Cara Menghitung Konfigurasi Elektron

>Halo Sohib EditorOnline, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara menghitung konfigurasi elektron dengan bahasa yang santai dan mudah dipahami. Elektron merupakan partikel subatom yang memiliki muatan negatif dan berputar mengelilingi inti atom. Konfigurasi elektron merupakan susunan elektron dalam suatu atom yang diatur berdasarkan prinsip-prinsip fisika.

Pengenalan Konfigurasi Elektron

Sebelum masuk ke pembahasan tentang cara menghitung konfigurasi elektron, kita perlu memahami pengertian konfigurasi elektron. Konfigurasi elektron akan memberikan informasi tentang jumlah elektron yang dimiliki suatu atom. Konfigurasi elektron juga dapat memberikan informasi tentang bagaimana elektron diatur dalam suatu atom dan keadaan energi dari elektron tersebut.

Konfigurasi elektron dapat dibaca pada tabel periodik. Pada tabel periodik, kalian dapat melihat jumlah elektron pada tiap-tiap orbital. Konfigurasi elektron penting untuk memahami sifat-sifat suatu unsur kimia seperti keelektronegatifan, afinitas elektron, dan banyak lagi.

Pembahasan Konfigurasi Elektron

Pembahasan konfigurasi elektron akan dibagi menjadi tiga bagian: orbital, diagram orbital, dan aturan Hund.

Orbital

Orbital merupakan ruang dimana suatu elektron bergerak mengelilingi inti atom. Setiap orbital dapat menampung dua elektron yang berbeda spinnya. Orbital digambarkan dalam bentuk kotak-kotak yang disebut diagram orbital.

Diagram Orbital

Diagram orbital adalah cara untuk menunjukkan jumlah dan susunan semua elektron dalam suatu atom. Diagram orbital juga dapat membantu untuk menghitung konfigurasi elektron. Susunan elektron pada diagram dibaca dari kiri ke kanan.

Contoh: Suatu atom memiliki nomor atom 6, artinya atom tersebut memiliki 6 elektron. Jadi, susunan elektron pada atom tersebut adalah 1s2 2s2 2p2. Susunan tersebut dapat dijelaskan dengan diagram orbital sebagai berikut:

Kotak 1s 2s 2p
1 ↑↓
2 ↑↓ ↑↓
3 ↑↓

Aturan Hund

Aturan Hund adalah aturan yang mengatur susunan elektron dalam orbital yang memiliki energi sama. Aturan ini menyatakan bahwa elektron pada orbital yang sama akan menempati orbital secara terpisah dan dengan spin yang sama.

Contoh: Suatu atom memiliki nomor atom 12. Jadi, susunan elektron pada atom tersebut adalah 1s2 2s2 2p6 3s2 3p6 4s2. Susunan tersebut dapat dijelaskan dengan diagram orbital sebagai berikut:

Kotak 1s 2s 2p 3s 3p 4s
1 ↑↓
2 ↑↓ ↑↓
3 ↑↓ ↑↓ ↑↓
4 ↑↓
5 ↑↓
6 ↑↓
TRENDING 🔥  Cara Menghemat Air di Rumah

FAQ

1. Apa itu konfigurasi elektron?

Konfigurasi elektron merupakan susunan elektron dalam suatu atom yang diatur berdasarkan prinsip-prinsip fisika.

2. Apa manfaat dari mempelajari konfigurasi elektron?

Memahami konfigurasi elektron dapat membantu untuk memahami sifat-sifat suatu unsur kimia seperti keelektronegatifan, afinitas elektron, dan banyak lagi.

3. Apakah setiap orbital dapat menampung lebih dari dua elektron?

Tidak, setiap orbital hanya dapat menampung dua elektron yang berbeda spinnya.

4. Apa itu aturan Hund?

Aturan Hund adalah aturan yang mengatur susunan elektron dalam orbital yang memiliki energi sama.

5. Apakah ada aturan lain selain aturan Hund?

Ya, ada aturan Aufbau dan aturan Pauli.

6. Dimana kita bisa menemukan informasi tentang konfigurasi elektron?

Informasi tentang konfigurasi elektron dapat ditemukan pada tabel periodik.

Itulah beberapa hal yang perlu dipahami dalam menghitung konfigurasi elektron. Semoga artikel ini dapat memberikan pemahaman yang lebih tentang konfigurasi elektron. Terima kasih telah membaca, Sohib EditorOnline!

Cara Menghitung Konfigurasi Elektron