kartu ATM BRI ke Mesin ATM

Setibanya di mesin ATM, masukkan kartu ATM BRI anda ke slot yang tersedia pada mesin. Pastikan kartu terpasang dengan benar pada slot.

4. Memasukkan PIN ATM

Ketika kartu ATM sudah terpasang, mesin ATM akan meminta anda untuk memasukkan PIN ATM anda. Ketiklah PIN dengan sangat hati-hati dan pastikan tidak ada orang lain yang melihat.

5. Memilih Menu Penarikan Uang

Sekarang, anda sudah berhasil masuk ke menu utama mesin ATM. Pilihlah menu “Penarikan Uang” pada layar mesin ATM.

6. Memasukkan Jumlah Uang yang Akan Ditarik

Setelah memilih menu “Penarikan Uang”, anda akan diminta untuk memasukkan jumlah uang yang akan ditarik. Masukkan nominal uang yang anda inginkan dan pastikan telah sesuai dengan saldo rekening anda.

7. Memilih Jenis Uang yang Akan Ditarik

Jika mesin ATM menyediakan pilihan jenis uang yang akan ditarik, pilihlah jenis uang yang anda inginkan. Biasanya mesin ATM BRI menyediakan pilihan uang kertas dengan denominasi 50.000 dan 100.000.

8. Menunggu Proses Penarikan Uang

Setelah memasukkan nominal dan jenis uang, mesin ATM akan memproses penarikan uang anda. Tunggu sejenak hingga proses selesai.

TRENDING 🔥  Contoh Perkembangbiakan Generatif pada Hewan adalah dengan Cara...

9. Mengambil Uang dari Mesin ATM

Jika proses penarikan uang telah berhasil, mesin ATM akan menyuruh anda untuk mengambil uang. Ambil uang anda secara perlahan-lahan dan pastikan tidak ada uang yang tertinggal di dalam mesin.

10. Meminta Bukti Transaksi

Saat mengambil uang, mesin ATM akan menawarkan anda untuk mencetak bukti transaksi. Pilahlah pilihan yang anda inginkan. Jika anda ingin mencetak bukti transaksi, pilih “Iya” lalu keluarkan bukti transaksi yang dihasilkan. Jika tidak, pilih “Tidak” dan keluarkan kartu ATM anda dari mesin.

11. Menyimpan Uang dengan Rapi

Setelah berhasil mengambil uang di ATM BRI, pastikan anda menyimpan uang dengan rapi dan aman di dompet atau tas anda. Jangan lupa untuk menaruh dompet atau tas di tempat yang aman dan tidak terlalu terbuka.

12. Menjaga Kerahasiaan PIN ATM

Ingatlah selalu untuk menjaga kerahasiaan PIN ATM anda. Jangan pernah memberitahu PIN ATM anda kepada orang lain dan pastikan tidak ada yang melihat ketika anda memasukkan PIN ATM pada mesin.

13. Apa yang Harus Dilakukan Jika Kartu ATM Tertelan di Mesin ATM?

Ketika kartu ATM anda tertelan oleh mesin ATM, jangan panik dan jangan mencoba untuk mengambil kartu dengan cara lain. Hubungi customer service BRI atau datang ke kantor cabang BRI terdekat untuk membantu anda mengambil kartu anda yang terjebak di dalam mesin.

FAQ

1. Apakah Saya Harus Menggunakan Kartu ATM BRI Untuk Mengambil Uang di ATM BRI?

Iya, anda harus menggunakan kartu ATM BRI untuk dapat mengambil uang di ATM BRI.

2. Bisakah Saya Mengambil Uang di ATM BRI Tanpa Menggunakan Kartu ATM?

Tidak, anda tidak dapat mengambil uang di ATM BRI tanpa menggunakan kartu ATM.

3. Berapa Maksimum Jumlah Uang yang Dapat Saya Tarik di ATM BRI?

Jumlah uang maksimum yang dapat anda tarik di ATM BRI tergantung pada jenis kartu ATM yang anda gunakan dan saldo rekening anda. Pastikan saldo rekening anda mencukupi untuk jumlah uang yang ingin anda tarik.

4. Apakah Saya Harus Mencetak Bukti Transaksi Setelah Mengambil Uang di ATM BRI?

Tidak, anda tidak harus mencetak bukti transaksi setelah mengambil uang di ATM BRI. Namun, bukti transaksi dapat membantu anda jika terjadi masalah atau kesalahan pada transaksi.

5. Apakah Saya Harus Membayar Biaya Tambahan untuk Mengambil Uang di ATM BRI?

Biaya tambahan untuk mengambil uang di ATM BRI tergantung pada jenis kartu ATM yang anda gunakan dan jenis tarif yang anda pilih saat membuka rekening. Pastikan anda telah memahami tarif dan biaya yang berlaku.

Cara Mengambil Uang di ATM BRI Beserta Gambar