Cara Mengatasi Asam Lambung Naik ke Tenggorokan

>Hello, Sohib EditorOnline! Apa kabar? Saat ini, banyak orang mengalami gangguan asam lambung naik ke tenggorokan atau sering disebut dengan GERD (Gastroesophageal Reflux Disease). Bersama-sama kita akan membahas tentang cara mengatasi asam lambung naik ke tenggorokan dalam artikel ini.

Apa Itu GERD?

GERD adalah sebuah gangguan pada saluran pencernaan yang terjadi ketika asam lambung naik ke kerongkongan. Biasanya, pasien yang mengalami GERD akan merasakan terbakar atau perih yang disebabkan oleh asam lambung di bagian belakang tenggorokan.

GERD juga bisa menyebabkan gejala lainnya, seperti sakit perut, mual, muntah dan kembung. Gangguan ini bisa terjadi pada semua orang, terlepas dari usia dan jenis kelamin.

Penyebab GERD

GERD bisa disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

Faktor Penyebab GERD Keterangan
Makanan dan Minuman Makanan atau minuman yang pedas, asam atau berlemak tinggi.
Kegemukan Meningkatkan tekanan pada perut.
Merokok Mengurangi efisiensi kerongkongan dan membuat asam lambung naik.
Kehamilan Perubahan hormonal dan peningkatan tekanan pada perut.
Stres Memicu produksi asam lambung.

Cara Mengatasi GERD

1. Ubah Pola Makan dan Minum

Pola makan dan minum harus diubah menjadi lebih sehat, misalnya dengan memperbanyak konsumsi sayuran, buah-buahan, dan serat. Hindari makanan yang pedas, asam atau berlemak tinggi. Pilihlah makanan yang lebih rendah kalori dan lebih mudah dicerna.

Selain itu, cobalah untuk menghindari minuman yang mengandung kafein, minuman berkarbonasi, dan minuman beralkohol. Minum lebih banyak air putih dan hindari minum terlalu cepat.

2. Menghindari Kebiasaan Merokok

Merokok sangat tidak baik untuk tubuh karena dapat memperburuk kondisi GERD. Segera hentikan kebiasaan buruk ini untuk menjaga kesehatan tubuhmu.

3. Memperbaiki Postur Badan

Postur tubuh yang buruk dapat mempengaruhi GERD. Cobalah untuk duduk dengan posisi tegak dan jangan membungkuk terlalu banyak. Jangan tidur dengan posisi miring dan hindari tidur langsung setelah makan.

4. Olahraga

Olahraga yang teratur dapat membantu penurunan berat badan dan mengurangi tekanan pada perut. Namun, hindari olahraga yang terlalu berat dan melakukan olahraga sebelum tidur.

5. Mengonsumsi Obat-obatan Terkait

Jika GERD parah, dokter akan meresepkan obat-obatan, seperti antasida, penghambat pompa proton, dan antagonis reseptor H2. Namun, penggunaan obat-obatan harus di bawah pengawasan dokter agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan.

FAQ

Apa yang harus dilakukan jika kondisi GERD semakin buruk?

Jika kondisi GERD semakin buruk, segera konsultasikan dengan dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan penanganan yang sesuai.

TRENDING 🔥  Cara Sadap SMS Tanpa Pinjam HP Target

Apakah GERD bisa sembuh total?

GERD bisa disembuhkan total dengan perawatan yang tepat. Namun, GERD juga bisa kambuh jika tidak menjaga pola hidup sehat dan menjaga asupan makanan dan minuman yang sehat.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan menuju kesembuhan?

Waktu yang dibutuhkan menuju kesembuhan tergantung pada tingkat keparahan GERD dan seberapa cepat pasien melakukan penanganan. Jika melakukan pengobatan dan menjaga pola hidup sehat, pasien bisa merasakan perubahan dalam waktu 1-2 minggu.

Apakah GERD bisa menimbulkan komplikasi serius?

Jika tidak ditangani dengan benar, GERD bisa menimbulkan komplikasi serius, seperti tukak esofagus, perdarahan dari lapisan mukosa esofagus, dan kanker kerongkongan.

Bisakah GERD menurunkan produktivitas kerja?

GERD bisa menurunkan produktivitas kerja karena gejala yang ditimbulkan akan mengganggu kinerja pekerjaan. Oleh karena itu, penting untuk melakukan penanganan yang tepat agar kondisi GERD tidak memperburuk produktivitas kerja.

Kesimpulan

GERD atau asam lambung naik ke tenggorokan adalah sebuah gangguan pada saluran pencernaan yang dapat menyebabkan gejala seperti perih, sakit perut, mual, dan kembung. Namun, GERD bisa diatasi dengan beberapa cara, seperti mengubah pola makan dan minum, menghindari kebiasaan merokok, memperbaiki postur tubuh, olahraga, dan mengonsumsi obat-obatan terkait. Jika GERD semakin buruk, segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik ke Tenggorokan